Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Strategi Menjalankan Bisnis Percetakan

Ambar Gunawan

Sedikit bertanya nih kepada para pembaca yang budiman, ketika kita ingin mencetak striker, brosur, kartu nama, dan bebeapa kebutuhan yang lainnya, kemanakah kita harus pergi, “Pasti Anda sudah tahu jika jawabannya harus ke tempat percetakan. Yups ! Melihat hal ini, kita bisa menjadikan peluang yang menguntungkan di masa depan atau-pun karir Anda, mungkin sih Anda memang sudah bekerja di tempat perusahaan yang besar, tetapi ini masih bisa jadi bisnis sampingan yang mewah lhu, bahkan prospeknya sangat bagus, sebab untuk bisnsi yang satu ini bisa di bilang tidak ada matinya, semua orang yang ingin segera menyelesaikan konspenya di media cetak, pasti mengarahnya ke percetakan.

Strategi Bisnis Percetakan

Maka dari itu kita sedikit bicara tentang cara menjalankan bisnis percetakan ini. Peluang ini bisa mudah di sebarkan ke beberapa tempat sekolah, kampus atau-pun perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa kita, selain itu kita juga bisa memanfaatan media-media yang sangat ramai di kampanye politik, namun khusus untuk itu sih hanya beberapa tahun sekali, tetapi Anda tetap bisa berjalan lurus ke depan setelah itu. Langsung saja kita sedikit membahasa bagaimana langkah-langkah dalam menjalankan bisnis percetakan ini, berikut sedikit uraian detailnya untuk di fahami.

Pertama. Kita wajib menganalisa modal di awal bisnis.
1.    Di butuhkan monitor setidaknya 5 buah, atau laptop, berkisaran harganya mencapai 12.500.000.
2.    Di butuhkan pula yang namanya scanner. Harganya berkisaran 2.000.000.
3.    Printer 2 buah juga di butuhkan, dan harganya masing-masing 500.00 , dan mencapai 1.000.000.
4.    Fax-pun juga di butuhkan, dengan harga yang berkisaran sampai 800.000.
5.    Peralatan kantor yang lain-lain di total sesuai kebutuhan saja, bias jadi di tambahkan dengan biaya 500.000.
6.    Total secara keseluruhannya mencapai 16.800.000.
7.    Untuk menghitung laba dan ruginya bisa di atur ketika Anda sudah mulai menjalankannya.

Kedua. Kita coba bahas langkah awal dalam memulai bisnis ini.
1.    Anda harus menyiapkan SDM yang cukup memadai.
2.    Skill yang berkualitas juga sangat di butuhkan dalam mengembangkan bisnis ini ke depannya.
3.    Kalau untuk peralatan, kita sudah bahas di awal yah, kurang lebih seperti itulah memanagenya, dan usahakan membeli peralatan yang di butuhkan saja, dan jangan terlalu memasukkan peralatan yang tidak sesuai lalu di cantumkan di note.

Ketiga. Langsung berfikir bagaimana membangun strategi jitunya.
1.    Untuk sarana promosi sih, kita bisa melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan atau-pun sekolah-sekolah dan kampus, tujuannya agar lebih di kenal.
2.    Moment-moment tertentu juga bisa Anda manfaatkan, misalnya saja ada beberapa media penerbit yang memang telah memakai jasa Anda, tawarkan kerjasama kedepannya lagi, inilah cara mencuri kesempatan yang bijak. Sama –sama menghargai dan santun.
3.    Jika memang usaha yang Anda mulai ini di rintis dari yang kecil, maka jangan memaksakan untuk langsung bisa besar, cukupkan pula dengan biaya Anda, bisa di mulai dari poster misalnya, atau-pun kelender.
4.    Promosikan pula lewat instansi, dan pemerintahan swasta/negeri.

Keempat. Dalam setiap bisnis atau usaha apapun itu, pasti ada saja yang namanya hambatan. Beberapa hambatan di bawah ini yang mungkin bisa jadi pelajaran untuk peningkatan bisnis Anda ke depannya.
1.    Membangun usaha percetakan tentu bergantung kepada harga kertasnya, dan naiknya harga kertas jenis apapun pasti menentukan produksi percetakan Anda sewaktu-waktu.
2.    Membangun usaha ini juga bisa di pengaruhi dari yang namanya banyaknya konsumen yang memesan, untuk itu harus sama perlakuannya, tidak boleh pilih-pilih.
3.    Sebaiknya usahakan untuk mencari teman-teman yang kompeten di bidang ini, sebab hal ini juga sangat mempengaruhi sekali, karena SDM yang kurang berkualitas akan mempengaruhi pula usaha yang Anda jalankan. Maka dari itu jika membutuhkan karyawan, usahakan untuk melihat kualitas mereka pula.

Itu tadi sedikit Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Percetakan, memang tidak terlalu banyak ulasannya, yang penting bisa di pelajari, dan sedikit wawasan yang ada bisa bermanfaat sekali untuk Anda yang memang tertarik ingin menjalankannya. Selamat mencoba, semoga sukses.