Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Menganalisa Prospek Bisnis Foto Copy dan Atk

Ambar Gunawan

Prospek Bisnis foto copy merupakan bisnis yang potensial sekali untuk di coba, selain memang banyak di butuhkan oleh banyak perusahaan, ada pula yang tidak akan ada matinya untuk memakai jasa yang satu ini, salah satunya sekolahan. Anak sekolahan atau anak kampus sudah pasti membutuhkan yang namanya perangkat menulis dan jasa-jasa semacam foto copy seperti ini. Setiap harinya tidak ada yang tidak membutuhkan jasa foto copy, tentu ada saja dari sebagian orang. Apabila melihat hal semacam ini, tidakkah kita tertarik untuk mencoba membuka usahanya.

Prospek usaha fotocopy dan alat tulis

Nah? Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit Menyurvey Strategi Bisnis Foto Copy dan Atk, kira-kira seperti apa laju jalannya. Mari kita mulai dari awal perencanaannya. Berikut poin-poin yang harus kita fahami jika kita ingin sukses di bisnis ini.

Pertama. Kita harus mulai mengatur yang namanya keuangan, dalam hal bisnis, ini di sebut dengan analisa.
Total biaya peralatan yang di butuhkan, di antaranya :
1.    Di perlukan etalase yang harganya kira-kira 2.000.000
2.    Di perlukan pula mesin fotocopy, (untuk 3 buahnya 3.000.000, dan secara keselurhan biaya mesin mencapai 9.000.000.
3.    Di perlukan pula alat seperti pemotong kertasnya yang harganya 500.000.
4.    Jangan lupa untuk menyediakan alat untuk penjili atau pressnya, harganya di survey 2.000.000
5.    Biaya secara keseluruhan total mencapai 13. 500.000.
6.    Untuk menghitung laba ruginya, nanti akan bisa di temukan ketika Anda sudah memulai bisnis ini.

Kedua. Langkah di awal bisnisnya.
1.    Surveylah di tempat-tempat seperti sekolahan, ataupun kampus terdekat, segera lakukan analisis, kira-kira barang apa sajakah yang mereka butuhkan.
2.    Carilah tempat stok barang, dari mulai barang yang standart sampai yang berkualitas, hal ini juga berguna untuk menyesuikan kebutuhan konsumen.
3.    Jikalau bisa dan ingin secepatnya, siapkan pula sarana promosi untuk para konsumen.

Ketiga. Menyurvey strategi bisnis.
1.    Alangkah baiknya jika kita sedikit mau berfikir kreatif, misalnya saja memilih moment-moment khusus ketika ada penerimaan mahasiswa baru atau-pun murid baru. Disinilah para konsumen akan berbondong-bondong sendiri membeli perlengkapan yang di butuhkan, ketika seperti ini, usahakan untuk memenuhi stok barang Anda. Sebab dengan memanfaatkan moment seperti ini, tentu pembelian barang berbeda dengan hari-hari biasanya.
2.    Cara kreatif lain Anda bisa menjalin kerjasama dengan para panitia penerimaan murid baru, bertanya kepada pihak panitia, kira-kira apa saja barang-barang yang di butuhkan untuk ospek atau-pun barang yang di butuhkan pada saat pengenalan.
3.    Untuk promosi sih tidak perlu sulit-sulit, disini Anda bisa mencetak brosur mini, tidak perlu mewah-mewah, yang paling penting adalah pelayanan Anda terhadap konsumen.
4.    Cara kreatif lain dan modern adalah, memasarkan jasa kita ke media online seperti, facebook, twitter, instagram, dan lain-lain, tentu ini akan memudahkan mereka mengenal alat-alat tulis yang terbaik, asal disini Anda menunjukkan kualitas terbaik dari barang-barang yang akan Anda jual nantinya.
5.    Kita bisa juga menyuruh anak-anak kita atau anak dari tetangga, menyuruhnya untuk promosi dari mulut ke-mulut, dengan demikian konsumen yang rata-rata anak-anak akan terjaring dengan mudah, tanpa hambatan, mereka juga pasti lama-kelamaan terbiasa beli di tempat Anda, dan disitu secara otomatis akan ada pemasaran secara mengalir dari mulut ke-mulut.

Keempat. Dalam dunia bisnis, kita juga harus memikirkan yang namanya hambatan. Sebab ketika berjalan, pasti ada saja sesuatu yang akan di temui, baik masalah, ataupun hal lain yang bersangkutan dengan bisnis jasa ini.
1.    Krisis global akan menjadi masalah Anda, sebab harga barang dasar yang tinggi akan membuat alat-alat dan perlengkapan tulis juga ikut melambung, disinilah para konsumen akan lebih memilih-milih tempat yang murah dan standart jualannya ringan, disini Anda bisa mensiasatinya dengan bonus, misalnya saja ketika melakukan pembelian satu barang di kasih bonus gratis apa mungkin! Intinya yang tidak membuat konsumen pergi dari tempat Anda, meskipun orang suka barang yang bagus, tetapi mereka juga sangat menyukai yang namanya harga murah, tetapi kalau kita juga tidak memanage keuangannya, bisa-bisa rugi besar usaha Anda. Harus sedikit kreatif mengolah hambatan menjadi peluang.
2.    Pesaing yang mungkin lebih dulu membuka peluang usaha ini. Banyak pesaing yang mungkin sudah terlebih dulu mendirikan usaha ini, dan mereka tentu sudah banyak konsumen tetap, sedikit siasat yang positif sih, cukup tawarkan saja kerjasama apabila ia mau, misalnya saja kita bisa menaruh barang yang tidak ia punya, atau sebaliknya, barang yang tidak kita punya bisa di tukar di tempat jualan kita, buatlah seakrab mungkin jalinan seperti ini, agar bisa menciptakan bisnis yang positif, atau berbagi pengalaman, jika ia tidak mau, kita juga tidak harus memaksanya, trik lain kita bisa menjual barang-barang yang belum ada di pasaran, maka dari itu kita juga harus update di internet, apakah alat-alat tulis yang saat ini lagi trend atau seperti alat-alat dan barang-barang yang lebih mudah di jual.
3.    Kalau untuk jasa foto-copy sendiri sih, biarkan mengalir mengikuti kebutuhan konsumen saja.

Tidak terlalu banyak sekali penjelasan di atas tentang memulai bisnis jasa foto copy dan atk ini, hanya sedikit uraian yang detail agar lebih bisa memahami seperti apa mengembangkannya dengan cara yang positif. Sebab Menganalisa Strategi Bisnis Foto Copy dan Atk ini perlu juga dengan cara yang matang-matang.