Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Panduan Membuat Proposal Usaha Keripik Pisang

Ambar Gunawan

Keripik pisang merupakan makanan ringan yang cukup digemari masyarakat. Usaha keripik pisang bisa dibilang cukup berkembang, oleh karena itu tak ada salahnya untuk terjun di bidang usaha yang satu ini. Jika kesulitan modal, kita bisa mengajukan proposal usaha kepada para investor. Disini akan dijelaskan contoh proposal usaha keripik pisang yang bisa dijadikan acuan.

Usaha makanan ringan memang cukup menjanjikan, tak heran banyak wirausahawan baru yang memilih bidang usaha ini. Keripik pisang di beberapa daerah menjadi jajanan favorit yang cukup laku di kalangan masyarakat. Usaha keripik pisang menjadi salah satu alternative pilihan usaha makanan ringan yang bisa kita coba.

Proposal usaha keripik pisang

Hal yang sering menghadang ketika akan memulai usaha adalah keterbatasan modal. Tapi tak perlu takut, hal tersebut bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman modal kepada investor. Bagaimana caranya? Dengan mengajukan proposal usaha kepada calon investor.

Berikut ini beberapa poi penting dalam proposal usaha keripik pisang yang wajib dicantumkan dalam proposal usaha yang Anda ajukan.

1. Pendahuluan
Bagian pertama dalam proposal yang harus ada adalah pendahuluan. Pendahuluan disini biasanya berisi latar belakang, tujuan dan manfaat. Pada bagian latar belakang, kita bisa menuliskan asal-usul keripik pisang, bagimanana jajanan ini bisa terkenal, hingga prospek ke depan. Sambung dengan alasan Anda memilih usaha keripik pisang sebagai usaha Anda. Gunakan kalimat yang baik dan juga rapi, sehingga pembaca bisa dengan mudah mengerti. Pada bagian tujuan dan manfaat, kita bisa menuliskan tujuan kita membangun usaha keripik pisang tersebut. Lalu, di bagian manfaat, tuliskan manfaat yang akan Anda dapat, dan manfaat yang diperoleh investor.

2. Profil Produk
Di bagian bab kedua ini, kita fokus menuliskan profil atau deskripsi produk. Tuliskan deskripsi produk dengan jelas, mulai dari nama produk, alamat, bahan pembuatan keripik pisang, varian rasa, strategi pemasaran, hingga harga produk. Segala informasi mengenai detail produk harus ada di bab kedua ini. Fokus bab kedua ini adalah seluk beluk mengenai profil produk keripik pisang yang akan kita produksi dan jual di pasaran.

3. Rincian Dana
Disini kita menuliskan rincian dana yang dibutuhkan untuk usaha keripik pisang kita ini. Tuliskan berbagai macam keperluan dan kebutuhan yang menyangkut usaha keripik pisang tersebut. Contohnya, biaya bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran, hingga biaya lainnya. Jika perlu, sertakan juga kalkulasi pendapatan yang akan diperoleh dari usaha keripik pisang tersebut. Dengan begitu, investor bisa tertarik dengan proposal yang telah Anda ajukan. Bagian ini bisa dibilang bagian terpenting karena investor akan melihat potensi usaha Anda dari kalkulasi atau perhitungan yang telah Anda buat.

Itu tadi contoh proposal usaha keripik pisang yang dibagi ke dalam poin-poin penting. Contoh tersebut bisa menjadi acuan Anda dalam membuat proposal usaha keripik pisang. Berhasil tidaknya proposal usaha yang Anda buat, semua berada di tangan Anda.