Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Ternak Lele Yang Menguntungkan

Rianda Nafisa

Peluang usaha ternak lele sudah bukan bisnis baru lagi di Indonesia. Usaha ini telah di jalankan sejak berpuluh - puluh tahun yang lalu. Ikan air tawar ini memang masih menjadi primadona komoditi perikanan yang banyak di kembangkan di berbagai daerah di Indonesia. Karena perkembangannya yang cepat terlebih setelah ditemukannya bibit unggul baru seperti sangkuriang dan phyton, usaha ikan lele semakin berkembang dan dapat menghasilkan untung hingga puluhan juta rupiah.

Peluang Usaha Ternak Lele Yang Menguntungkan


Ikan lele merupakan ikan jenis air tawar yang sangat mudah di kenali. Tubuhnya yang licin dengan bentuk yang memanjang serta memiliki kumis yang mencuat di beberapa bagian mulutnya itu menjadi ciri khas dari ikan ini. Dagingnya terkenal empuk dan gurih sehingga sangat cocok untuk lauk. Ada banyak jenis olahan ikan lele, mulai dari pecel lele, ikan bakar lele hingga kemudian bisa menjadi satu usaha franchise yang amat terkenal yaitu Pecel Lele Lela. Karena permintaan pasar yang semakin tinggi sehingga membuat peluang usaha budidaya ikan lele semakin digemari oleh masyarakat baik sebagai usaha sampingan, maupun usaha utama sebagai mata pencaharian utama.

Dari data yang kami dapatkan dari wikipedia,produksi budidaya ikan lele dari tahun ke tahun semakin meningkat. Selengkapnya bisa anda lihat pada tabel berikut ini :
Produksi Ternak Ikan lele
source : http://id.wikipedia.org/wiki/Lele#cite_note-9
Dari data diatas jelas terlihat bahwa produksi ikan lele dari tahun ke tahun semakin meningkat. Ini tentu tidak lain disebabkan karena permintaan ikan lele yang semakin meningkat sehingga membuat orang - orang mulai berlomba - lomba untuk menjalankan bisnis ternak lele. 
Seperti yang di lansir oleh liputan6.com, terjadi kenaikan harga ikan lele yang disebabkan karena tingginya permintaan ikan lele sementara stok ikan tersebut belum memenuhi jumlah permintaan sehingga kemudian ikan lele menjadi langka di pasaran. Harga ikan lele konsumsi dari yang semula Rp. 18. 000,- kemudian merangkak naik menjadi Rp. 26.000,-. Tingginya permintaan membuat peluang usaha ternak lele semakin cerah prospeknya.

Analisa Usaha Ternak lele

Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya jika kita menganalisa kelayakan usaha serta perhitungan laba rugi dari ternak lele agar kita dapat memperkirakan berapa modal yang di butuhkan serta keuntungan yang di dapatkan ketika kita menjalnkan usaha ternak lele. Namun demikian, perhitungan di bawah ini tidak baku karena bisa berubah tergantung harga di daerah masing - masing serta indikator lain terkait model ternak budidaya lele seperti apa yang anda jalankan. Apakah menggunakan kolam tanah permanen ataukah menggunakan kolam terpal, ini jelas mempengaruhi berapa modal yang di butuhkan dan berapa margin keuntungan yang anda dapatkan.

Berikut ini, saya sajikan analisa usaha ternak lele dalam kolam terpal dengan tahapan pembesaran ikan lele.

Analisa Usaha Ternak lele
source image : https://www.facebook.com/JualBeliLele/posts/491954247524104
Dari perkiraan analisa usaha i atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa untuk setiap satu kolam terpal dengan modal Rp. 2.220.000,- andan bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp, 1. 380.000, -. Jika anda ingin menambah keuntungan anda bisa menambah jumlah kolam terpal sehingga keuntungan anda bisa berlipat ganda namun juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Alangkah baiknya jika anda mencoba menjalankan usaha ternak lele secara bertahap mulai dari pembenihan, penjualan bibit ikan lele baru mencoba pembesaran.

Namunl, jika modal anda memang besar, anda bisa membuat kolam lebih besar dengan daya tebar lebih besar sehingga keuntungan anda juga akan semakin besar.

Dari uraian di atas apakah anda tertarik untuk mencoba peluang usaha ternak lele diatas?


Saya kira demikian artikel tentang Peluang Usaha Ternak Lele Yang Menguntungkan yang semoga dapat bermanfaat untuk perkembangan usaha kecil menengah di Indonesia. Terima kasih dan salam sukses bahagia. AMin.