Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Budidaya Anggrek Yang Menguntungkan

Peluang usaha Budidaya Anggrek ~ Merupakan sejenis bunga hias yang memiliki banyak penggemar. Bunga ini sudah dikenal kecantikannya selama berabad – abad yang lalu, seperti halnya bunga mawar, bunga anggrek juga mewujudkan rasa cinta dan keindahan sehingga pecinta bunga ini tidak pernah turun dari tahun ke tahun.

Bunga anggrek berasal dari jenis famili “Orchidaceae” yang berasal dari bahasa yunani yaitu “orchid” atau  orchis. Bunga ini memiliki banyak corak dan jenis, keindahan bunga ini tidak kalah dengan bunga lain. Tak heran jika bunga anggrek kemudian dijadikan sebagai salah satu komoditi tanaman hias nusantara yang banyak di ekspor ke luar negeri.


Gambar Contoh Peluang Usaha Anggrek Potong

Dirjen Hortikultura Indonesia tahun 2006-2007, permintaan bunga hias di pasar dunia cenderung meningkat setiap tahunnya. Ini tentu tidak lain karena kekayaan alam Indonesia yang berlimpah serta ditunjang oleh kesuburan tanah dan iklim tropis yang menaungi bangsa ini.  Salah satu jenis bunga anggrek yang sangat prospektif untuk dijadikan sebagai peluang usaha adalah jenis anggrek potong atau disebut juga sebagai dendrobium Sonia.

Anggrek potong bisa dikatakan sangat laris di pasaran, Permintaan jenis anggrek ini semakin tinggi dari tahun ke tahun. Selain itu, dari sisi pembudidayaannya tidak terlalu sulit serta dapat dilakukan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau kota kota padat lainya.

Ada beberapa jenis usaha budidaya anggrek potong yang menjadi andalan untuk diperjual belikan, diantaranya adalah Vanda Douglas ,Gym Story/kalajengking merah dan Giwi/kalajengking kuning, kedua jenis anggrek yang terakhir adalah jenis anggrek yang berasal dari family Arachnis sp. Anggrek yang berjenis Gym Story  biasanya dijual dengan kisaran nominal harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 200.000/ikat dengan isi sebanyak 80 tangkai atau dihitung Rp 1.000per tangkai, sementara anggrek Douglas bisa dijual dengan harga nominal kisaran Rp 50.000/ikat, dan anggrek Giwi Rp 25.000/ikat.
Harga ini bisa melonjak berlipat lipat hingga 4 kali lipat pada saat tertentu seperti pada perayaan imlek. Dari sekian Jenis anggrek potong, Jenis anggrek potong yang paling disukai adalah anggrek jenis Gym Story karena ciri fisiknya yang sangat menawan dengan mahkota bunga yang memiliki warna merah, cerah, mengkilap, berkilau sehingga sangat ndah dipandang mata.

Ketiga jenis anggrek ini dikenal memiliki beberapa keunggulan misalnya lebih tahan lama meski tidak ada air, dapat ditanam di daerah perkotaan dan tidak mudah layu.

Saat ini, penggiat bunga anggrek telah melakukan berbagai inovasi, jika anda ingin ikut membudidayakan anggrek ini, anda bisa menyiapkan lahan yang bisa anda sesuaikan sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda memiliki lahan 6000 m persegi, anda bisa menanam sekitar 300 ribu batang anggrek. Dalam pemasarannya, bunga anggrek dapat anda jual ke tengkulak atau bisa juga dipasarkan langsung ke konsumen.

Analisa Usaha Budidaya Anggrek Potong

Modal Awal:
Lahan seluas 3000m2                                          
Rp    1.000.000,.
Pembelian sabut kelapa                                     
 Rp    3.000.000,.
Pupuk kandang                                                    
 Rp    1.500.000,.
Pestisida 2 jenis (Dursban dan Akodan)           
Rp       30.000,.
Pembelian bambu                                                
Rp    500.000,.
Pembelian peralatan pertanian                           
Rp      300.000,.
Jumlah                                                                   
 Rp   6.330.000,.

Biaya Operasional dihitung per Bulan:
Pestisida                                         
Rp       30.000,.
Transportasi                                   
Rp      200.000,.
Jumlah                                             
Rp      230.000,.

Pendapatan/Bulan:
(23 ikat bunga x 4 (minggu) x Rp 60.000)                                 
Rp    5.520.000,.

Laba Bersih:
Rp 5.520.000 - Rp 2.040.000                                                  
Rp    3.480.000

Peluang usaha  budidaya Anggrek ini masih sangat potensial untuk dijalankan namun saya sarankan anda harus terlebih dahulu menyukai kegiatan berkebun karena budidaya tanaman hias biasanya dikerjakan dengan landasan hobi. Jika anda melakukannya dengan senang maka akan lebih mudah menjalankannya.