Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

IDE BISNIS RUMAHAN BUDIDAYA TANAMAN HIAS

Rianda Nafisa

Budidaya tanaman hias atau nursery bukan hanya sebagai ladang bisnis namun juga sebagai hobi. Anggapan tersebut nampaknya tidak keliru karena dengan membudidayakan tanaman hias, kita juga dapat menjadikan aktifitas nurssery sebagai sarana untuk menenangkan hati dan pikiran serta melepas penat beban kerja yang kita bawa dari kantor. Selain itu, karena dalam membudidayakan tanaman membutuhkan kesabaran maka tidak heran jika bisnis rumahan tanaman hias akan sangat baik jika di jalankan oleh mereka yang memang menggemari hobi berkebun atau Gardening.

IDE BISNIS RUMAHAN BUDIDAYA TANAMAN HIAS
tanamanbunga.com

Ada banyak pengusaha yang sukses dalam menjalankan usaha botani ini berawal dari hobi dan kegemaran. Awalnya mereka menjalankan kegiatan nursery sebagai hobi namun seiring dengan banyaknya permintaan akan tanaman hias maka kemudian mereka mulai memultifungsikan kegemaran mereka sebagai sarana bisnis rumahan yang sangat menguntungkan. Salah satu pengusaha yang telah sukses di bidang agribisnis tanaman hias adalah Rizal Djaferer, seorang arsitek yang kemudian keluar dari pekerjaannya lalu memilih berpetualang menjadi seorang pengusaha bidang agribisnis tanaman hias.

Rizal pada awalnya hanya memiliki lahan seluas 100 m2, dengan dukungan istri tercinta, beliau berhasil mengembangkan usahanya hingga kini. Terhitung Pria asal Riau ini telah menjalankan usaha tanaman hiasnya selama 25 tahun dan kini ia telah memiliki lahan untuk menjalankan bisnis rumahan budidaya tanaman hias seluas 7 Ha dengan karyawan sebanyak 7 orang. Tanaman anggrek yang ia budidayakan berhasil ia ekspor ke luar negeri. Kesuksesan tersebut tentu tidak mudah, ada banyak rintangan yang menghadang, namun jika kita yakin dan mau berusaha maka segala hal akan terasa mudah.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat anda budidayakan sebagai bisnis rumahan anda, mulai dari jenis bebungaan seperti anggrek, mawar, bougenvil, melati dan bunga lainnya serta bisa juga dari jenis tanaman biasa seperti tanaman gelombang cinta yang pernah booming beberapa tahun silam. Keuntungan dari budidaya tanaman hias ini bisa sangat bervariasi tergantung dari skala usaha serta jenis tanaman yang anda budidayakan. 

Keuntungan bisnis rumahan budidaya tanaman hias bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Tak hanya itu, salah satu keunggulan dari bisnis budidaya tanaman hias adalah anda tidak terlalu repot sehingga cocok juga untuk usaha sampingan anda. Namun, kunci sukses dari bisnis ini adalah kesabaran dan ketekunan karena tanaman hias tidak akan menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Selain itu, anda juga harus telaten dalam merawat dan mau belajar, setiap tanaman pasti memiliki kemungkin terkena penyakit atau hama, maka dari itu, alangkah baiknya anda membaca buku buku tentang tanaman yang anda budidayakan.

Agar anda bisa lebih sukses, anda bisa mencoba melakukan persilangan tanaman hias yang nantinya dapat menghasilkan jenis baru. Dengan adanya jenis baru tanaman hias, maka usaha anda akan semakin cepat berkembang.

Jika anda tertarik untuk menjalankan usaha ini, anda bisa mencobanya sebagai hobi terlebih dahulu. Coba manfaatkan halaman anda untuk membudidayakan tanaman hias, selain sebagai selingan dan hiburan, juga bisa sebagai ajang latihan anda.

Saya kira demikianlah artikel IDE BISNIS RUMAHAN BUDIDAYA TANAMAN HIAS yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat menjadi inspirasi bisnis bagi anda.