Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Bisnis Usaha Sampingan Yang Berawal Dari Hobi

Rianda Nafisa

Hobi adalah segala sesuatu yang kita senangi yang bisa di laksanakan sebagai pelepas penat atau sekedar hiburan. Ada banyak jenis hobi yang di gemari banyak orang di antaranya menjelajahi gunung, menyulam, atau membuat kerajinan tangan. Anda juga pastinya memiliki hobi yang anda sukai untuk selingan dan refreshing setelah seharian menghadapi dunia kerja yang ketat. Namun, apakah hobi anda bisa menghasilkan uang? Mari kita simak ulasah artikel bisnis usaha sampngan yang berawal dari hobi agar hobi anda bisa menghasilkan uang.

Bisnis Usaha Sampingan Yang Berawal Dari Hobi


Keuntungan membuka usaha sampingan yang berawal dari hobi :
  • Anda lebih menikmati
Satu pesan dari Promod Brata 
Jika Anda ingin berbahagia selama satu jam, silakan tidur siang. Jika Anda ingin berbahagia selama satu hari, pergilah berpiknik. Bila Anda ingin berbahagia seminggu, pergilah berlibur. Bila Anda ingin berbahagia selama sebulan, menikahlah. Bila Anda ingin berbahagia selama setahun, warisilah kekayaan. Jika Anda ingin berbahagia seumur hidup, cintailah pekerjaan Anda.
Ya, jika anda ingin mendapapatkan kebahagiaan hidup maka anda harus mencintai pekerjaan anda karena dengan mencintai pekerjaan anda, maka anda akan lebih ringan untuk melangkah. Segala gerak yang anda lakukan berdasarkan cinta, dan segala yang di gerakan oleh cinta biasanya meskipun sesusah apapun akan tetap di laksanakan. Berbeda dengan apabila anda melakukan pekerjaan yang sebenarnya ringan, namun karena anda merasa tidak suka maka, pekerjaan yang ringan menjadi pekerjaan yang sangat berat. 

Dengan menjalankan usaha sampingan yang sesuai dengan hobi anda, maka anda akan lebih bahagia karena selain dapat menambah penghasilan anda, anda juga akan mendapatkan keuntungan lain yaitu kebahagiaan yang anda peroleh dari hobi anda.

  • Membuat anda lebih tahan banting 

 Kegagalan adalah hal biasa. Hal yang terpentinga adalah bagaimana anda bangkit dari kegagalan anda serta belajar dari kegagalan anda untuk mendapatkan formula kesuksesan yang lebih sempurna. Ketika anda memiliki usaha atau pekerjaan yang anda cintai, anda tidak perduli dengan berapa banyak uang yang anda keluarkan, anda akan terus bangkit ketika anda menemui kegagalan. Karena bukan uang yang menjadi acuan utama anda dalam menjalankan bisnis sampingan anda. Namun kepuasan diri. 

Coba anda lihat mereka yang memelihara burung, bagi mereka yang tidak memiliki hobi memelihara burung tentu akan sangat enggan mengeluarkan dana besar hingga jutaan demi satu ekor burung. Namun, bagi mereka yang senang, uang bukan masalah namun kepuasan batin yang utama. Jika anda mencoba usaha sampingan dari hobi, dengan memadukannya dengan ilmu bisnis maka anda akan mendapatkan kekuatan yang penuh untuk terus bangkit meskipun anda gagal.


  • Lebih tekun
Bagi anda yang bukan penggemar kelinci, pasti sangat malas untuk mengurus kelinci. Tapi bagi mereka yang memiliki hobi kelinci, maka anda pasti akan mendapatkan ketekunan tingkat tinggi karena apa yang anda lakukan sangat menyenangkan sehingga segala proses yang anda jalani seolah menjadi hal yang sangat membahagiakan. Sama seperti anda melakukan olahraga, anda akan tersita waktunya hanya untuk melakukan olahraga yang anda sukai tanpa terasa waktu telah banyak anda gunakan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Dari sekian banyak alasan yang bisa di paparkan di sini. Maka akan sangat bagus jika anda menjalankan bisnis usaha sampingan yang berawal dari hobi. Berikut ini adalah ide bisnis yang sesuai dengan hobi anda : 

