Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

5 Tips Sukses Membuka Usaha Yang Cepat Menguntungkan

Ambar Gunawan

Jika anda berminat untuk menjadi usahawan maka tips sukses membuka usaha ini harus anda perhatikan, banyak orang usahawan pemula yang akhirnya gulung tikar. Hal ini dikarenakan pola fikir yang kurang matang, selain itu juga jenis produk dan harganya pun tidak difikirkan dengan hati – hati sehingga para konsumen pun berlari ke tempat lain.


Cara membuka usaha yang benar ini contohnya dengan menyesuaikan modal yang dimiliki, terkadang ada beberapa pemula yang ingin usahanya besar dengan hanya modal yang kecil saja. Hal ini mungkin saja terjadi, hanya saja jika tidak ditekuni dengan serius maka bisa saja membuat anda bangkrut bukan? Perhatikan contoh tips sukses membuka usaha ini.

Bagaimana Sih 5 Cara Membuka Usaha Yang Benar Itu?


1.    Pilih Jenis Barangnya
Salah satu tips sukses membuka usaha adalah dengan memikirkan barang atau jenis produk yang akan di jual, berapa banyak orang yang salah dalam memilih produknya? Nah jika anda tidak mau rugi, maka mulai sekarang mulai lah untuk menentukan keinginan yang dibutuhkan pasar, atau anda bisa mensurveinya terlebih dulu.

2.    Hitunglah Modal
Modal menjadi pengaruh utama saat membuka usaha baru, lihat lah jenis modal anda dan tentukan seberapa besar usaha yang akan dibuka, dan ingat! Sesuikan modal anda dengan usaha yang akan dibuat nantinya, jika modal yang dimiliki pas pasan maka bisa membuka jenis usaha yang menengah saja dulu. Tetapi jika anda ingin join bersama teman, maka anda bisa membagi 2 modal nya, sehingga usaha yang dibuka nantinya semakin besar.

3.    Tentukan Dimana Lokasi
Tips sukses membuka usaha yang ketiga adalah dengan menentukan letak toko atau usaha, pilihlah lahan kosong yang letaknya strategis dan bisa dijangkau oleh masyarakat. Dengan cara ini, maka siapa saja bisa berkunjung di toko anda, disamping itu anda pun dapat membuat spanduk sebagai pengenal toko anda dengan yang lain.

4.    Fikirkan Harga
Jika serius untuk membuka usaha, maka sebaiknya anda fikirkan lagi berapa harga yang akan di berikan pada konsumen, agar konsumen tidak lari ke toko lain maka anda bisa memberikan harga standar saja. Dengan kata lain, tidak mengambil keuntungan yang terlalu banyak dari satu buah produk yang di jual.

5.    Bersifat Ramah
Ramah adalah kunci dari keakraban anda dengan para konsumen, dengan bersifat ramah maka para konsumen pun tak segan untuk menceritakan pengalamannya berbelanja di toko anda. Nah jika terjadi komplain, maka sebaiknya anda cepat mengevaluasi kesalahan yang dilakukan.

Dengan memahami 5 tips sukses membuka usaha ini, maka saya berharap semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam membuka usaha baru.