Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Memulai Usaha Ternak Ikan Guppy Hias yang Menguntungkan

Peluang usaha ternak ikan guppy hias bukan lagi menjadi hal yang baru di masyarakat. Pasalnya jenis ikan hias ini sudah dikenal sejak lama dan sudah mulai banyak dibudidayakan sejak lama juga. Dan perlu Anda ketahui bahwa ternyata bisnis budidaya ternak ikan guppy hias ini adalah salah satu bisnis yang menawarkan keuntungan cukup menjanjikan. Akan tetapi untuk menjalankan bisnis ternak jenis ikan yang satu ini, ada beberapa keahlian yang perlu Anda pelajari telebih dahulu.

Jenis Ikan Guppy Hias. Img source blogspot.com

Selain itu, Anda juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bukan hanya itu, tetapi modal yang paling penting adalah keinginan, keuletan dan juga ketekunan yang kuat. So, berikut ini kami akan membahas beberapa tips sederhana bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak ikan guppy.

Jenis-jenis ikan guppy hias rupanya ada banyak juga yang biasanya dibedakan dari corak warna dari ikan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

Berbagai Jenis Ikan Guppy Hias. Img source: aqueros.blogspot.com

  1. Ikan Guppy hias Cobra
  2. Ikan Guppy hias Japan Blue
  3. Ikan Guppy hias Metalik
  4. Ikan Guppy hias Tuxedo
  5. Ikan Guppy hias Pink White
  6. Ikan Guppy hias Grass Blue
  7. Ikan Guppy hias Mozaic
  8. Ikan Guppy hias Leopard

Prospek Cerah Peluang Usaha Ternak Ikan Guppy Hias


Pada dasarnya untuk memelihara atau menjalankan usaha ternak ikan ini, sebenarnya tidak terlalu sulit. Dari segi makanannya pun Anda hanya  perlu meracik pakan sederhana sebagai pengganti cacing. Dalam menjalankan bisnis ikan hias, sebenarnya yang paling berharga dan tidak tergantikan oleh uang adalah ketika Anda bisa mengawinkan ikan hiasnya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memulai bisnis Anda ini dengan perasaan senang dan pada dasarnya Anda memang hobi memelihara ikan hias. Jika sudah didasari dengan rasa suka, maka proses perawatannya pun tidak akan membebani. Wikipedia

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara memulai usaha ternak ikan guppy hias, simak rangkuman yang telah kami buat berikut ini.

1.    Tempat
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tempat untuk membudidayakan ikannya. Untuk menempatkan 5 ekor ikan Anda disarankan untuk membuat wadah berupa akuarium atau sejenisnya dengan dimensi atau ukuran 80 cm x 80 cm x 30 cm. Selain itu di dalamnya Anda juga bisa menambahkan tanaman-tanaman air seperti buntut kucing misalnya. Pasalnya jenis tanaman air ini akan mengurangi terik matahari yang masuk ke dalam air. Namun perlu Anda perhatikan juga supaya Anda menggunakan tanaman air yang benar-benar bersih.

2.    Air
Yang tak kalah pentingnya adalalah media air sebagai tempat hidup ikan guppy. Untuk memelihara ikan guppy, Anda bisa memanfaatkan air sumur. Anda bisa memindahkan air sumur menggunakan selang plastik. Penempatan air pada wadah pun harus Anda lakukan 1 hari sebelum Anda memasukkan ikannya ke dalam air. Untuk ikan guppy Anda disarankan untuk mengisi air dengan ketinggian sekitar 15-20 cm saja.

3.    Pemindahan Anak
Setelah wadah, air dan ikan telah siap, biasanya dalam waktu 3-4 hari saja sudah akan terlihat anakan dari ikan guppy yang sangat kecil. Nah, Anda juga harus sangat telaten memindahkan anak-anak ikan terebut ke bak lain yang ukurannya lebih besar. Buatlah sebuah bak pendederan dengan ukuran 2 m x 1,8 m yang sudah diisi air bersih setinggi kurang lebih 20 cm. Pastikan juga bahwa air tersebut dimasukkan ke dalam wadah satu hari sebelum anak-anak guppy dipindahkan.

Cukup mudah bukan cara pemeliharaanya? Untuk makanan ikannya sendiri, yang paling cocok untuk ikan guppy adalah kutu air. Unik, bukan? Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan cacing sutra untuk makanan guppy, akan tetapi harganya yang cukup mahal tentu kurang cocok untuk sebuah bisnis terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis ternak ikan guppy hias Anda. Sekian dari kami dan selamat mencoba.