Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

7 Persiapan Wawancara Yang Harus Diperhatikan

Ambar Gunawan

Wawancara merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan untuk mengetahui identitas si pelamar, jenis wawancara ini biasanya ada berbagai macam tergantung permintaan dari perusahaan yang dilamar. Untuk melakukan wawancara ini, maka anda pun sudah pasti harus menyiapkan fisik dan juga mental sehingga bisa menjawab pertanyaan dengan baik saat wawancara berlangsung. Berikut ini tips persiapan yang bisa anda lakukan saat wawancara.


Ini Dia 7 Persiapan Yang Tepat Sebelum Dan  Saat Wawancara


1.    Jagalah Kondisi Badan
Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah dnegan menjaga kondisi badan anda, jika kondisi badan tidak dijaga dengan baik maka bisa saja saat wawancara nanti anda jatuh sakit atau pun merasa pusing, oleh karena itu sebaiknya perhatikan kondisi tubuh anda.

2.    Jangan Tegang Berlebihan
Tegang hanya akan membuat anda tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik, tegang memang hal yang diwajarkan tetapi bukan berarti bisa menghancurkan wawancara anda, oleh karena itu belajar lah untuk menarik nafas selama beberapa detik, sebelum dilakukan wawancara.

3.    Gunakan Bahasa Resmi
Bahasa yang harus anda gunakan nanti adalah bahasa indonesia, jangan pernah menggunakan bahasa daerah sekalipun di penanya ini berasal dari kota yang sama dengan anda. Dengan menggunakan bahasa resmi, maka wibawa anda pun akan terlihat dari perkataan, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk diterima bekerja.

4.    Jawab Dengan Sopan
Jawablah pertanyaan dengan sopan, jangan bermain atau pun melakukan hal hal yang aneh pada saat wawancara. Serius dan jawablah pertanyaan yang diajukan, jika anda jelas dan lugas menjawab pertanyaan maka si penanya pun akan menilai anda cukup baik. Jenis pertanyaan yang sering dilontarkan seperti nama lengkap, pengalaman kerja dan juga alasan bekerja di perusahaan tersebut.

5.    Datanglah Lebih Awal
Jika sudah tau ada sesi wawancara, maka datanglah lebih awal ditempat, contohnya wawancara dilakukan pada pukul 8 pagi, maka anda bisa datang jam 7.30. Dengan cara ini, maka setidaknya anda sudah belajar disiplin dan datang on time, ini pun bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda diterima ditempat yang anda inginkan.

6.    Perhatikan Pakaian
Pakai lah pakaian yang sopan, gunakan baju dan celana atau rok yang sopan dan juga rapi, jika cara berpakaian anda seronok dan tidak sopan maka bisa saja anda tidak jad di interview. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang biasa dipakai oleh orang yang akan diwawancarai.

7.    Jangan Lupa Tersenyum
Tersenyumlah saat wawancara berlangsung, dengan tatapan menghadap kedepan. Jangan mengarahkan mata keatas atap atau pun yang lainnya, karena anda akan dinilai minus oleh si penanya.

Dengan mempelajari persiapan wawancara ini, maka saya berharap anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.