Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Panduan Membuat Proposal Usaha Laundry Kiloan

Ambar Gunawan

Salah satu jenis usaha yang sekarang sedang populer adalah laundry kiloan. Usaha ini bisa dibilang sangat prospektif karena banyak yang membutuhkan jasa cuci pakaian yang satu ini. Untuk membantu Anda, disini akan dijelaskan langkah-langkah atau cara membuat proposal usaha laundry kiloan.

Contoh Proposal usaha Laundry Kiloan

Membuat proposal usaha tujuannya tentu untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari para investor. Tidak wajib memang, tapi bagi Anda yang memiliki masalah keterbatasan modal, membuat proposal usaha merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Proposal tersebut bisa diajukan kepada Bank, instansi pemerintah, atau tempat pembiayaan lainnya.

Jika sudah mantap memilih usaha laundry kiloan, maka kita bisa mulai membuat proposal usaha yang nantinya akan diajukan kepada para investor. Berikut ini beberapa langkah dalam membuat proposal usaha laundry kiloan.

1. Bab I
Bab pertama dalam sebuah proposal usaha biasanya terdiri dari latar belakang, tujuan dan manfaat. Pada latar belakang, Anda bisa menjelaskan secara singkat mengenai usaha laundry kiloan, mulai dari sejarahnya, siapa yang mengawali hingga kepopuleran usaha yang satu ini. Kemudian sambung dengan sedikit profil usaha laundry kiloan yang akan Anda buat. Gunakan bahasa yang baik dan benar. Lalu pada bagian tujuan dan manfaat, kita bisa menuliskan tujuan utama dari usaha laundry kiloan yang ingin dibuat serta manfaat yang nantinya akan didapat oleh Anda dan juga investor.

2. Bab II
Bab dua berisi profil usaha secara keseluruhan. Mulai dari nama, alamat, deskripsi usaha, target pasar dan lain-lain. Misalnya seperti ini;

Nama Usaha        : Jack Clean (Laundry Kiloan)
Alamat                 : Ruko Jl. Pemuda No.34, Semarang
Deskripsi Usaha  : Jack Clean merupakan usaha yang bergerak dalam jasa pencucian pakaian. Jack Clean memakai konsep “Laundry Kiloan” dimana tarif dihitung dari berapa berat total pakaian yang akan dicuci. Usaha ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak 6 orang. Dengan rinician 2 orang sebagai admin, 4 orang bertugas pada mesin cuci. Dst. Dst.

Target Pasar        : Warga sekitar Jl. Pemuda
Strategi Promosi : Media Sosial dan Banner

3. Bab III
Bab tiga berisi rinician dana yang Anda butuhkan dari investor. Penulisan harus detail dan mencangkup semua kebutuhan yang Anda perlukan. Misalnya seperti ini;

Pembelian 4 Mesin Cuci    : RP,8.000.0000 (@Rp,2.000.000)
Pembelian 2 buah Setrika  : RP,500.000 (@Rp,500,000)
Pembelian Loker                : RP,2.000.000
Dst. Dst.

4. Bab IV
Bab keempat berisi penutup. Pada bagian ini Anda boleh merangkum semua isi dari awal hingga akhir dari proposal laundry kiloan yang dibuat. Jangan lupa jelaskan kembali maksud dari pembuatan proposal ini. Dengan begitu, pembaca bisa lebih mengerti apa yang menjadi tujuan Anda.

Demikian tadi beberapa panduan sederhana dalam membuat proposal usaha laundry kiloan. Proposal yang dibuat dengan baik tentu akan menelurkan hasil yang baik pula. Oleh sebab itu, buatlah proposal usaha sebaik dan semenarik mungkin.