Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Produk Waralaba Modal Kecil di Indonesia

Ambar Gunawan

Wirausahawan menjadi jawaban dari makin sempitnya lapangan pekerjaan. Berbagai jenis usaha dapat kita coba, salah satunya usaha waralaba. Ketika mendengar kata waralaba atau franchise yang terlintas di pikiran kita mungkin besarnya modal yang diperlukan. Padahal  banyak sekali usaha waralaba modal kecil yang bisa kita pilih.

Secara sederhana, waralaba adalah jenis usaha dimana seseorang bisa mendapatkan hak untuk menjual produk yang sudah terbukti hasilnya dan juga sudah terkenal di masyarakat. Dengan konsep waralaba, kita bisa langsung mendapatkan hasil yang cukup memuaskan karena produk yang dijual sudah terbukti laku dan terkenal di masyarakat.

Waralaba modal kecil untung besar
Oleh sebab itu, maka tak heran jika banyak orang tergiur untuk memilih konsep waralaba sebagai usahanya. Di Indonesia sendiri, banyak sekali produk waralaba yang bisa kita pilih. Tak perlu takut dengan masalah biaya, karena sudah banyak produk waralaba yang tidak membutuhkan modal yang besar alias terjangkau.

Dengan banyaknya produk waralaba dengan harga terjangkau sekarang ini, membuat kita akan lebih mudah dalam memilih. Berikut ini beberapa produk waralaba dengan modal terjangkau yang bisa kita pilih untuk mulai usaha.

1. Makanan
Jenis usaha kuliner memang sangat menjanjikan. Produk waralaba kuliner, seperti jajanan atau makanan berat selalu menjadi favorit masyarakat. Jika ingin usaha waralaba dengan modal kecil, jangan muluk-muluk dalam memilih usaha kuliner, seperti usaha makanan cepat saji asal Amerika. Kita bisa memulai dengan kuliner atau jajanan waralaba kecil-kecilan namun profitnya cukup menguntungkan. Tempatnya pun cukup praktis, kita bisa berjualan menggunakan gerobak yang biasanya sudah disediakan satu paket oleh pemilik usaha waralaba. Beberapa contoh usaha makanan dan jajanan waralaba modal kecil di Indonesia seperti, Kebab Baba Rafi, Crepes, MartaBucks, Bakmi Gila, BurgerKu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Minuman
Masih berkaitan dengan kuliner, namun kini minuman. Selain makanan dan jajanan, banyak produk waralaba minuman yang bisa kita pilih sebagai usaha kita. Produk waralaba minuman kerap dipilih karena modal awal yang sangat terjangkau. Dengan biaya kurang dari 10 jura Rupiah, kita sudah bisa berjualan. Beberapa produk waralaba minuman yang bisa dijadikan opsi diantara lain; Cendol Gading, Coffe Toffe, Cappuncino Cincau (CapCin), Co Co Ice Blend, Monster ice Blend, dan masih banyak lagi.

3. Non Kuliner
Selain produk waralaba bidang kuliner (makanan dan minuman), ada pula produk waralaba lain yang bisa kita pilih. Jika enggan atau kurang cocok dengan waralaba kuliner, waralaba di bidang jasa mungkin bisa kita coba. Seperti di bidang pendidikan, ada lembaga bimbingan belajar yang bisa diajaka kerja sama di bidang waralaba, contohnya SSC atau Ganesha operation. Ada pula waralaba di bidang laundry atau pencucian pakaian, seperti Melia Laundry. Beberapa produk waralaba non kuliner yang bisa dicoba antara lain; DAG Photo Box untuk bidang bisnis photobox. Lalu ada bidang kurir dan pengiriman seperti Tiki atau MKExpress. Dan masih banyak lagi produk waralaba modal kecil non kuliner lain yang bisa kita coba.

Itu tadi beberapa produk waralaba modal kecil yang bisa kita coba. Dengan modal yang tak terlalu besar, kita sudah bisa berwirausaha dan juga membangun kerajaan bisnis kita sendiri.