  • Usaha Membuat kerajinan tangan

Tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan, butuh kemampuan seni untuk dapat membuat kerajinan tangan, namun juga bukan tidak mungkin jika anda terus berlatih maka anda akan mampu membuat satu kerajinan tangan yang indah dan unik. Dari kerajinan tangan ini anda bisa menbuat satu usaha sampingan yang bisa anda jadikan tambahan penghasilan di luar pekerjaan utama anda.

usaha sampingan kerajinan tangan


Modal dari usaha ini tentu akan sangat bervariasi tergantung apa yang anda buat. Jika anda membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar limbah atau barang tak terpakai maka modal yang anda butuhkan akan sangat sedikit. Jika anda membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar mahal maka anda akan membutuhkan dana yang tidak kecil. Salah satu contoh usaha kerajinan yang menggunakan modal kecil adalah kerajinan tas dari bungkus kopi, kerajinan dari enceng gondok, kerajinan tangan dari alang - alang atau kerajinan tangan dari kain perca.

  • Bisnis Ternak  binatang

Memelihara binatang membutuhkan kemampuan mothering skill atau kemampuan menjadi seorang ibu. Biarpun anda laki - laki, ketika anda memelihara hewan, maka anda harus bisa menjadi seorang ibu untuk hewan - hewan anda. Tanpa kemampuan tersebut maka anda akan gagal dalam memelihara binatang. Banyak sekali usaha sampingan yang berawal dari hobi memelihara hewan seperti memelihara burung atau memelihara kucing.

usaha sampingan ternak hewan


Ternyata, hobi memelihara hewan tersebut dapat anda jadikan bisnis sampingan asalkan anda bisa mengelolanya. Jadi anda harus dapat menyeimbangkan antara ilmu bisnis dengan kegemaran anda terhadap hewan yang anda pelihara. Bukan berarti ketika anda menyukai binatang kemudian anda rela mengeluarkan dana besar tanpa menghitung bagaimana perputaran uangnya. Jika anda ingin menjadikan hobi anda sebagai usaha sampingan maka akan sangat baik jika anda juga mulai membaca ilmu bisnis agar nantinya usaha yang anda jalankan dapat menghasilkan keuntungan namun tetap menjadikan hobi anda terpenuhi.

  • Usaha Budidaya tanaman hias

Bagi para ibu rumah tangga, bunga, dan tanaman hias adalah satu hal yang sangat di sukai. Seperti halnya memelihara binatang, membudidayakan tanaman hias juga bisa menjadikan anda kaya. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa anda budidayakan untuk anda jadikan komoditi yang bisa anda jual. Anggrek, melati, bougenvil adalah contoh tanaman hias yang berpotensi untuk dijadikan usaha sampingan.

usaha sampingan budidaya tanaman hias
http://kalbar.litbang.deptan.go.id/ind/

Peluang usaha sampingan ini membutuhkan ketekunan tingkat tinggi sehingga sangat cocok jika anda menjalankannya berawal dari hobi. Jika awalnya anda memang hobi merawat tanaman, maka anda akan sangat tekun dalam merawat tanaman sebagai usaha sampingan.

  • Usaha Kuliner

Apakah anda suka memasak? Jika iya, kenapa anda tidak mencoba memproduksi resep rahasia anda untuk anda jajakan kepada orang lain yang tentunya akan membuat anda mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mencoba membuat makanan ringan seperti rempeyek, cake, keripik, geplak, peyek atau makanan ringan lainnya. Selain makanan ringan, usaha catering juga patut untuk anda coba dan tentu hasilnya sangat luar biasa bisa mencapai ratusan juta perbulan.

usaha sampingan kuliner

Bagaimana sahabat bisnis?

Apakah anda tertarik untuk menjalankan usaha bisnis sampingan anda yang anda awali dari hobi?

Semoga saja artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih atas kunjungan anda di artikel Bisnis Usaha Sampingan Yang Berawal Dari Hobi di blog bisnis ini.