Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Budidaya Ikan Gabus sebagai Bisnis Baru

Peluang usaha Budidaya Ikan Gabus ~ Salah satu factor penting dalam melakukan kegiatan bisnis adalah inovasi dan kemampuan menemukan hal – hal baru yang dapat menarik minat masyarakat. Ada banyak contoh kasus dimana hal – hal baru tersebut belum pernah terpikirkan bahkan seringkali diremehkan, namun kemudian menjadi satu kejayaan besar sehingga mampu membalikan pandangan yang semula meremehkan menjadi mengakui bahwa inovasi baru tersebut memang bagus, Salah satu contohnya adalah usaha air minum kemasan Aqua,

Lihatlah gambar Ikan Gabus Toman ini besar sekali bukan?

Peluang usaha Budidaya Ikan Gabus

Berangkat dari kejayaan perusahaan Aqua, mengapa anda tidak mencoba hal baru yang bagi sebagian orang tidak terpikirkan, diremehkan bahkan dipandang sebagai hal yang tidak penting. Ikan Gabus, atau yang sering dsebut dengan berbagai nama seperti kocolan, kutuk, bogo, bayong, licingan dan lain sebagainya memang belum begitu diminati oleh petani ikan. Hal ini karena memang minat masyarakat yang belum terlihat, padahal ikan ini terkenal empuk dan lezat, hampir sama seperti rasa ikan lele.

Ikan gabus sendiri merupakan ikan liar yang memiliki sifat predator. Ia sangat ditakuti oleh peternak ikan karena sifatnya yang suka memangsa ikan lain. Ukuran ikan ini bisa sangat besar hingga seukuran paha orang dewasa. Ikan ini lebih agresif dibanding ikan lele dan ikan ini sangat cepat pertumbuhannya terlebih di dalam kolam yang berlumpur.

Ikan Gabus sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya Channa striata, ikan gabus jenis ini memiliki bantuk yang relative lebih kecil sementara jenis lainnya yaitu gabus toman, ikan ini bisa mencapai ukuran satu meter dengan bobot bisa mencapai 5 Kg. Bentuk ikan ini bulat memanjang hampir mirip dengan ikan lele namun bersisik.

Kepala berbentuk gepeng dan menyerupai kepala ular, pada bagian samping berbentuk lorek coklat, putih dan sedikit hijau. Ikan ini memiliki daging empuk seperti ikan lele atau gurami. Ikan gabus dapat bernafas meskipun dengan oksigen yang sedikit karena ikan ini memiliki labirin. Ikan ini dapat bertahan dalam tanah yang kering dan seringkali berjalan didaratan untuk mencari perairan atau bisa juga mengubur diri di dalam tanah menunggu tanah tersebut kembali berair.


Prospek Usaha Ikan Gabus

Prospek Usaha ikan gabus terbilang masih sedikit peminat. Namun secara statistik, permintaan ikan ini semakin meningkat. Salah satunya adalah untuk dibuat sebagai bahan dasar pempek cinde Palembang. Permintaan ini kian meningkat dengan semakin beragamnya jenis hasil olahan ikan gabus. Anda bisa membuat olahan makanan dari ikan ini sebagai ikan bakar, kerupuk, atau campuran adonan.

Salah satu keuntungan dari budidaya ikan gabus adalah kemudahan dalam segi pakan. Anda tidak terlalu pusing memikirkan pakan, ikan gabus termasuk ikan yang sangat mudah diberi pakan selain itu ikan ini memiliki ketahanan tubuh yang sangat kuat sehingga resiko kematian lebih kecil.
Salah satu pengusaha yang telah sukses dalam membudidayakan ikan gabus adalah Andi Rahardjo. Pengusaha ini mampu memanen sekitar 1,5 kuintal selama 2 bulan, dan itu masih belum mencukupi permintaan pasar. Permintaan paling banyak datang dari restoran – restoran.

Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah sifat gabus yang kanibal. Sehingga dalam memberi pakan haruslah diselingi pakan lain agar tingkat kanibalisme bisa di tekan. Dan itukah sedikit ulasan tentang peluang budidaya ikan gabus, semoga nantinya bisa menginspirasi anda semua untuk terjun menggeluti usaha ini.