Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Mengkonversi Hobi Menjadi Ladang Bisnis yang Menjanjikan

Ambar Gunawan

Kalau Anda punya hobi yang menarik dan sangat Anda sukai, mengapa Anda tidak ubah hobimu menjadi duit? Pasalnya ada pepatah yang mengatakan bahwa hobi yang dibayar adalah hal yang paling menyenangkan di dunia. Bagaimana tidak menyenangkan? Dengan melakukan suatu hal yang kita sukai, kita bisa mendapatkan duit atau uang.


Luar biasa, bukan? So, di era persaingan bisnis yang sangat ketat ini sepertinya kita harus memanfaatkan potensi yang kita miliki untuk bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Dan hobi adalah salah satu peluang usaha terdekat yang kita miliki. Apalagi hobi yang kita jalankan adalah hobi yang memiliki nilai jual.

Ayo Ubah Hobimu Menjadi Duit dan Bisnis


Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa sangat menyenangkan sekali jika hobi bisa menjadi bisnis, dan bisnis bisa mendatangkan uang untuk Anda. Biasanya hobi yang menjadi bisni ini berawal dari ketidak sengajaan. Nah, hal itulah yang biaanya menjadi motivasi orang yang bisa mengubah hobinya menjadi ladang uang. Dan berikut ini adalah beberapa contoh hobi yang bisa menjadi bisnis.

1.    Hobi Bermain Game
Saat ini banyak sekali orang yang suka bermain game, bahkan sampai berjam-jam dalam satu permainan. Apalagi di era game online ini Anda bisa mendapatkan berbagai konten online dari hasil bermain game yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Oleh karena itu tak jarang seorang gamer menjual konten yang didapatkannya tersebut kepada gamer lain untuk mendapatkan uang.

2.    Hobi Blogging
Selain itu hobi blogging atau menulis di blog juga bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda. Ada banyak sekali bisnis online terkait dengan blog yang bisa menjadi kesenangan Anda sekaligus menjadi sumber penghasilan Anda. Misalnya saja bisnis PPC seperti Google Adsense, Kliksaya, Kumpul Blogger, dan sebagainya.

3.    Hobi Seni
Nah, hobi yang satu ini biasanya juga sangat mudah dijadikan ladang penghasilan bagi Anda. Misalnya Anda punya kemampuan menyanyi atau bermain sulap, maka Anda bia mempromosikan diri Anda ke acara-acara supaya kemampuan Anda tersebut bisa menghasilkan uang dengan mengisi acara. Misal di panggung tujuh belas agustus, panggung nikahan, panggung tahun baru, dan sebagainya.

4.    Kerajinan tangan
Ide lain adalah ide membuat kerajinan tangan yang banyak sekali variasinya. Namun yang jelas Anda harus memperhatikan kualitas barang yang Anda buat dan juga jenis barang yang Anda buat. Misalnya Anda membuat gantungan kunci, membuat hiasan rumah, lampu hias, dan sebagainya.

5.   Hobi Programming/Coding
Jika anda adalah salah satu orang yang mempunyai hobi untuk otak-atik script PHP dan semacamnya maka anda bisa memanfaatkan keahlian anda untuk sesuatu pekerjaan yang bisa dibayar dengan uang. Nah dari sini kita bisa disewa oleh perusahaan untuk membuat Website Official perusahaan tersebut atau bisa juga disewa untuk mengerjakan suatu program untuk keperluan instansi pemerintah maupun swasta.

So, dengan demikian Anda mungkin sudah punya rencana atau ide untuk ubah hobimu menjadi duit atau bisnis. Tak ada salahnya Anda mencoba, apalagi sembari berbisnis Anda juga bisa mengembangkan kemampuan Anda dalam hobi yang Anda tekuni tersebut.