Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

5 Kunci Sukses Berdagang Yang Harus Anda Ketahui

Ambar Gunawan

Berdagang merupakan salah satu kegiatan yang disana terdapat jual beli antara pedagang dan juga konsumen, tips berdagang sukses ini pun harus anda pelajari agar sukses dan tidak merepotkan yang lainnya. kunci sukses berdagang ini sebenarnya ada pada diri kita sendiri, hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya. Tidak semua pedagang bisa sukses, ada juga pedagang yang guung tikar karena suatu hal seperti kurangnya modal, barang yang tidak laku dan yang lainnya.

Cara Sukses berdagang

Agar anda tidak mengalami hal seperti diatas, maka berikut ini saya akan menjelaskan dengan singkat mengenai apa saja kunci sukses berdagang yang harus dilakukan, dengan cara – cara berikut ini maka usaha anda pun semakin maju dan juga menguntungkan.

Bagaimana Sih 5 Tips Sukses Saat Berdagang Itu?


1.    Jadilah Pedagang Yang Jujur
Salah satu kunci sukses berdagang yang pertama adalah dengan menjadi pedagang yang jujur, jujur adalah kunci sukses seorang pedagang yang harus ia pegang dengan teguh. Dengan jujur, maka para konsumen pun akan percaya terhadap perkataan anda, selain itu juga jika anda jujur maka tidak akan ada beban yang menghampiri fikiran anda. oleh karena itu, terapkan prinsip ini sedini mungkin, terutama saat berdagang.

2.    Jangan Mengurangi Timbangan
Mengurangi timbangan merupakan salah satu hal yang dilarang, dan hasilnya pun tidak akan baik karena selain mendapat dosa, biasanya dagangan pun tidak akan berkah. Oleh karena itulah, jika anda berdagang maka jangan sekali kali untuk mengurangi timbangan, karena walaupun tidak diketahui konsumen, Yang Maha Kuasa bisa melihatnya langsung.

3.    Lebihkan Sedikit Dari Timbangan
Mengapa timbangan harus dilebihkan? Karena jika timbangan yang digunakan tidak tepat, maka anda pun tidak akan berhutang timbang dengan konsumen, itulah sebabnya mengapa di zaman Rasulullah SAW beliau selalu melebihkan sedikit timbangannya. Karena beliau selalu berkata bahwa ia tidak mau berhutang pada si konsumen, anda pun bisa mencontoh perilaku beliau yang mulia ini.

4.    Jangan Terlalu Besar Mengambil Untung
Mengambil untung yang terlalu besar pun tidak baik bagi anda, karena hal ini akan menyebabkan pelanggan anda pergi bahkan berpindah langganan di tempat lain. Sesuaikan lah harga dengan yang lainnya, dan walaupun ingin mengambil untung sebaiknya sewajarnya saja, terlebih lagi untung dari satu kilogram sayuran atau pun buah – buahan.

5.    Tidak Menjelekkan Pedagang Lain
Kunci sukses berdagang yang terakhir adalah dengan tidak menjelekkan nama pedagang yang lainnya, banyak sekali antar pedagang yang sengit karena adasatu pedagang yang ramai dikunjungi konsumen, sedangkan yang lainnya sepi pengunjung. Walaupun jualan anda laris, tetapi sebaiknya jangan menjelekkan nama pedagang lainnya, karena bisa membuat pertengkaran.

Dengan memahami ilmu dan kunci sukses berdagang ini, maka saya harapkan anda pun bisa berjualan dengan baik, sehingga banyak konsumen yang membeli di tempat anda.