Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

5 Tips Sukses Kuliah S2 Sambil Bekerja Sampingan

Ambar Gunawan

Melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi sudah pasti menjadi dambaan semua orang, tetapi sayangnya karena keterbatasan biaya dan yang lainnya akhirnya menjadikan kuliah s2 ini gagal. Tetapi sekarang anda tak usah khawatir karena ada tips sukses kuliah s2 yang sekaligus bisa sambil bekerja juga.


Tips sukses kuliah s2 ini akan saya jabarkan dibawah ini, dengan menggunakan beberapa trik saat melanjutkan s2 maka anda pun bisa lulus dengan cepat sekaligus sudah memiliki perkerjaan.

Bagaimana Sih 5 Cara Sukses Kuliah S2 Sambil Bekerja Itu?


1.    Atur Jam Kuliah
Salah satu tips sukses kuliah s2 yang pertama adalah dengan membagi waktu antara jam kuliah dan juga jam untuk anda bekerja, dengan cara ini maka waktu keduanya tidak akan saling bertabrakan sehingga bisa di atur. Anda bisa memilih kerja dimalam hari sedang kuliah pada saat siang hari atau dengan pilihan kedua yakni kuliah sabtu minggu dan selebihnya untuk bekerja.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan, lihat saja kakak kelas atau pun alumni anda yang kemarin, mereka masih bisa mengejar gelar s2 sembari bekerja. Oleh karena itu, fikirkan lah waktu nya dari sekarang.

2.    Bekerja Paruh Waktu
Jenis pekerjaan yang bisa anda kerjakan seperti menjadi freelance writer, contohnya seperti membuat artikel, mengerjakan tugas milik orang lain atau pun bisa dengan membuka usaha online. Kerja sampingan ini tidak akan mengganggu kuliah anda, karena waktu kerjanya bisa disesuaikan.

3.    Segera Selesaikan Tugas Kuliah
Jika ada tugas kuliah dari pihak kampus, maka saya sarankan untuk segera menyelesaikannya. Karena jika anda selalu menunda waktu, maka sudah pasti tugas tersebut tidak akan pernah selesai. Semakin cepat itu lebih baik bukan?

4.    Jangan Bermalas Malasan
Jika anda bermalas malasan, maka sudah pasti seluruh pekerjaan tidak selesai bukan? Itulah sebabnya, anda harus membuang rasa malas jika ingin cepat selesai s2. Jika seudah mendapatkan gelar, maka beban anda pun akan berkurang.

5.    Target Kan Untuk Segera Lulus
Tips sukses s2 yang kelima adalah dengan menargetkan waktu untuk lulus, s2 biasanya hanya kurang lebih dua tahun saja, tetapi jika anda jarang masuk maka tak heran jika anda pun semakin lama berada di universitas. Rasa lelah mungkin selalu menghampiri anda, namun jika kita ingin sukses maka waktu harus bisa anda korbankan untuk menyelesaikan studi dengan cepat.

Itu saja 5 tips sukses kuliah s2 yang dapat saya jelaskan, semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu anda dalam menempuh study s2 dengan lancar dan tanpa ada hambatan sama sekali.