Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Mendapatkan Modal Usaha Untuk Mahasiswa

Mendapatkan modal usaha merupakan hal yang paling sulit bagi para mahasiswa yang ingin memulai beriwirausaha. Hal ini karena tidak adanya lembaga pinjaman yang mau memberikan kredit bagi mereka karena berbagai alasan, terutama karena umur yang belum mencukupi dan tidak adanya barang yang bisa dijaminkan. Sehingga biasanya para mahasiswa memulai usaha mereka dengan modal mepet hasil tabungan atau hasil meminjam dari orang tua.

Padahal modal merupakan bagian penting dari sebuah usaha, meski bukan yang utama. Dengan modal yang cukup, seseorang yang akan membuka usaha bisa bergerak bebas dalam merancang usaha yang akan dilakukannya tersebut. Bila diawali dengan modal terbatas, maka akan banyak hal yang dikurangi atau dihilangkan dari sebuah konsep usaha, hasilnya usaha baru tersebut sulit untuk berkembang atau malah bangkrut di tengah jalan. Diakui atau tidak modal tetap bagian penting dalam memulai usaha meskipun banyak orang yang tidak mengakuinya.

Mendapatkan Modal Untuk Mahasiswa

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu di mana mahasiswa sangat sulit untuk mendapatkan modal bahkan hampir tidak mungkin. Saat ini banyak kesempatan bagi para mahasiswa tersebut untuk mendapatkan pinjaman modal bahkan pemberian modal cuma-cuma tanpa adanya kewajiban untuk mengembalikannya. Nilainya pun tidak main-main, mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 10.000.000. Dengan nilai tersebut, sudah lebih dari cukup untuk memulai usaha skala mahasiswa.

Cara Mudah Mendapatkan Modal usaha Untuk Mahasiswa


Saat ini pemerintah pusat, daerah maupun pihak swasta banyak mengadakan ajang-ajang penjaringan wirausaha muda dengan usaha yang kreatif dan inovatif. Seperti Program Kreatifitas Mahasiswa, Fasilitasi Pemerintah Provinsi dan Lomba Konsep Usaha. Para mahasiswa yang ingin mengikuti ajang tersebut diharuskan menulis proposal lengkap seperti makalah dengan rincian usaha dan keunggulan usaha mereka dan berapa modal yang dibutuhkan. Setelah itu proposal akan diseleksi dan proposal yang lolos akan mendapatkan dana dari pemerintah atau pihak swasta sesuai dengan kebutuhan modal yang dicantumkan dalam proposal tersebut.

Mudah, tanpa resiko dan peluang lolosnya cukup besar. Mahasiswa hanya dituntut kreatifitasnya untuk mengembangkan usaha yang inovatif sekaligus menguntungkan. Selain itu, mahasiswa juga harus aktif mencari informasi mengenai ajang-ajang tersebut melalui internet atau pusat informasi kampus. Biasanya ajang-ajang tersebut diselenggarakan satu tahun sekali dan setiap tahunnya ada beberapa ajang yang bisa diikuti sekaligus oleh satu mahasiswa agar modal yang didapatkan semakin besar, misalnya saja mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa dan Fasilitasi Pemerintah Provinsi.

Ada sedikit tips agar lolos dalam ajang tersebut. Buatlah usaha yang benar-benar kreatif dan inovatif, namun apabila tidak buatlah judul usaha yang fantastis meskipun sebenarnya usaha yang akan dilakukan biasa-biasa saja. Para tim penilai biasanya akan terpengaruh dengan judul-judul tersebut karena mereka biasanya dosen dari latar belakang keahlian yang belum tentu sama dengan usaha yang diajukan. Sehingga mereka terkadang tidak mengerti benar dan hanya terpengaruh oleh judul yang fantastis tersebut. Kemudian buatlah anggaran sebesar mungkin namun tetap realistis karena belum tentu proposal disetujui akan mendapatkan modal sama seperti modal yang diajukan oleh mahasiswa.

Mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa sekarang memang relatif lebih mudah dari pada tahun-tahun sebelumnya, yang terpenting mahasiswa tersebut aktif dan mau mencari informasi-informasi tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses, satu hal lagi jangan jadikan ajang-ajang tersebut hanya sebagai ajang mencari uang bukan modal usaha, di mana setelah ajang tersebut selesai, usaha juga ikut berhenti.