Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Macam Jenis Usaha Sampingan Di Pedesaan Modal Dengkul

Rianda Nafisa

Usaha sampingan adalah segala kegiatan di luar kerja utama yang kita lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup. Ada banyak alasan mengapa kemudian orang mencari kerja sambilan yang kemudian bisa dalam bentuk membuka bisnis sampingan. Tak jarang, bisnis sambilan tersebut justru kemudian menjadi penopang kebutuhan keluarga karena hasilnya lebih besar dari gaji yang kita dapatkan dari tempat kerja kita.

Macam Jenis Usaha Sampingan Di Pedesaan Modal Dengkul


Tak hanya di kota, pelaku usaha sampingan juga umumnya berada di pedesaan. Hal ini tentu ditengarai karena gaji di desa biasanya masih sangat minim sehingga perlu adanya kegiatan ekstra untuk mengais rizki tambahan. Guru honorer misalnya, satu bulan bisa mendapatkan gaji hanya Rp. 300 ribu, tentu sangat jauh dari kata cukup. Belum lagi dengan kebutuhan seperti transportasi, kegiatan sumbangan termasuk kondangan. Untuk itulah, ada baiknya kita melakukan usaha bisnis sampingan agar kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan selain dari pekerjaan kita. Dan berikut ini adalah  macam jenis usaha sampingan di pedesaan dengan modal dengkul yang semoga bermanfaat untuk anda :


Usaha Sampingan Ternak Ikan Lele 

Untuk menjalankan usaha ternak lele, anda bisa menjalankannya dengan menggunakan dua metode yaitu menggunakan media kolam tanah serta kolam terpal. Untuk anda yang tidak memiliki cukup lahan, maka alternatif yang terbaik adalah menjalankan budidaya ikan lele dengan media kolam terpal. Dengan kolam terpal maka anda akan menghemat biaya seperti pembuatan kolam, sewa tanah dan sebagainya. Kolam terpal dapat di buat dalam waktu satu hari dan biasanya hanya membutuhkan uang yang tidak banyak.

Usaha Sampingan Ternak Ikan Lele
perikananindonesia.com

Ikan lele sendiri hingga kini masih menjadi ikan air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang khas dan lezat. Berbagai olahan dari ikan lele dapat kita jumpai dari mulai pecel lele, rendang lele, lele bakar dan lain lain. Peluang pasarnya pun masih terbuka lebar, sertiap tahunnya, permintaan ikan lele selalu meningkat dan bahkan kekurangan stok. Namun tentu beternak ikan lele memiliki kelemahan yaitu sangat mudah terkena penyakit, terlebih jika terjadi perubahan suhu yang drastis dapat membuat ikan lele mati. Akan tetapi, jika anda mau belajar serta dapat mengelola dengan baik dari segi pemberantasan penyakit, penyaringan air, sirkulasi air hingga pengaturan suhu maka bukan tidak mungkin anda akan sukses di bidang ini.

Jika anda merasa bahwa ikan lele tidak terlalu cocok di daerah anda, anda bisa menjalankan budidaya ikan gurameh, ikan gurameh seperti halnya ikan lele juga dapat di ternakan di dalam kolam terpal serta modalnya tidak terlalu besar dengan margin keuntungan mencapai 50 %. Anda bisa menjalankan bisnis budidaya gurameh sebagai usaha sampingan dengan hanya modal Rp. 500.000. Sayangnya, ikan gurameh memiliki masa panen yang lebih lama dibandingkan dengan ikan lele.

Selengkapnya tentang bisnis ini silahkan anda baca artikel di bawah ini :
peluang usaha budidaya ikan lele

Usaha Sampingan Budidaya Tanaman Hias

Daerah pedesaan biasanya memiliki banyak sekali potensi alam yang dapat di manfaatkan untuk kepentingan manusia termasuk untuk urusan keindahan. Tanaman hias adalah salah satu potensi alam yang dapat di ambil manfaatnya untuk kegiatan usaha. Untuk anda yang memiliki hobi berkebun, tentu tidak ada salahnya jika anda mencoba menjalankan usaha budidaya tanaman hias karena selain dapat dijadikan sebagai pelepas penat pikiran, budidaya tanaman hias juga bisa menjadi mata pencaharian lain selain kerja utama kita.

Usaha Sampingan Budidaya Tanaman Hias
image source : www.merdeka.com

Diantara banyak tanaman hias yang bisa anda budidayakan sebagai usaha sampingan adalah bunga anggrek. Anggrek adalah salah satu tanaman bebungaan yang memiliki warna yang khas, dan indah. Harganya pun bisa sangat mahal. Jika anda berminat untuk menjalankan bisnis ini, terus ikuti perkembangan blog ini karena kami akan terus memberikan informasi tentang usaha kecil menengah yang di update setiap hari.

Selengkapnya tentang bisnis ini baca di sini

Usaha sampingan Bimbingan Belajar

Rata - rata masyarakat desa memang tidak terlalu peduli dengan pendidikan. Namun kini, pendidikan sudah menjadi hal vital bahkan ke tingkat desa. Dan ini merupakan peluang bisnis yang sangat bagus untuk anda khususnya untuk anda yang memiliki kemampuan dalam bidang ajar mengajar untuk bisa membuka bimbingan belajar. Anda bisa menjalankan usaha bimbingan belajar dengan dua model, model pertama adalah les privat dan yang kedua adalah les reguler. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing namun sama sama menguntungkan.

Usaha sampingan Bimbingan Belajar
img source : primagama-mangkunegara.blogspot.com

Bimbingan belajar di daerah pedesaan tentunya berbeda dengan di kota terutama dalam hal penetapan tarif. Di daerah pedesaan yang biasanya memiliki taraf ekonomi rendah, maka dalam menentukan tarif harus disesuaikan dengan kemampuan mereka, karena jika tidak maka mereka tidak akan mau mengirim anaknya untuk di ajar oleh anda. Untuk itulah anda bisa mengakalinya dengan memperbanyak kapasitas murid dalam satu kelas sehingga anda mendapatkan penghasilan lebih banyak meskipun tarif yang anda pasang tergolong murah.

Selain itu, alasan lain mengapat usaha bimbingan belajar adalah usaha yang sangat menguntungkan adalah anda tidak harus mengeluarkan modal besar. Dengan hanya modal ratusan ribu bahkan kurang dari itu, anda sudah bisa menjalankannya. Selengkapnya tentang bisnis ini silahkan anda klik di sini.

Demikianlah artikel macam jenis usaha sampingan di pedesaan dengan modal dengkul yang semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses untuk kita semuanya.