Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Analisa Peluang Usaha Budidaya Tomat Lengkap Tahun 2014

Rianda Nafisa

Peluang Usaha ~ buah tomat tentu bukan hal asing di telinga kita. Buah yang terkenal banyak mengandung vitamin C ini memang sudah menjadi hasil alam yang sangat di gemari oleh masyarakat baik untuk bumbu masak, minuman atau juga sebagai bahan kecantikan. Dengan tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan yang semakin tinggi, tentu membuat konsumsi buah tomat semakin meningkat. Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa buah tomat di gemari oleh masyarakat diantaranya adalah :
  • Mengkonsumsi buah tomat dapat menghaluskan dan menyehatkan kulit. Kandungan Vitamin C dalam buah tomat membantu peremajaan kulit serta membantu regenerasi sel
  • Mencegah penyakit jantung atau stroke. 
  • Mengobati penyakit sariawan dan memperlancar pencernaan. 
  • Mencegah kanker perut. Di dalam buah tomat terdapat Zat merah atau disebut juga dengan Zat Lycopane. Zat ini membantu memperlancar pencernaan serta mencegah terjadinya iritasi atau kanker di saluran pencernaan.
Selain kandungan gizi yang telah saya sebutkan di atas. Buah tomat juga memiliki rasa yang khas yaitu perpaduan manis dan asam sehingga tidak jarang buah tomat kemudian di jadikan sebagai minuman yang segar.
Analisa Peluang Usaha  Budidaya Tomat Lengkap Tahun 2014

Tomat sendiri merupakan buah yang berkerabat dekat dengan kentang. Buah ini memiliki nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum dan berasal dari amerika selatan. Di beberapa daerah di Indonesia, buah tomat mulai dibudidayakan sebagai peluang  usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki siklus hidup yang tergolong singkat. Budidaya tomat di lakukan di beberapa daerah di Indonesia dan sentranya terdapat di daerah Malang.

Kebutuhan tomat bisa di bilang stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan. Untuk harga tomat per Kg berkisar antara Rp. 10.000,- / Kg sampai dengan Rp. 18.000/ Kg. Harga tomat yang fluktuatif terjadi terutama pada saat musim penghujan karena pada saat itu pasokan tomat banyak khususnya dari daerah Batam sehingga mengakibatkan harga tomat turun. Namun demikian, dengan tingkat kebutuhan yang tinggi membuat peluang usaha budidaya tomat tetap saja memiliki prospek yang cerah.

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa harga tomat menjelang idul fitri kini berkisar di nominal Rp. 16.000,-. Jika anda berminat untuk menjalankan bisnis budidaya tomat untuk tujuan komersil maka anda membutuhkan lahan yang cukup luas. Keuntungan budidaya tomat sendiri berkisarantara Rp. 50 juta - Rp. 80 Juta pertahun dengan asumsi lahan  satu hektar. Hasil ini tentu berbeda - beda tergantung dari banyak variabel.

Agar hasil bisa berlipat ganda maka pilihlah musim yang tepat. Kemudian cobalah untuk meminimalisir pengeluaran salah satunya dengan cara menanam tomat dalam pot. Untuk cara membudidayakan tomat, anda bisa mencoba mencarinya di beberapa situs namun sangat di rekomendasikan untuk membaca panduan lengkap di buku cetak. Peluang usaha ini juga sangat cocok untuk usaha sampingan bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama anda.

Demikianlah artikel Analisa Peluang Usaha  Budidaya Tomat Lengkap Tahun 2014 yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses wirausaha.