Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang Modal Kecil

Rianda Nafisa


Usaha sampingan ~ Budidaya jamur merang menjadi salah satu  peluang usaha yang prospektif mengingat banyaknya penggemar jamur konsumsi ini serta harganya yang relatif tinggi sehingga berpeluang mendatangkan penghasilan yang lumayan besar. Jamur merang sendiri merupakan sejenis jamur yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki nama latin (Volvariella sp). Jamur ini banyak di budidayakan di daerah asia timur dan selatan. 

Karakteristik jamur merang adalah bentuknya yang menyerupai bulat telur dengan warna abu - abu dan kecoklatan. Bagian tubuhnya dilindungi selubung dan pada saat dewasa, bagian tubuh jamur akan menjadi coklat keabu abuan dengan warna merah muda di bagian tudungnya. jamur merang yang nantinya di jaual adalah jamur merang muda tudungnya belum berkembang. Untuk membudidayakan jamur merang sebagai usaha sampingan, anda dapat memeliharanya di sebuah bangunan yang disebut dengan kumbung. 
Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang Modal Kecil


Alasan mengapa jamur merang sangat digemari oleh masyarakat tentu selain dari rasanya yang khas, jamur pangan ini juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Didalam jamur merang terdapat protein, fosfor dan kalium yang sangat berguna bagi pertumbuhan dan perlindungan tulang. 



Cara Budidaya Jamur Merang

Menjalankan usaha sampingan Budidaya jamur merang tidaklah sulit, anda hanya harus memiliki ketekunan agar hasil yang anda dapatkan dapat maksimal. berikut ini saya sajikan cara budidaya jamur merang khusus untuk anda :


A. Pemilihan Bibit Budidaya jamur Merang

Agar hasil maksimal maka anda perlu teliti dalam memilih bibit yang unggul karena pemilihan bibit yang tepat akan menentukan hasil yang anda dapatkan. 
  1. Pilihlah bibit unggul dari golongan F3 menggunakan sistem BER, sistem ini merupakan hitungan berat bibit unggul dibanding dengan media tanam. Untuk BER yang ideal diusahakan berada pada kisaran 30% - 35 %. Dengan banyaknya inovasi serta perkembangan teknologi pangan sekarang, muncul bibit bibit baru yang memiliki daya taumbuh lebih cepat. Silahkan anda cari di Internet tentang berbagai jenis bibit jamur merang.
  2. Teliti masa kadaluarsa bibit. Perhatikan berapa daya tahan hidup bibit, jangan sampai anda membeli bibit jamur yang sudah kadaluarsa karena kemungkinan besar bibit yang anda pilih tidak akan tumbuh dan otomatis usaha sampingan budidaya jamur merang anda akan mengalami kegagalan.
B. Persiapan Media Tanam Budidaya Jamur merang
Sebelum anda membuat media tanam, ada baiknya anda membuat kumbung. Kumbung dapat anda buat dari bahan bambu, atau membuatnya dengan batu permanen. Kumbung ini nantinya dibangun dengan ukuran ideal 6 x 4 m dengan tinggi 2,5 m. Kumbung akan diisi rak - rak bedengan sebagai tempat untuk meletakan media tanam jamur.

Untuk informasi tentang cara pembudidayaan silahkan baca di artikel di sini

Analisa Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang

Mari simak analisa usaha di bawah ini :

Analisa Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang
Dari uraian pengeluaran di atas. Kita akan mendapatkan hasil sekitar 60 Kg  per kumbung. Sehingga total jamur yang kita dapatkan adalah 180 Kg. Asumsi harga per Kg jamur merang adalah Rp. 11.000/ kg maka didapatkan omzet sebesar Rp. 180 x 11.000 = Rp. 1.980.000,-

Keuntungan bersih yang di dapat adalah
= Rp. 1.980.000, - Rp. 1.352.000,-
= Rp. 638.000,- / bulan

Bagaimana apakah anda tertarik untuk menjalankan usaha ini? silahkan segera pelajari bisnis ini. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi sekaligus informasi untuk anda.