Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Dengan Modal Di Bawah 500 RIbu Untuk Para Mahasiswa

Peluang Usaha dengan modal di bawah 500 ribu untuk Para mahasiswa sebenarnya sangat banyak sekali. Hanya saja terkadang usaha tersebut dipandang kurang menguntungkan atau tidak bergengsi oleh mahasiswa itu sendiri. Padahal bila usaha tersebut ditekuni sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Biasa penyakit mahasiswa, modal sedikit namun cita-citanya langsung ingin memiliki usaha super besar dengan keuntungan jutaan, karena bila usahanya kecil ada rasa malu untuk menjalankannya.

Usaha dengan modal dibawah 500 ribu, kenapa tidak?

Kenapa 500 ribu? ya karena modal sebagian besar mahasiswa dikisaran angka 500 ribu rupiah bahkan lebih sedikit lagi. Sebenarnya nilai modal sebanyak itu sudah lebih dari cukup untuk mendirikan usaha kecil-kecilan, apalagi bila usaha tersebut dibangun oleh beberapa orang, setiap orang memberikan modal 500 ribu, bila ada 3 orang saja modal yang terkumpul sudah lumayan banyak untuk memulai usaha skala mahasiswa.

Ada satu hal di luar modal yang tidak banyak disadari oleh para mahasiswa, yaitu lokasi mereka yang strategis di tengah-tengah lingkungan mahasiswa yang tentunya sangat ramai. Sehingga dengan modal sedikit dan apa pun yang akan mereka jual tentu kemungkinan besar akan terjual, bahkan bisa menjadi sebuah trend di kalangan para mahasiswa. 

Berikut beberapa usaha dengan modal di bawah 500 ribu yang cocok untuk para mahasiswa :

1. Usaha makanan atau minuman.
Untuk memulai usaha tersebut, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar tinggal sesuaikan saja jenis makanan atau makanan yang ingin dijual dengan besarnya modal yang tersedia. Misalnya usaha donat, roti atau yang lainnya. Kemaslah makanan tersebut sesuai dengan target pasar yaitu mahasiswa dan jangan lupa untuk menyesuaikan harga jualnya. Bila terlalu mahal maka produk makanan tersebut tidak akan bisa diterima oleh pasar. Apakah mungkin memulainya dengan 500 ribu? Sangat mungkin, ada satu contoh di salah satu perguruan tinggi negeri, di mana ada beberapa mahasiswa yang menjual menu khusus sarapan siap antar melalui BBM. Sehingga para pembelinya cukup menghubungi mereka saat jam-jam sarapan melalui media komunikasi tersebut tanpa harus keluar kos dan menu sarapan sampai di tangan pembeli.  Meski dimulai secara kecil-kecil tetapi saat ini usaha tersebut sudah bisa menghasilkan keuntungan jutaan rupiah, tanpa perlu warung dan tanpa perlu modal yang besar cukup kreatifitas dan kerja keras.

2. Membuka les-lesan
Usaha ini hanya bermodalkan papan tulis, spidol dan meja-meja kecil namun keuntungannya tidak bisa dibilang kecil. Bahkan sudah banyak mahasiswa di perguruan tinggi negeri di Indonesia yang membuka usaha ini secara bersama-sama dengan memanfaatkan kamar kos mereka sebagai tempat les. Apakah mungkin memulainya dengan 500 ribu? Mungkin, beberapa mahasiswa bahkan memulai usaha les-lesan tanpa modal sama sekali karena mereka membukanya dengan sistem privat dan mendatangi siswa les mereka. Sehingga seluruh sarana dan pra sarana disediakan oleh siswa les mereka dan mereka hanya tinggal datang dan kemudian mengajar saja. Sedikit bocoran, untuk 90 menit les privat datang ke rumah, mahasiswa bisa mendapatkan bayaran minimal sekitar 50 ribu rupiah. Hitung saja bila mahasiswa tersebut mempunyai 5 orang siswa.

3. Jasa sebar brosur promosi
Mungkin banyak yang belum mengetahui usaha ini, namun sebenarnya usaha ini sudah banyak ditekuni di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Bagi para mahasiswa di luar kota tersebut mungkin bisa ikut membuka usaha ini karena peluangnya masih sangat besar. Jasa ini biasanya banyak dibutuhkan oleh tempat makan, tempat les atau distro. Tawarkan saja jasa anda ke tempat-tempat tersebut dan utarakan bahwa anda seorang mahasiswa sehingga target brosurnya pun akan banyak tersebar di kalangan mahasiswa.

Peluang Usaha dengan modal di bawah 500 ribu? Bukan hal yang tidak mungkin, bahkan bila ditekuni bisa menghasilkan keuntungan yang besar.