Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Ternak Lele Sangkuriang


Peluang Usaha Ternak Lele Sangkuriang ~ Bagi anda yang sering mendengarnya, lele ini tidak jauh berbeda dengan lele dumbo yang sudah sangat akrab bagi telinga kita. Masihkah berpotensi? Tentu saja. Permintaan ikan lele dari tahun ke tahun terus meningkat. Di lansir dari KKP.go.id, kebutuhan ikan lele sampai saat ini masih tinggi. Di Jakarta Misalnya, dari kebutuhan sekitar 80 Ton / hari,. Hanya terpenuhi sekitar 62,5 % atau sekitar 50 ton. Di jawa Timur pun tidak jauh berbeda, dengan produksi 44.928 ton/tahun sangat tidak mencukupi kebutuhan ikan lele yang bisa mencapai 123.996 ton pertahun. Dengan permintaan setinggi ini tak heran, budidaya ikan lele tidak ada matinya. 



Penggemar ikan lele memang sudah sangat meluas di masyarakat Indonesia., Berbagai olahan hasil dari ikan ini telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Kebanyakan ikan lele yang di produksi adalah jenis lele dumbo. Berbeda dengan lele dumbo yang masuk ke Indonesia pada tahun 1985, dan langsung menjadi primadona mengalahkan ikan lele lokal yang memiliki beberapa keterbatasan. Seiring berjalannya waktu, lele dumbo yang diternakkan mengalami penurunan kualitas karena seringnya terjadi perkawinan kerabat atau pemilihan induk yang salah. Dan karena alasan inilah kemudian Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi melakukan penelitian untuk mendapatkan bibit unggul ikan lele. 

Pada tahun 2000an, BBPBAT sukabumi melakukan Back Cross atau persilangan balik dengan mengawinkan lele dumbo keturunan ke 2 ( F2 ) dengan keturunan ke enam ( F6), hasilnya sangat positif, dan dapat menghasilkan jenis ikan lele unggul yang memiliki kualitas terbaik. Hasil penyilangan tersebut kemudian menjadi ikan lele sangkuriang. 

Ikan lele sangkuriang sendiri memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah memiliki daya tahan lebih kuat, memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat serta mampu bertelur lebih banyak ketimbang ikan lele dumbo biasa. Pada tahun 2004, ikan lele sangkuriang mulai di sosialisasikan dan mulai di ternakan oleh para petani. 

Menurut keterangan dari BBPAT, kemampuan bertelur dari ikan lele sangkuriang ini bisa mencapai 40.000 – 60.000 / kg induk betina, ini berbeda dengan jenis ikan lele dumbo biasa, yang hanya sekitar 20.000 – 30.000 / Kg induk betina. Dari segi pertumbuhan,  ikan lele sangkuriang dapat tumbuh dengan kisaran angka  3,53% sedangkan lele dumbo hanya 2,73%. Hal ini tentu menjadikan pakan lele lebih bisa dihemat sehingga kebutuhan biaya modal untuk pakan dapat di tekan.

Jika anda berminat untuk memelihara ikan lele, cobalah untuk memelihara ikan lele sangkuriang yang memiliki keunggulan ini, selain lebih hemat dan cepat, ikan lele ini juga memiliki cita rasa yang lebih lezat. Jika anda berminat untuk membudidayakannya anda bisa mendapatkannya di Sukabumi tepatnya di BBPAT Sukabumi, karena disanalah bibit bibit yang masih bagus tersedia.

Untuk Persiapan maka anda akan membutuhkan sebuah media yaitu kolam untuk bududaya ikan lele tersebut, nah ada 3 jenis media yang bisa anda pilih antara lain:


  1. Ternak Lele kolam Terpal
  2. Ternak Lele menggunakan bak semen/Beton dan,
  3. ternak Lele menggunakan alas tanah

Jika anda menggunakan kolam alas tanah maka anda harus memperhatikan dinding tanah yang telah anda buat, pastikan cukup keras dan tidak mengalami kebocoran. Begitu juga dasar kolam juga haruslah rapat dan tidak cepat meresapkan air sehingga air yang digunakan untuk budidaya nanti tidak cepat habis.

Untuk langkah berikutnya berilah kapur pada kolam yang telah dipersiapkan untuk mencegah hama dan penyakit yang mungkin nantinya bisa menyerang si lele. Untuk takaran yang dianjurkan adalah 20-200 Gram/m2. Kemudian anda pasang pintu penyaringan dan pemupukan dasar yang biasa digunakan adalah pupuk makro NPK ditambah dengan pupuk organik padat khusus untuk ikan yaitu disebut TON.

Lalu, apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis ini? Tidak ada yang mudah, namun tidak ada yang tidak mungkin, memang butuh ketekunan, namun ketekunan tersebut yang akan menjadikan anda sukses dalam membudidayakan ikan lele sangkuriang.