Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

4 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Ambar Gunawan


Peluang usaha bisnis online ~ Siapa yang tidak mengenal Facebook. Situs jejaring social terlaris ini telah bagitu merakyat, tidak tua, muda, laki – laki, perempuan bahkan kyai dan ustadz pun mulai akrab dengan media social ini. Dilansir dari Kompas.com. pengguna aktif Facebook telah mencapai lebih dari 1 millyar dan 80 persennya menggunakan seluler atau mobile. Dengan banyaknya pengguna tersebut, bagi orang yang kreatif, facebook bukan hanya sebagai ajang menulis status galau, komentar atau sekedar mengeluh atas keadaan diri. Facebook kini menjadi ajang mencari uang yang dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya :


Gambar Ilustrasi Bisnis Online Menggunakan Facebook


1.    Membuat Fans Page

Fanspage atau halaman fans dulunya dibuat hanya sebagai media untuk penggemar dalam mengikuti perkembangan artis yang di gemarinya. Fanspage atau yang sering disingkat dengan FP, kini telah dijadikan sebagai sarana bisnis. Ada banyak perusahaan yang kemudian membuat halaman untuk memperkenalkan produk terbaru atau untuk lebih dekat dengan para pelanggannya.
Perkembangan selanjutnya, FP kini menjadi sebuah komoditi online yang dapat diperjual belikan di beberapa forum yang membahas bisnis online. Untuk harga bisa sangat bervariasi tergantung tema, jumlah pengguna facebook yang me-like halaman dan sumber anggota. Daripada anda hanya menggunakan facebook untuk hal – hal yang tidak terlalu penting, cobalah untuk membuat FP, hitung – hitung sebagai tabungan.


2.    Jual Beli Online

Anda mungkin sudah terbiasa dengan berniaga.com, Kaskus, tokobagus.com yang kini berubah nama menjadi OLX.co.id, Elevania dan situs jual beli lainnya. Facebook kini ternyata tak hanya media saring social namun juga sebagai tempat untuk melakukan jual beli. Ada banyak grup FB yang kemudian dijadikan sebagai forum jual beli. Saya sendiri lebih menyukai forum di FB daripada di Berniaga dll, selain lebih mudah, area atau lokasi penjual dan pembeli biasanya sudah dikhususkan di satu kabupaten sehingga lebih mudah dalam bertatap muka. Kalaupun ada hal yang tidak tepat, maka bisa lebih mudah menanganinya.

Dari grup – grup ini, anda bisa menjadi penjual atau reseller. Yang pertama anda bisa membeli barang murah berupa barang second lalu menjualnya di dunia nyata, dan yang kedua adalah anda membeli dari dunia nyata lalu menjualnya ke dunia maya. Keduanya sama sama menguntungkaan tergantung kemampuan anda menaksir barang. Jika sehari anda bisa menjual satu barang maka bukan tidak mungkin anda akan meraup keuntungan yang berlimpah.


3.    Toko Online

Jangan kaget jika sekarang anda menemui banyak akun abal – abal atau klonengan yang mengaku berjenis kelamin perempuan dan dipasaang foto profile cantik tapi rupanya itu hanya akun spam atau akun bohongan. Akun ini dijadikan sebagai media atau alat untuk mempromosikan berbagai barang mulai dari pakaian, sepatu hingga iklan yang aneh-aneh. Jika anda memiliki produk yang ingin dijual, anda bisa membuat beberapa akun wanita cantik karena secara otomatis akan ada banyak pertemanan yang harus anda tanggapi. Jika anda memiliki 5 akun abal – abal dengan jumlah petemanan setiap akunnya adalah 5 ribu maka anda akan memiliki peluang promosi kepada 25 ribu orang. Hebat bukan?


4.    Afiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan sejenis bisnis yang mirip dengan calo atau makelar. Jika terdapat sebuah produk baik software, program atau hal lain dapat anda promosikan dengan keuntungan menggunakan system affiliate marketing. Biasanya, anda akan diberi link promosi. Dari link promosi inilah kemudian anda bisa share di FB agar orang dapat membeli suatu produk dari link anda dan tentunya setiap pembelian, anda akan mendapatkan komisi.

Selain cara – cara diatas, ada banyak tawaran bisnis di Facebook yang ditawarkan oleh berbagai situs. Anda perlu berhati – hati karena banyak sekali model bisnis – bisnis yang seperti ini yang ternyata scam atau penipuan.

Semoga saja artikel  4 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook ini dapat bermanfaat untuk anda dan semoga kita bisa lebih kreatif dalam menggunakan teknologi masa kini untuk kita jadikan sebagai ladang penghasil uang.