Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Contoh Pembuatan Proposal Usaha Keripik Singkong

Ambar Gunawan

Salah satu jenis makanan ringan yang cukup digemari adalah keripik singkong. Makanan ini sangat digemari masyarakat di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk berwirausaha berjualan keripik singkong, tak ada salahnya untuk mulai membuat proposal usaha yang nantinya akan diajukan kepada calon investor. Disini akan diberikan contoh proposal usaha keripik singkong yang bisa Anda terapkan di proposal usaha Anda.

Usaha makanan ringan memang sangat menjanjikan dan potensial. Tak heran jika banyak sekali wirausahawan yang memilih makanan ringan sebagai jenis usahanya. Keripik singkong merupakan salah satunya. Berbagai olehan keripik singkong bisa dengan mudah kita temui di berbagai tempat.
Berbagai varian rasa terus dikembangkan pada olahan keripik singkong, dari original, keju, pedas, barbeque, jagung bakar, dan masih banyak lagi. Tak heran jika keripik singkong merupakan jajanan favorit masyarakat Indonesia.



Untuk mengembangkan usaha keripik singkong bisa dibilang gampang-gampang sulit. Di era modern seperti sekarang ini harus banyak inovasi yang dibuat pada produk keripik singkong. Oleh karena itu, diperlukan modal yang cukup. Jika modal menjadi penghalang Anda, mulailah mencoba membuat proposal usaha keripiki singkong yang nantinya diajukan kepada investor.

Berikut ini contoh pembuatan proposal usaha keripik singkong yang baik dan benar.

1. Bab I
Bab pertama seperti biasa berisi pendahuluan, berupa latar belakang, tujuan dan manfaat. Disini kita bisa menjelaskan secara singkat apa itu keripik singkong, kenapa kita memilih usaha keripik singkong, hingga potensi jajanan ini di pasaran. Informasi yang diberikan harus jelas sehingga pembaca mudah memahami. Setelah itu tuliskan tujuan usaha keripik singkong yang ingin Anda geluti, serta manfaat apa yang bisa Anda peroleh dari usaha tersebut, dan juga manfaat apa yang didapat investor jika ikut berpartisipasi dalam usaha keripik singkong Anda tersebut.

2. Bab II
Bab kedua berisi penjelasan mengenai produk keripik singkong yang ingin Anda buat. Disini Anda bisa menjelaskan berbagai macam informasi mengenai produk keripik singkong Anda. Mulai dari nama produk atau merk, alamat toko, bahan pembuatan, cara pembuatan, varian rasa, harga produk, target pasar, hingga strategi pemasaran. Intinya, segala informasi mengenai produk keripik singkong harus dituliskan di bab kedua ini.

3. Bab III
Di bab ketiga ini Anda bisa menuliskan rincian dana yang Anda butuhkan untuk menyukseskan usaha keripik singkong Anda ini. Tulislah semua kebutuhan dan pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk usaha keripik singkong ini. Misalnya, biaya pembelian bahan baku, biaya pembelian alat masak, biaya produksi, biaya gaji karyawan, biaya pendaftaran merk, biaya promosi, hingga biaya pemasaran. Tambahkan juga proyeksi pendapatan Anda tiap bulannya.

Itu tadi contoh proposal usaha keripik singkong yang bisa menjadi acuan Anda dalam membuat proposal usaha keripik singkong yang akan ditujukan kepada calon investor. Buatlah proposal usaha sebaik mungkin karena bisa saja keberhasilan usaha Anda ditentukan oleh bantuan  investor.