Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Mau Peluang Usaha Rumahan Modal Cuma 5 Jutaan? Nih Caranya

Berbagai macam peluang usaha terbuka bagi siapa saja yang mau berusaha, walaupun hanya modal yang pas-pasan misal 2 juta sampai 5 jutaan bukan tidak mungkin akan bisa mendapatkan hasil yang besar bahkan sangat besar dan menguntungkan. Disini saya akan menyampaikan salah satu usaha yang mungkin cocok bagi anda yang sedang mencari sebuah terobosan baru atau ide usaha baru yang belum banyak dipraktekkan oleh orang lain.

Peluang usaha rumahan modal 5 Jutaan

Anda tahu internet? saya kira di jaman yang sudah modern sekarang ini sebagian besar masyarakat Indonesia sudah cukup akrab dengan teknologi ini, Nah dari sinilah pembahasan kita akan sedikit demi sedikit saya jabarkan apa dan bagaimana menjalankan sebuah usaha yang bisa anda kerjakan dirumah dan bisa hanya sebagai kerja sampingan anda. Pertama dengan modal 5 juta sebaiknya anda membeli sebuah perangkat komputer atau bisa juga laptop yang hanya dengan harga 3 juta saya kira sekarang sudah bisa mendapatkan spek yang lumayan bagus.


Jika sudah mempunyai komputer atau laptop tentu modal usaha anda akan semakin kecil, yah sekitar 2 jutaan saja cukuplah untuk menjalankan usaha ini. Usaha ini adalah bisnis online atau bisa juga disebut Internet Marketing istilah keren nya hehe.. Nah, kalau sudah anda bisa membuat sebuah website gratisan di alamat www.blogger.com. Yang anda harus lakukan adalah sebagi berikut:

1. Tentukan Niche Website
Dalam hal ini harus sangat diperhatikan, karena hal ini menyangkut minat anda dalam memberikan informasi kepada pengunjung website anda. Jika anda menyukai tentang ponsel misalnya maka buatlah blog yang bertemakan tentang spek dan harga ponsel, jika anda suka tentang burung berkicau maka anda bisa juga membuat blog tentang suara burung yang merdu itu. Nah, sudah tahukan apa minat anda? jika sudah maka tinggal pilih saja antara lain niche: desain rumah, teknologi/gadget, kesehatan, pendidikan, atau tentang fashion juga bisa.

2. Pembuatan Website
Jika sudah menentukan niche yang akan anda jadikan topik pembahasan, maka selanjutnya adalah membuat sebuah blog dari layanan gratis yang sudah disediakan oleh Google, Yaitu Blogger.com disitu anda tinggal mendaftar dengan email Gmail anda. Selanjutnya memilih template atau themes untuk layout website anda, dan jangan lupa untuk memberi judul blog yang sesuai dengan niche blog anda. Yang paling penting adalah pembuatan konten, karena haruslah unik dan berkualitas, tidak boleh mengkopy artikel dari website orang lain karena ini akan menyebabkan blog anda terkena penalty dari mesin pencarian Google.Dan jangan lupakan juga keyword postingan yang akan anda tembak, semisal daftar harga posel android Samsung. Carilah referensi untuk bahan postingan anda kemudian dirangkum menjadi konten yang bagus dan unik serta bermanfaat bagi pengunjung blog anda.

3. Jangan Terpaku Dengan Hasil
Jika dua tahap diatas sudah anda lakukan secara rutin selama paling tidak 3 bulan maka lambat laun blog anda akan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google, memang tidak langsung banyak tetapi bertahap sedikit demi sedikit. Kita harus sabar dan jangan terpaku atau terburu-buru segera mendapatkan hasil dari usaha anda karena semuanya butuh proses.

