Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Sampingan Budidaya jamur hasil besar


Peluang Usaha Budidaya Jamur ~ usaha sampingan ternyata banyak macamnya dan dapat dilakukan dari berbagai bidang apakah itu perikanan, perdagangan atau peternakan. Menurut sebagian orang, usaha sampingan memang hanya sebatas kerja sambilan untuk menambah uang saku atau penghasilan keluarga, namun dalam praktiknya, bisnis sampingan ternyata mampu menjadikan sesorang menjadi pengusaha yang pendapatan hasil usaha bisa melebihi pendapatan dari gaji bulanan. 

Peluang Usaha Sampingan Budidaya jamur hasil besar

Salah satu peluang usaha yang sangat potensial untuk dijadikan usaha sampingan adalah budidaya jamur.  keuntungannya sangat lumayan dan cara pengelolaannya juga tidak terlalu sulit. Selengkapnya tentang peluang bisnis ini mari kita simak pembahasan lengkap tentang peluang bisnis ini :




Karakteristik Jamur 

Jamur merupakan sejenis tanaman yang memiliki ciri khas tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat melakukan proses autotrof. Jamur hanya bisa melakukan heterotrof atau mendapatkan makanan dari sumber lain. Karena tidak dapat membuat makanannya sendiri seperti jenis tumbuhan lain yang dapat melakukan fotosintesis maka jamur melakukan hubungan simbiosis mutualisame seperti jamur pada akar kacang - kacangan ( sumber : wikiepedia )



Mengingat banyaknya jenis jamur, ada banyak jamur yang berbahaya untuk dikonsumsi dan ada juga jamur yang dapat dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa jenis peluang usaha budidaya jamur di susun berdasarkan jenis jamurnya ;

Peluang Usaha Sampingan Budidaya Jamur Tiram 



Jamur tiram atau yang memiliki nama ilmiah (Pleurotus ostreatus) merupakan sejenis jamur yang dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi tinggi diantaranya mengandung serat kalsium, B1, B12, Vitamin C dan zat besi. tak hanya itu, jamur tiram juga memiliki kandungan protein cukup tinggi yaitu 10,5-30,4%, dalam jamur tiram juga memiliki kandungan lain seperti fosfor, karbohidrat, thiamin, kalori dan lemak tak jenuh yang sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau mereka yang sedang menjalani program diet. 
Peluang Usaha Sampingan Budidaya Jamur Tiram



Selain kandungan gizi tinggi, jamur tiram juga memiliki rasa yang gurih dan lezat, tidak heran memang jika jamur tiram kemudian menjadi salah satu jenis makanan yang begitu diminati oleh banyak masyarakat. Selengkapnya tentang budidaya jamur tiram akan saya tulis dalam satu artikel lengkap tentang bisnis ini.


Peluang Usaha Sampingan Budidaya Jamur Merang


Seperti halnya jamur tiram, jamur merang juga merupakan jamur pangan yang aman dikonsumi. Secara umum jamur ini memiliki bentuk yang berbeda dengan jamur tiram. Untuk jamur merang, bentuk tubuhnya adalah berbentuk bulat menyerupai telur dan berwarna coklat dan abu - abu. Untuk melindung tubuh jamur, terdapat selubung sebagai pelindung luar. 


Peluang Usaha Sampingan Budidaya jamur hasil besar

Budiidaya jamur merang dilakukan di dalam bangunan yang disebut kumbung. Adapun media tanam adalah merang atau jerami yang telah dikomposkan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak media tanam yang bisa di jadikan sebagai media hidup jamur ini. Selengkapnya silahkan klik di sini.

Peluang Usaha Sampingan Budidaya Jamur Kuping



Jamur kuping memang belum setenah jamur merang atau jamur tiram. Bahkan masih ada masyarakat yang memiliki anggapan bahwa jamur kuping adalah jamur yang membahayakan bagi kesehatan. Jamur kuping sendiri merupakan jelly fungi atau jamur lunak yang memiliki tekstur yang lunak dan memiliki bentuk seperti kuping atau telinga. Warna jamur ini kebanyakan adalah coklat tua atau kemerah - merahan namun yang memiliki pangsa pasar terbesar adalah jamur kuping coklat. 


Peluang Usaha Sampingan Budidaya Jamur Kuping

Jamur kuping juga tak kalah bermanfaat, jamur kuping selain bermanfaat untuk kesehatan seperti mengobati penyakit panas,  ambeyen, dll, jamur kuping juga dijadikan sebagai makanan seperti nasi goreng jamur, bakmi jamur, taucho jamur dan sakuyiko dll. Selengkapnya akan dibahas pada artikel lengkap pada edisi selanjutnya.

Pangsa pasar jamur baik jamur tiram, jamur merang maupun jamur kuping masih cukup potensial. Contoh kasus adalah kota tasikmalaya, tasikmalaya membutuhkan jamur sekitar 1,6 ton namun baru dapat dipenuhi sekita 300 Kg. Bahkan untuk sekali panen dapat menghasilkan Rp. 241.000 seperti petani tasik malaya. ( sumber : tribunnews ). Dari jumlah kebutuhan pasar yang masih tinggi sementara persediaan masih terbatas maka peluang usaha budidaya jamur masih sangat potensial untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. 

Namun demikian, anda memerlukan ketekunan dalam menjalankan bisnis ini karena jamur biasanya juga sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Untuk itu terus update blog bisnis ini, akan saya update artikel lengkap tentang peluang usaha sampingan budidaya jamur sesuai jenis - jenis jamurnya.

Kiranya demikian dahulu yang bisa saya sampaikan mengenai budidaya jamur. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses.