Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Langkah Awal Memulai Peluang Usaha Ternak Ayam Potong

Peluang usaha ternak ayam potong adalah salah satu jenis usaha ternak yang sangat menjanjikan hasilnya. Pasalnya kebutuhan akan daging ayam di masyarakat semakin hari semakin bertambah. Lagipula cara untuk memulai usaha ternak ayam potong ini bukan perkara yang sulit. Justru jenis ternak ayam potong inilah yang saat ini sangat banyak diminati oleh masyarakat.

Bibit ayam pedaging/potong. Img source: majujayafarm.blogspot.com

Permintaan protein hewani yang selalu meningkat setiap harinya terkadang membuat harga dari produk peternakan menjadi lebih mahal. Harga jual ini menjadi sedikit mahal karena tidak diimbangi dengan hasil produk peternakan. Yang sering terlihat lonjakan harganya pada saat jelang lebaran, harga apapun akan menjulang tinggi dan salah satunya adalah harga protein hewani dari ayam ini. Misalnya saja saat jelang Lebaran harga menjadi  40.000/kg padahal biasanya harga per-kg sekitar 15.000.

Peluang Usaha Ternak Ayam Potong yang Cukup Menjanjikan


Dari tingginya selisih harga jual serta biaya produksi tersebut, pasti semakin banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha beternak ayam potong ini. Namun demikian, dalam memulai usaha ternak ayam potong ini ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Modal utama yang Anda butuhkan untuk memulai ternak ayam ini adalah kemauan dan niat yang kuat. Setelah itu Anda juga harus memahami sektor resiko dalam usaha ini. Ketahui hal apa saja yang perlu Anda kuasai, karena jika Anda memilih ayam petelur risikonya akan lebih tinggi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang akan kami berikan kepada Anda mengenai langkah usaha ternak ayam potong.

1.    Usaha Ternak Ayam Mandiri
Dalam menjalankan usaha mandiri ini, Anda tentu harus melakukannya secara mandiri. Bagaimana maksudnya? Jadi artinya semua komponen usaha ternak ayam potong akan ditanggung oleh Anda sendiri. Dengan demikian berarti Anda memiliki tanggungjawab penuh mulai dari proses pembuatan kandang, penyediaan dan pemilhan bibit, serta penyediaan makanan dan obat-obatan serta vitamin. Segala hal seperti perawatan hewan, proses memanen hasil hingga proses pemasaran pun Anda lakukan secara mandiri. Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan sistem ini, akan tetapi risiko sudah jelas akan Anda tanggung sendiri. Bagaimana? Apakah Anda berani untuk mencobanya?

2.    Usaha Ternak Ayam Kemitraan
Sistem lain yang bisa Anda pilih adalah sistem kemitraan, yang tentunya menjadi kebalikan dari sistem mandiri. Sesuai dengan namanya, sistem ini memungkinkan Anda untuk bekerjasama membudidayakan ayam bekerjasama dengan perusahaan sebagai inti. Dalam kemitraan ini peternak hanya disuruh menyapkan kandang dan merawat hewan hingga proses panen tiba. Kelemahan dari sistem ini adalah peternak tidak bisa mendapatkan keuntungan secara penuh. Selain itu peternak juga tidak leluasa menentukan harga jual yang dipatok. Adapun kelebihan dari sistem ini Anda tidak perlu melakukan pengurusan berbagai persiapan ternak yang merepotkan.

Lihat Juga artikel menarik lainnya:
Ternak Ayam Kampung Super
Ternak Ayam Petelur

Nah, setelah Anda mengetahui dua cara atau sistem usaha ternak ayam potong tadi, sekarang kita akan membahas beberapa langkah sederhana untuk memulai budidaya ayam potong.

Layout Kandang Ayam Potong. Img source: unggasindonesia.wordpress.com

Pertama, siapkan terlebih dahulu kandang ayamnya. Pada saat pembuatan kandang, perhitungkan juga tata letak kandangnya. Mulai dari arah sinar matahari, angin, sumber air dan juga aliran listrik. Setelah itu jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk ayam. Selama 14 hari pertama sebagai peternak Anda disarankan untuk tidak berada jauh dari ternak, langkah karena ini akan menentukan kesuksesan usaha ternak ayam potong Anda kedepannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.