4. Daftarkan Blog ke Program Google Adsense
Jika blog anda sudah cukup ramai semisal sehari sudah bisa mendapatkan 1000 tayangan/pengunjung maka saatnya untuk mendaftarkan blog anda ke program Google Adsense, Disana anda tinggal mendaftar dan mengisi form pendaftaran dan setelah itu tim Google Adsense akan datang ke blog anda untuk mereviewnya. Setelah disetujui maka pasang kode iklan yang telah anda buat di dashboard ke blog anda. Dan seiring berjalannya waktu maka anda sudah bisa menghasilkan uang dari setiap klik iklan yang ada di blog anda. Memang sih hasilnya tergantung dari banyaknya pengunjung blog anda maka dari itulah rajin-rajinlah posting artikel yang sedang ngetren ataupun produk terbaru yang biasanya banyak di cari orang.

5. Optimasi Blog Agar Banyak Pengunjung
Ada dua tahapan yang harus anda perhatikan dalam mengoptimalkan penghasilan dari blog anda yaitu dengan SEO (Search Engine Optimization) yaitu pengunjung dari mesin pencari dan satu lagi adalah dari social media semisal share artikel ke Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi lainnya.
Untuk SEO maka ada dua hal yang terpenting yaitu SEO Offpage dan SEO Onpage, sudah tau belum apa artinya kedua SEO itu? Nah mari kita bahas satu persatu:

SEO Offpage adalah umpan balik dari blog/website lain menuju ke blog kita yang biasanya disebut Backlink, semakin anda mendapatkan banyak backlink maka akan semakin bagus blog anda di mesin pencarian, tetapi backlink yang anda dapatkan haruslah natural dan berasal dari website yang punya authority tinggi semisal website pemerintah dan juga website universitas. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan backlink semacam itu maka rajin-rajinlah memberikan komentar ke blog orang lain dan meninggalkan alamat blog anda di blog orang lain tersebut, lakukan secara bertahap dan terus menerus, tidak boleh sekaligus banyak.

SEO Onpage yaitu desain template dan juga struktur meta tag yang ada di blog anda atau bisa juga disebut settingan internal. Dalam hal ini setiap postingan anda harus memberikan judul dan deskripsi secara khusus karena deskripsi ini nantinya yang akan pengunjung baca di mesin pencari, buatlah semenarik mungkin tetapi tidak usah lebay atau berlebihan. Berikanlah artikel/postingan yang berkualitas dan unik agar pengunjung anda betah berlama-lama di blog anda.

6. Analisa penghasilan dan Modal
Jika semua langkah diatas sudah anda laksanakan maka Insya Allah lambat laun pengunjung anda akan semakin bertambah dan semakin ramai sehingga pundi-pundi Dollar anda semakin banyak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pilihlah niche yang bagus dan mempunyai nilai perklik/CPC yang tinggi semisal niche Gadget, Kesehatan, Desain rumah, Bisnis dan juga Fashion. Saya perkirakan dengan jumlah pengunjung 1500/hari sudah bisa mendapatkan penghasilan $2.5/hari, tinggal kalikan saja $2.5 x 30 = $75/bulan jika dikonversikan ke Rupiah sekitar Rp 12.500 tinggal hitung $75 x 12.500 = Rp 937.000/bulan. Jika pengunjung harian anda 5000 misalnya maka hasilnya bisa mencapai Rp 4.000.000, yap sekitar 4 juta rupiah ditangan anda setiap bulan dengan modal yang sama. Jadi kuncinya adalah semakin banyak pengunjung semakin banyak penghasilan anda.
 
Sedangkan biaya internet cukup 150.000/bulan atau bisa lebih murah lagi dari itu tergantung provider internet mana yang anda pakai. Jadi hitungan diatas hanyalah contoh saja, jika pengunjung blog anda bisa mencapai 10.000/hari maka anda bisa mendapatkan penhasilan puluhan juta setiap bulan nya.

Cukup sampai disini saja pembahasan tentang peluang usaha rumahan modal 5 jutaan tentunya semoga bisa menjadi bahan pemikiran dan juga masukan bagi anda yang sedang memilih jenis usaha apa kiranya yang akan anda jalankan. Dan semoga saja anda juga bisa mempraktekkan jenis usaha ini dan raih kesuksesan.