Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Contoh Acuan dalam Membuat Proposal Usaha Rumah Makan

Ambar Gunawan

Usaha di bidang kuliner memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wirausahawan. Tak heran jika jumlah pengusaha rumah makan terus bertambah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha pada bidang ini. Salah satunya adalah membuat proposal kepada para investor. Di artikel ini akan disertakan contoh proposal usaha rumah makan yang bisa dijadikan acuan dalam membuat proposal.

Gambar Rumah Makan

Mengapa kita harus membuat proposal kepada investor? Mengajukan proposal ke investor sebenarnya tidak wajib. Hal ini hanya dilakukan jika Anda mengalami masalah pada modal dan juga pendanaan pada usaha yang akan Anda lakukan. Oleh karena itu, mengajukan proposal bantuan ke investor menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

Membuat proposal usaha rumah makan kurang lebih sama dengan membuat proposal usaha lain. Kita harus membuat tulisan dengan skema yang rapid an terstruktur. Berikut ini hal-hal apa saja yang harus Anda tuliskan dalam membuat proposal usaha rumah makan.

1. Nama Rumah Makan
Pada bagian awal atau cover, jangan lupa untuk mencantumkan nama usaha rumah makan Anda. Misalnya “Rumah Makan Sederhana”. “Rumah Makan Lumintu”, “Rumah Makan Bintang”.

2. Latar Belakang
Pada bagian latar belakang, tuliskanlah alasan memilih usaha rumah makan sebagai pilihan usaha Anda. Sertakan juga tujuan dan manfaat dari usaha rumah makan yang akan Anda rintis. Jelaskan secara terperinci tujuan dari usaha rumah makan Anda tersebut. Jelaskan pula manfaat yang akan didapat oleh Anda dan para investor yang mau menanamkan modal pada usaha Anda. Dengan begitu, investor yang membaca proposal Anda bisa mengerti dengan jelas.

2. Deskripsi Usaha
Deskripsi usaha bisa ditempatkan di bab kedua. Pada bagian ini, tuliskan deskripsi dari usaha rumah makan yang akan Anda lakukan. Contohnya;

Nama Rumah Makan    : Rumah Makan Sudi Mampir
Alamat                          : Jl. Diponegoro, No.13, Surabaya
Jenis Usaha                   : Rumah Makan dan Cattering
Detail Usaha                 : Rumah Makan Sudi Mampir adalah usaha dalam bidang kuliner. Rumah makan ini menyediakan berbagai makanan khas asli Jawa Timur, seperti Rawon, Soto Lamongan, Soto Madura, Pecel Madiun, Gulai, Nasi Rames, dan masih banyak lagi menu khas Jawa Timur lainnya. Rumah makan ini rencananya terletak di Jl. Diponegoro, No.13, Surabaya dengan luas bangunan mencapai 25 meter persegi. Rumah makan ini nantinya akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti toilet, watafel, dan juga tempat parkir.

Target Pasar                 : Semua Masyarakat
Pemasaran                   : Membuat iklan dalam bentuk banner di sepanjang jalan dan lewat media sosial

3. Rincian Pendanaan
Pada bagian ini tulislah rinician dana yang Anda perlukan. Contohnya seperti ini;


Pengadaan alat makan                   
Rp,5.000.000
Pembangunan fasilitas penunjang   
Rp,10.000.000
Promosi                                            \
Rp, 1.000.000

Rincian pendanaan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan usaha rumah makan Anda. Rincian dana ini menjadi hal penting karena investor akan melihat dengan seksama bagian ini pada proposal Anda.
Demikian tadi contoh proposal usaha rumah makan yang bisa dijadikan acuan untuk membuat proposal usaha rumah makan Anda sendiri. Buatlah proposal usaha dengan baik, agar investor mau menanamkan modal pada usaha yang akan Anda rintis.