Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Contoh Membuat Proposal Usaha Cuci Mobil

Ambar Gunawan

Beragam jenis pilihan usaha hadir di tengah masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah usaha cuci mobil. Usaha ini cukup prosepektif, karena kehadirannya cukup dibutuhkan. Jika ingin memulai usaha pencucian mobil, Anda bisa mulai membuat proposal usaha untuk mendapatkan bantuan modal dari investor. Disini akan disertakan contoh proposal usaha cuci mobil.

Mengajukan proposal usaha kepada investor atau pemberi pinjaman modal menjadi salah satu jawaban dari sulitnya mendapatkan modal usaha. Dengan proposal usaha yang baik, investor akan tertarik dengan usaha yang akan atau sudah kita rintis.

Contoh proposal usaha cuci mobil

Usaha pencucian mobil menjadi alternatif pilihan usaha. Kebutuhan jasa ini memang diperlukan oleh para pemilik kendaraan yang tak mempunyai cukup waktu untuk mencuci kendaraannya sendiri. Oleh karena itu, prospek usaha ini cukup bagus ke depannya.

Berikut ini beberapa tips dan contoh pembuatan proposal usaha cuci mobil yang bisa diterapkan pada proposal Anda.

1. Bab I
Bab pertama akan berisi penjelasan mengenai usaha cuci mobil secara garis besar. Tulis semua hal mengenai usaha pencucian mobil pada bagian latar belakang. Jelaskan bagaimana perkembangan usaha cuci mobil di Indonesia hingga prospek usaha ini ke depannya. Tambahkan pula alasan utama Anda memilih usaha cuci mobil sebagai bidang usaha Anda. Setelah itu buatlah bagian tujuan dan manfaat. Bagian tujuan berisikan tujuan utama Anda dalam merintis usaha pencucian mobil tersebut. Sedangkan manfaat berisikan hal apa saja yang akan Anda dan investor dapatkan pada usaha pencucian mobil yang akan atau sudah Anda rintis tersebut.

2. Bab II
Bab kedua kita bisa mulai masuk dengan penjelasan mengenai detail atau profil usaha cuci mobil yang akan kita rintis. Tuliskan profil lengkap dari usaha pencucian mobil, mulai dari nama, alamat, luas tempat, jumlah karyawan, fasilitas, produk jasa, strategi pemasaran, hingga biaya pencucian. Tuliskan secara lengkap dan detail dari profil dari usaha cuci mobil Anda tersebut. Buatlah penjelasan dari profil usaha menjadi poin per poin, dengan begitu, investor bisa dengan mudah mengerti isi dari bab kedua proposal usaha yang telah Anda ajukan.

3. Bab III
Di bab ketiga ini kita bisa menuliskan rinician dana dan pembiayaan yang diperlukan untuk mendukung usaha pencucian mobil Anda. Tuliskan berbagai macam kebutuhan yang mungkin Anda perlukan, seperti biaya peralatan, biaya perawatan, biaya pembangunan fasilitas, biaya gaji karyawan, hingga biaya promosi usaha. Di bab ini Anda bisa menuliskan juga proyeksi pendapatan yang akan diperoleh dari usaha pencucian mobil tersebut. Dengan menuliskan proyeksi pendapatan, proposal usaha Anda akan mendapatkan nilai plus.

Demikian tadi contoh proposal usaha cuci mobil yang dibagi ke dalam beberapa poin yang bisa dijadikan acuan untuk kemudian diterapkan pada proposal usaha cuci mobil Anda. Buatlah proposal usaha sebaik mungkin, karena bukan tidak mungkin kesuksesan usaha Anda bergantung pada proposal usaha yang akan Anda ajukan kepada calon investor.