Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Enaknya Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur

Belakangan ini makanan hasil dari olahan bebek mulai betebaran dimana-mana. Mulai dari bebek goreng, bebek panggang, hingga bebek tulang lunak yang rasanya sangat lezat. Hal ini membuktikan bahwa pecinta kuliner bebek sangatlah banyak. Anda bisa menemukan banyak sekali kuliner bebek di berbagai daerah. Daging bebek memang tidak terlalu empuk, tapi memiliki cita rasa yang sangat khas sehingga membuat penikmatnya menjadi ketagihan.


Semakin tingginya peminat bebek, maka semakin tinggi pula permintaan akan daging bebek. Sehingga para peternak bebek pedaging pun bisa meraup untung yang sangat besar. Sebenarnya jenis ternak bebek ada 2 macam yaitu ternak bebek pedaging dan bebek petelur. Jika bebek pedaging diambil bagian dagingnya, sedangkan bebek petelur hanya diambil bagian telurnya saja. Untuk perawatan kedua jenis bebek ini sebenarnya sama saja.

Namun, sedikit perbedaannya hanyalah terletak pada pemberian pakannya saja. Porsi pakan bebek berupa mineral untuk bebek petelur lebih banyak ketimbang bebek pedaging. Saat ini, bebek pedaging memiliki peminat yang lebih banyak ketimbang bebek petelur. Hal ini dikarenakan restaurant atau tempat makan olahan bebek lebih banyak ketimbang yang membutuhkan telur bebek.

Lihat juga artikel mengenai Peluang Usaha Ternak Bebek Hibrida Cepat Penen Untung Besar

Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Berikut ini akan saya jelaskan cara beternak bebek pedaging, silakan disimak ya :

1. Pembuatan Kandang Bebek
Siapkan lahan yang tidak terlalu dekat dengan pemukiman warga, karena suara bebek yang berisik dan juga kotorannya dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar. Kemudian buatlah kandang bebek dengan suhu 39 drajat Celcius. Suhu yang panas dan terik seperti ini sangat disukai bebek dan membuat bebek merasa lebih nyaman. Kemudian untuk tingkat kelembabannya yaitu 60-65%. Supaya mempermudah kita dalam mengatur dan membersihkan kandang, maka berikan lampu pada kandang bebek. Dengan adanya lampu juga menghindari adanya binatang pengganggu seperti tikus dan kucing.

Jenis kandang untuk ternak bebek terdiri dari 3 macam, yaitu :
  • Kandang yang khusus dibuat untuk anak bebek atau yang biasa disebut DOD. Kandang untuk DOD ini memiliki ukuran 1x2 meter dan bisa menampung hingga 50 ekor DOD.
  • Selanjutnya adalah kandang khusus untuk bebek yang sudah remaja atau yang disebut brower. Kandang ini sebaiknya mampu menampun 16-100 ekor per kelompok brower.
  • Kandang bebek yang memang dibuat untuk bertelur, kandang bebek ini memiliki bentuk kotak dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 1 kandang hanya mampu menampung 1-2 ekor bebek saja. Bisa juga anda buat kandang khusus berkelompok yang bisa menampung 4-5 kor bebek dewasa.

Jenis kandang bebek petelur sistem kering

2. Pemilihan Bibit Bebek
Tahap berikutnya yang harus diperhatikan yaitu memilih bibit bebek yang unggul. Jangan sampai bibit yang anda pilih memiliki kualitas yang buruk sehingga kualitas ternaknya juga jelek. Berikut ini beberapa cara untuk memilih bibit bebek yang unggul :

•    Anda bisa membeli telur tetas yang berasal dari indukan bebek yang berkualitas.
•    DOD tidak memiliki cacat pada bagian tubuhnya, selain itu pada bulunya berwarna kuning mengkilap.
•    Belilah DOD dari tempat pembibitan yang memang sudah terjamin kualitasnya oleh dinas peternakan setempat atau bisa juga dengan memilih tempat pembibitan yang sudah diakui oleh peternak bebek lainnya.

 Tabel pemberian pakan untuk bebek petelur dan pedaging

Sedangkan untuk pemberian pakan bebek terdiri dari 3 fase yaitu usia 0-8 minggu atau yang biasa disebut stater, usia 8-18 minggu atau yang disebut grower, dan usia layar 8-27 minggu atau yang sering disebut layar.

Setiap fase diberikan sistem pakan yang berbeda, untuk bebek stater diberikan pakan datar dengan menggunakan tempat pakan. Sedangkan untuk bebek grower diberikan pakan datar juga tapi disebar ke lantai, sedangkan bebek layar diberikan pakan secara terus menerus hingga produksi telurnya meningkat.

Peluang usaha ternak bebek memang dibutuhkan kesabaran, karena bebek membutuhkan proses hingga siap dijual. Selain itu perawatan dan pemeliharaan juga harus diperhatikan agar bebek terhindar dari berbagai macam penyakit.