Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Ini 7 Tips Guru Sukses Dan Disukai Semua Siswa

Ambar Gunawan

Tips guru sukses ini sangat bagus untuk dibaca oleh para guru yang ada di indonesia, ya ! menjadi seorang guru adalah suatu pekerjaan yang sangat mulia. Mengapa demikian? Karena disini kita bisa mendidik, mengajar dan juga membimbing ratusan bahkan ribuan anak murid yang ada disekolah. Namun untuk mengenal cara mendidik murid yang benar ini pastinya tidak mudah, karena seperti yang ada lihat di televisi bahwa masih ada guru yang bertindak kriminal pada anak didiknya sendiri.







Selain itu juga, ada pula guru yang sangat kasar dan juga mudah marah pada siswa sehingga tak ada satu orang pun yang berani padanya, baik itu bertanya maupun di luar kelas. Cara ini tentu saja salah, karena untuk menjadi seorang guru yang disenangi murid ini memiliki beberapa kriteria seperti tips guru sukses dibawah ini.

Ini Tips Sukses Menjadi Guru Dan Disenangi Anak Murid


1.    Bersifat Ramah
Salah satu tips guru sukses yang harus anda lakukan yakni dengan bersifat ramah terhadap semua guru dan juga anak murid. Dengan cara ini, anak murid pun akan menyukai anda karena sifat ramah yang sering mereka temukan. Oleh karena itu, cobalah untuk menerapkan sifat ini setiap hari saat disekolah.

2.    Tidak Mudah Marah
Seorang guru yang tidak mudah marah tentunya amat di sayangi oleh para siswa jika dibandingkan dengan guru yang sering marah dikelas.  Terkadang, ada juga guru yang karena hal sepele sudah cepat emosi, bahkan tak jarang ada yang sampai melempar kapur ataupun sepatunya. Hal seperti inilah, yang terkadang membuat siswa merasa takut, pada saat pelajarannya berlangsung.

3.    Jadikan Siswa Sebagai Teman
Tips guru sukses yang berikutnya adalah dengan menjadikan siswa sebagai teman, hal ini bukan berarti anda tidak dihargai atau tidak berwibawa tetapi hanya ingin membuat siswa semakin dekat dan mau menceritakan keluhannya selama anda mengajar.

4.    Menjawab Pertanyaan Siswa
Pada saat anda selesai menjelaskan materi, biasakan untuk bertanya pada siswa apakah mereka sudah jelas dengan materi yang disampaikan atau belum faham, jika mereka belum faham maka jelaskan lah sekali lagi.

5.    Menjelaskan Dengan Perlahan
pada saat menyampaikan materi, usahakan untuk menjelaskan dan memaparkan dengan perlahan dan jelas. Dengan begitu, para siswa pun bisa mencatat apa saja poin yang penting dalam pelajaran tersebut.

6.    Menegur Siswa Jika Salah
Apabila siswa terlambat ataupun tidak memasukkan baju, anda sebagai guru wajib menegurnya dan tidak menyakitinya secara langsung atau dengan mencubit. Tetapi jika siswa sudah kelewatan, maka anda bisa menerapkan hukuman yang berlaku.

7.    Datang Tepat Waktu
Jika kita menjadi seorang guru, maka sudah pasti kita menjadi contoh untuk anak didik. Oleh karena itu, jangan sampai datang terlambat, terutama jika ada mata pelajaran di jam 8.

7 tips guru sukses ini semoga bisa membantu anda dalam meningkatkan kinerja dalam mengajar anak didik disekolah.