Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Katering dan Cara Memaksimalkan Pendapatan

Ambar Gunawan

Peluang Usaha Katering ~ Saat ini, manusia tengah mengalami berbagai kemajuan peradaban. Hidup ingin serba instan, serba cepat meskipun seringkali harus merogoh kocek lebih dalam. Orang lebih memilih membayar lebih mahal asal beresan cepat beres daripada berlelah dan berletih untuk melakukan sesuatu. Contohnya adalah pada usaha laundry yang kini semakin menjamur, perkembangan jenis usaha ini tentu didukung oleh kebiasaan manusia yang semakin ingin serba instan sehingga tak heran untuk urusan mencuci pun inginnya instan, cepat, tidak letih dan terima beres meski tentu harus mengeluarkan kocek lebih besar.


Ilustrasi Gambar Usaha Makanan

Kasus yang sama pun terjadi pada usaha katering. Dulu, awal kemunculan bisnis ini tidak terlalu potensial, karena masyarakat lebih suka memasak sendiri khususnya pada acara acara hajatan seperti hajatan pernikahan dll. Namun kini, banyak sekali event – event baik skala kecil maupun skala besar menggunakan jasa katering. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan bisnis catering kedepannya. Dan ini sangat cocok untuk dikerjakan oleh ibu rumah tangga.

Usaha katering atau disebut juga usaha kuliner ini dapat anda sesuaikan modalnya sesuai dengan kemampuan anda. Anda tidak harus membeli alat alat masak yang baru karena saya yakin anda juga sudah memiliki alat memasak sendiri meskipun masih sangat sederhana yang ada di dapur anda. Anda pun bisa meminta uang DP atau uang muka setengah dari seluruh biaya catering sebagai tanda jadi sekaligus untuk membiayai keperluan anda terlebih dahulu.

Agar lebih berkembang, ada baiknya anda bekerja sama dengan pihak penyedia jasa sewa tarub atau perlengkapan hajatan. Karena biasanya merekalah yang memiliki informasi adanya event atau kegiatan. Jangan segan untuk memberikan komisi kepada mereka yang telah merekomendasikan katering anda kepada orang lain. Dengan begitu catering anda akan lebih mudah di promosikan.


Makanan Pertama adalah Penentu

Bisa iya, bisa tidak, makanan pertama yang anda buat dan anda sajikan nantinya bisa menjadi penentu bisnis anda, karena dari masakan pertama anda inilah anda bisa menarik minat masyarakat terhadap katering anda. Jika pada saat awal anda membuat masakan sudah lezat serta memberi kepuasan kepada para penikmat makanan anda, maka anda akan mendapat bonus promosi gratis hasil dari ketok tular.

Selain itu, agar anda tidak menanggung rugi apabila ada pembatalan pesanan, ada baiknya jika anda meminta DP atau uang muka atau uang tanda jadi yang bisa anda tentukan sendiri berapa prosentasenya dari seluruh biaya catering. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pemesan yang membatalkan pesanan secara sepihak sehingga anda tidak menanggung kerugian besar.


Peluang usaha katering ini terbilang masih sangat prospektif karena usaha ini belum tersebar merata di beberapa daerah khususnya pedesaan yang mulai berkembang. Usaha ini bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan yang untungnya sangat lumayan. Usaha kuliner bisa mengeruk keuntungan 50 % dari total modal yang anda keluarkan sehingga sangat menggiurkan.

JIka anda tertarik, mulailah menyusun menu makanan khas yang menjadi andalan anda. Inovasi menu masakan juga sangat penting agar variasi makanan yang anda tawarkan semakin beragam sehingga menarik minat para pemakai jasa anda.