Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Usaha Ternak Hamster Untuk Mahasiswa

Ambar Gunawan

Kenapa usaha ternak hamster? karena usaha ini tidak membutuhkan banyak lahan, itulah kenapa usaha ini sangat cocok untuk para mahasiswa.  Selain itu usaha ini juga tidak memerlukan banyak modal untuk memulainya, cukup hanya dengan modal sebesar 600 ribu usaha bisa langsung berjalan. Modal awal tersebut digunakan untuk membeli sepasang indukan, kandang, pakan dan perlengkapan pendukung lainnya, dan usaha ternak pun siap untuk dimulai.

Usaha ternak Hamster menguntungkan

Para mahasiswa yang tertarik untuk terjun ke bisnis ini, bisa memanfaatkan sedikit lahan di kos mereka untuk menempatkan kandang hamster atau bahkan di dalam kamar mereka, yang terpenting tetap menjaga kebersihan. Untuk perhitungan keuntungan sendiri, ternak hamster masih dapat dibilang sangat menguntungkan. Sepasang indukan yang sehat sangat mudah untuk dikawinkan tanpa harus menerapkan tips atau trik tertentu. Biasanya satu induk hamster sehat bisa melahirkan hingga 8 anak.

Silahkan hitung saja bila satu ekor anakan hamster tersebut bisa dijual sekitar 50 ribu rupiah, tentu keuntungan yang didapatkan cukup lumayan dan itu pun baru dari satu pasang indukan saja.
Satu tips agar usaha ini sukses, yaitu belilah indukan terbaik meskipun harganya cukup mahal. Namun dengan indukan yang baik anakan yang dihasilkan pun akan baik sehingga harga jualnya pasti lebih mahal. Untuk itu jangan pernah ragu untuk mengalokasikan modal yang cukup besar untuk membeli sepasang indukan.

Setelah semuanya siap, berikut tahapan-tahapan beternak hamster :


1. Masukkan sepasang indukan yang tadi sudah dibeli ke dalam satu kandang yang cukup luas. Lalu beri pakan kedua indukan tersebut dengan tauge pada pagi dan sore hari. Selain sebagai sumber makanan, tauge juga sebagai sumber air untuk minum si hamster tersebut.

2. Selama masa perkawinan jagalah kandang agar tetap bersih dan tenang. Bila alas sudah terlalu basah gantilah dengan alas yang baru agar tetap kering sehingga hamster tetap merasa nyama di dalam kandang. Lalu hindari terlalu sering memindah-mindahkan kandang hamster agar hamster merasa tenang dan tidak stres.

3. Bila indukan diketahui telah hamil, biasanya ditandai dengan membesarnya perut indukan betina, pisahkan indukan betina dan jantan. Berikan makanan yang cukup agar indukan hamster tidak kelaparan. Tunggu hingga melahirkan dan rawat anakannya hingga mencapai usia siap jual.
Tahapan-tahapan di atas merupakan tahapan yang paling sederhana dalam beternak hamster. Sehingga para mahasiswa diharuskan untuk menambah pengetahuan mereka dari berbagai sumber baik buku maupun internet. Yang terpenting setelah membaca artikel ini ketertarikan untuk usaha ternak hamster semakin meningkat.

Untuk pemasaran sendiri para mahasiswa bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang ada atau menitipkannya di toko-toko hewan peliharaan. Lakukan pembukuan keuangan agar usaha ini tidak merugi, catat baik-baik seluruh pengeluaran agar nantinya mudah untuk menentukan nilai jual anakan hamster.

Selamat mencoba usaha tenak hamster. Usaha ternak inilah yang paling cocok bagi mahasiswa, bila dibandingkan usaha-usaha ternak lainnya.