Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Mendirikan Usaha Kuliner Bagi Mahasiswa

Ambar Gunawan

Mendirikan usaha kuliner tidak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk para mahasiswa yang ingin mendirikan usaha tersebut. Meskipun terlihat mudah dan mampu mendatangkan untung besar, namun ternyata usaha kuliner memiliki banyak kendala yang harus dihadapi oleh pemiliknya. Sehingga para pemilik usaha ini harus memiliki konsep usaha yang matang dan inovatif sebelum memutuskan terjun ke dalam bisnis ini.

Usaha Makanan Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Untuk para pemodal besar dan pebisnis yang sudah berpengalaman , mungkin kendala tersebut dapat di  atasi dengan mudah karena sumber daya mereka melimpah. Namun untuk para mahasiswa yang baru  pertama kali terjun ke bisnis ini akan sangat sulit mengatasinya, hal ini dikarenakan minimnya pengalaman dan pengetahuan akan usaha tersebut serta terbatasnya sumber daya seperti modal untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga di tengah jalan.

Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan gambaran yang luas tentang usaha ini, sehingga kendala-kendala yang muncul bisa di atasi walaupun sumber daya yang dimiliki sangat terbatas. Pada intinya, para mahasiswa jangan mudah terbawa trend, karena usaha kuliner sedang booming maka ikut-ikutan membuka usaha tersebut padahal tidak mengerti apa-apa.

Berikut tips mendirikan usaha kuliner bagi mahasiswa yang harus diperhatikan betul :

Hitung modal usaha secara cermat
Dalam usaha kuliner, menghitung modal menjadi bagian penting. Di sini bukan berarti semakin besar modal akan semakin bagus tetapi bagaimana modal itu dikelola dengan benar. Sesuaikan modal dengan jenis kuliner yang akan dijual, jangan sampai kuliner yang dijual terlalu mahal sehingga modal habis di tengah jalan. Ingat, pada bisnis kuliner anda harus bisa membeli bahan baku makanan untuk beberapa hari ke depan, sehingga anda tidak bisa mengandalkan hasil penjualan hari ini untuk membeli bahan untuk hari esok. Bila modal anda habis, maka hari berikutnya anda tidak akan bisa berjualan karena tidak adanya bahan baku.

Siapkan target penjualan
Target penjualan di sini bukan dimaksudkan untuk mengejar keuntungan yang akan didapatkan. Tetapi lebih ke bagaimana makanan tersebut habis dalam selang waktu tertentu. Misalnya, makanan yang dijual hanya bisa bertahan satu hari setelah itu akan basi. Maka buatlah target penjualan sehari anda mampu menjual berapa sehingga anda akan memproduksi makanan yang dijual sesuai target, misalnya target anda sehari bisa menjual 20 maka anda harus memproduksi makanan akan dijual dikisaran jumlah tersebut. Sehingga tidak ada makanan yang terbuang percuma karena basi. Kebanyakan pengusaha kuliner mengalami kebangkrutan karena banyak makanan yang dijualnya basi.

Kualitas makanan yang dijual
Sebanyak apa pun modal yang dikeluarkan, secanggih apa pun metode pemasarannya dan semurah apa pun harganya, bila makanan yang dijual tidak enak dan berkualitas maka jangan harap usaha kuliner bisa berkembang. Intin dari kesuksesan usaha kuliner adalah makanan itu sendiri. Luangkan waktu untuk melakukan research tentang makanan yang akan dijual dan lakukanlah percobaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjualnya, apakah makanan tersebut layak atau tidak.

Tentukan target pembeli
Bila anda seorang mahasiswa maka kemungkinan besar target pasar usaha kuliner anda adalah mahasiswa juga. Maka carilah makanan yang sekiranya cocok dengan para mahasiswa, baik dari segi rasa maupun harga. Biasanya para mahasiswa akan tertarik dengan makanan yang memiliki nama yang bombastis dan fantastis, cobalah untuk membuat makanan yang seperti itu dan imbangi juga dengan kualitas rasanya.
Semoga tips mendirikan usaha kuliner ini bermanfaat bagi anda. Hidup mahasiswa wirausahawan.