Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Sederhana Bagi Peminat Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung

Bagi Anda yang ingin mendapatkan ayam yang handal dalam pertandingan, cobalah untuk memulai peluang usaha ternak ayam pelung. Pasalnya ketimbang harus melakukan persilangan untuk mendapatkan ayam yang handal dan tangguh, salah satu jenis ayam di Indonesia ini ternyata menjadi peluang usaha yang cukup potensial dan cukup banyak diminati masyarakat.

Cara Ternak Ayam Pelung. Img source: peternakantasik.blogspot.com

Perlu Anda ketahui bahwa tanpa harus melakukan persilangan, ayam pelung dengan kualitas super yang kemampuannya sudah terlatih bahkan harganya pun tidak main-main. Untuk satu ekor ayam pelung dengan kualitas super, ayam bisa dibandrol dengan harga sampai Rp 20 juta atau lebih. Itu dia alasan mengapa prospek bisnis membudidayakan atau beternak ayam pelung ini cukup cerah kedepannya. Apalagi jenis ayam pelung ini adalah salah satu ayam khas Indonesia yang harganya cukup tinggi.

Simak juga artikel tentang Cara Budidaya Ayam Petelur Sukses

Langkah Awal Menjalankan Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung

Mengapa harga ayam pelung bisa semahal itu? Apakah yang membuat ayam pelung begitu spesial? Bagi para pencinta ayam, tentu sudah tidak asing dan Anda juga pasti sudah tahu alasan mengapa ayam pelung ini dihargai begitu mahal. Hal ini dikarenakan ayam pelung memiliki beberapa perbedaan dan keunggulan jika dibandingkan dengan ayam kampung biasanya.

Salah satunya adalah dari faktor suara, karena kokok-kan ayam ini begitu panjang dan berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. Itu dia mengapa jenis ayam pelung ini sering digunakan untuk kompetisi antar ayam pelung. Selain itu badannya juga terlihat lebih besar dan lebih gagah ketimbang ayam kampung biasa. Daya tahan tubuh ayam pelung juga lebih kuat dan lebih baik sehingga tidak mudah terkena penyakit. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam pelung.

1.    Indukan Unggul
Jika Anda menginginkan ayam pelung dengan kualitas yang baik, maka Anda juga harus mendapatkan anakan ayamnya dari indukan yang unggul. Anda bisa mengusahakan mencari jenis indukan yang sudah sering dikompetisikan dan menjadi juara. Dengan demikian anakan ayam sudah punya bekal yang diturunkan dari induknya. Anda pun tidak akan terlalu kesulitan dalam melatihnya.

2.    Nutrisi yang Cukup
Ayam juga membutuhkan nutrisi dan kebutuhan yang cukup untuk bisa selalu sehat. Untuk bisa menjaga kualitas otot dan juga kualitas suara kokokkan dari ayam pelung ini, Anda membutuhkan protein dari daging mentah untuk konsumsi ayam pelung. Selain itu untuk menjaga kualitas suaranya, ayam pelung juga membutuhkan asupan kacang-kacangan dan juga pisang kapok.

3.    Kebersihan Ayam dan Lingkungan
Ayam pelung ini tergolong salah satu ayam yang cukup sensitif terhadap lingkungan dan kondisi yang kotor. Maka dari itu untuk membuat ayam pelung merasa nyaman, Anda harus selalu rutin membersihkan kandangnya, memandikannya, dan menjemur ayam pelung di pagi hari supaya kualitas suaranya tetap terjaga.

4.    Mengawinkan Ayam
Cara mengawinkan ayam ini adalah dengan memisahkan pejantan serta betina dalam kandang yang berbeda. Biarkan ayam-ayam ini saling tertarik satu sama lain. Jika sudah ada tanda-tanda saling tertarik dan juga interaksi antara ayam pejantan dan betina, barulah Anda satukan kedua ayam tersebut dalam satu kandang untuk melakukan perkawinan.

Nah, itu tadi adalah sedikit tips yang bisa kami berikan mengenai cara memulai peluang usaha ternak ayam pelung. Dan tak bisa dipungkiri prospek ternak ayam pelung ini cukup cerah kedepannya. So, selamat mencoba dan semoga berhasil.