Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Budidaya Gurami Hasilkan Uang Melimpah

Rianda Nafisa

Peluang usaha ~ Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, baik tanah, hewan, tumbuhan serta pertambangan. Diantara kekayaan alam yang hingga kini dijadikan ladang bisnis dan tempat mencari penghasilan adalah sektor perikanan. Untuk itulah, disini saya akan membahas tentang salah satu bisnis perikanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia yaitu peluang bisnis budidaya ikan gurami.

Ikan gurami menjadi salah satu ikan air tawar yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia karena dagingnya yang terasa empuk. Ikan ini memiliki nama latin Osphronemus goramy  dan berasal dari perairan Sunda. Ikan ini begitu digemari oleh masyarakat di Asia Tenggara dan Asia Selatan dan biasanya disajikan dalam berbagai bentuk olahan masakan. Beberapa rumah makan dan restorant juga telah banyak menyajikan menu khusus hasil olahan ikan gurami. Karena kebutuhan ikan gurami yang tinggi inilah kemudian masyarakat kemudian berlomba - lomba untuk menjalankan peluang usaha budidaya ikan gurami.

Peluang Usaha Budidaya Gurami Hasilkan Uang Melimpah

Prospek Bisnis Budidaya Ikan Gurami

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, secara garis besar, budidaya ikan gurami merupakan salah satu peluang usaha yang sangat potensial untuk menghasilkan pundi - pundi uang. Hal ini dapat kita lihat dari angka kebutuhan nasional ikan gurami yang mencapai angka jutaan ton dan masih kekurangan. Dengan harga rata - rata Rp. 20.000/ kg, menjadikan ikan gurami sebagai salah satu emas hidup penghasil uang. Peluang usaha ini bisa di jadikan sebagai usaha pokok maupun usaha sampingan yang tentunya dapat menghasilkan puluhan juta perbulan.


Kisah Sukses Budidaya Ikan Gurami


Mang Ojang merupakan salah satu peternak ikan gurami yang telah lama menjalankan peluang usaha budidaya ikan gurami. Ia memiliki 15 kolam ikan gurami yang hingga kini masih beroperasi. Dengan mengawali bisnisnya menggunakan modal seadanya, kini bisnisnya telah berhasil dikembangkan menjadi salah satu peluang bisnis paling menggiurkan. Untuk sekali panen, satu kolam dapat menghasilkan keuntungan bersih Rp. 11 juta sehingga bisa di hitung keuntungan seluruhnya adalah 11 x 15 = 165 juta / 6 bulan atau kurang lebih sekitar Rp. 36 juta / bulan, Angka yang sangat menggiurkan bukan?

Namun, dalam menjalankan bisnis budidaya ikan gurami. Membutuhkan mental yang sangat kuat. Ini tentu disebabkan karena ikan merupakan benda hidup yang memiliki resiko kematian. Untuk itulah, dalam menjalankan bisnis ini anda harus siap dengan resiko kerugian dan tentunya harus siap pula dengan keuntungan yang besar.

Dalam budidaya ikan gurami, anda dapat memilih berbagai jenis usaha yang dapat anda pilih sesuai tahapan pertumbuhan ikan gurami diantaranya :
  • Telur Gurami
Jenis usaha ini bisa dapat dijalankan dengan moda yang sangat kecil. Anda hanya harus menyiapkan kolam ikan baik kolam ikan tanah maupun kolam permanen yang dalamnya mencapai 1 meter. Di dalam kolam tersebut dapat anda isi dengan 4 pasang induk siap telur yang harganya bervariasi mulai dari Rp. 50.000 - Rp. 70.000.

Penjualan nantinya akan dapat di lakukan dengan hitungan perbutir maupun persarang. Untuk harga persarang Rp. 90.000, untuk harga perbutir telur berkisar antara Rp. 20 - Rp. 40, dalam satu sarang telur biasanya berisi 3000 - 6000 telur. Untuk memaksimalkan hasil, anda bisa membuat satu kolam ikan untuk menghasilkan telur dengan komposisi jantan dan betina 1 : 4 atau satu jantan dengan 4 betina sehingga anda dapat memaksimalkan telur yang dihasilkan.


  • Pendederan
Setelah mendapatkan telur ikan, anda bisa menjalankan bisnis lain yang masih satu rumpun dengan bisnis ikan gurami yaitu pendederan. Tugas anda adalah menetaskan telur kemudian merawatnya hingga mencapai besar se biji oyong. Misalkan anda membeli telur dengan harga Rp. 20 / butir, maka harga pada saat besar mencapai satu biji oyong akan mencapai harga Rp. 110/ butir.

Di beberapa daerah di Banyumas, usaha ini sudah sangat populer dan dapat dijalankan sebagai usaha sampingan dengan modal kecil. Untuk satu kolam ikan terpal hanya menghabiskan modal sekitar Rp. 300.000 - Rp. 500.000,- dengan keuntungan dapat mencapai 100%./
  • Pembesaran
Pembesaran ikan gurami bisa dijalankan dalam berbagai ukuran. Ini memberi keuntungan tersendiri karena anda tidak perlu menjual hingga ikan siap dikonsumsi. Anda bisa menjalnya dalam ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran satu silet, satu kepalan tangan dan sebagainya.

Rahasia Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurami


1. Belajarlah dari peternak sukses
Bisnis perikanan merupakan bisnis yang berkaitan dengan nyawa, sehingga bisa terjadi kematian yang mendadak karena adanya perubahan iklim yang drastis atau wabah penyakit yang menyerang. Untuk itulah, anda perlu mempelajari berbagai teknik pemeliharaan dan juga tentang penanganan penyakit yang mungkin menyerang. Anda bisa belajar dari peternak yang telah sukses atau melakukan studi lapangan di dinas perikanan tempat anda tinggal.

2. Sisihkan untuk cadangan
Perlu anda ketahui bahwa peluag usaha budidaya ikan gurami bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar namun juga bisa menghilangkan modal anda dengan sangat besar. Untuk itulah, persiapkan diri anda dengan menyimpan sebagian keuntungan untuk cadangan serta milikilah mental baja. jangan karena rugi yang disebabkan banyaknya kematian membuat anda kemudian berhenti. Anda nantinya akan menemukan teknik yang tepat untuk budidaya ikan gurami sesuai dengan kondisi anda.

Apakah anda tertarik untuk menjalankan peluang usaha  ini? semoga anda menjadi pengusaha sukses selanjutnya. Terima kasih atas kunjungan anda dalam artikel Peluang Usaha Budidaya Gurami Hasilkan Uang Melimpah. Salam sukses.