Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Memulai Bisnis dari NOL Rahasia Pengusaha Sukses

Ambar Gunawan

Untuk bisa sukses berbisnis mulai dari nol bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal dan waktu yang harus Anda korbankan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Akan tetapi hasil kerja keras Anda pasti akan berbuah manis saat Anda sudah sukses nanti. Lalu apa itu sukses? Dan bagaimana memulai bisnis dari nol sampai bisa menjadi sukses?


Sebenarnya sukses itu relatif dan berbeda artinya bagi setiap orang. Setiap orang berhak mengklaim dirinya sendiri telah mencapai kesuksesan meskipun berbeda dengan orang lain. Dan dalam menjalakan sebuah bisnis, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan.

Tips untuk Sukses Berbisnis Mulai dari Nol


Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis dari nol atau benar-benar dari bawah, Anda pasti akan menemukan banyak sekali penghalang yang terkadang bisa membuat Anda terjatuh dan memaksa Anda harus mengulang bisnis dari nol lagi. Akan tetapi hal seperti itu sudah sangat lazim terjadi dalam dunia bisnis. Dan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis, beberapa hal berikut ini mungkin bisa membantu Anda mengantarkan ke pintu gerbang kesuksesan bisnis Anda.

1. Terus Belajar
Saat Anda sudah merasa bisnis Anda berjalan lancar, jangan sampai Anda berhenti belajar di tengah jalan. Teruslah tambah pengetahuan Anda terutama pengetahuan untuk mengembangkan bisnis Anda kedepannya.

2. Belajar dengan Orang Sukses
Ada orang yang mengatakan, “Kalau mau jadi orang sukses, bergaullah dengan orang sukses.” Nah, hal ini memang sudah banyak terbukti. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencri teman dari kalangan orang-orang sukses, untuk menyerap ilmu bisnis darinya.

3. Berani Mencoba
Terkadang seseorang menjadi “batal sukses” karena ia biasanya tidak berani mencoba. Padahal di luar sana ada banyak hal baru yang mungkin jika dicoba akan mendatangkan kesuksesan. Jika sudah ada orang lain yang sukses karena “hal” tersebut, pasti orang tersebut hanya akan mengatakan, “Harusnya dulu saya coba aja, ya?” Semuanya sudah terlambat.

4. Jangan Sia-Siakan Peluang
Jika Anda melihat ada peluang yang sangat baik untuk bisa mengantarkan bisnis Anda ke level yang lebih tinggi, pertimbangkan, perhitungkan, dan jika meyakinkan jangan sampai menyiakan peluang tersebut. Peluang atau kesempatan tidak akan datang berkali-kali dalam waktu yang berdekatan.

5. Berdo'a
Mintalah kepada Tuhan agar dilancarkan usaha dan dijauhkan dari halangan dan rintangan. Kadang kita sebagai manusia seringkali melupakan aspek ini. Jadi selalu ingat untuk selalu berdo'a.

Baca juga artikel Usaha Modal Kecil

Maka dari itu pandai-pandailah untuk mempertimbangkan suatu hal dan mengambil keputusan.
Sudah lazim dibahas di manapun, akan tetapi masih banyak orang yang punya mental pantang menyerah. Namun tak bisa dipungkiri bahwa mental juara adalah mental-mental para pebisnis sukses.

Jadi jika Anda ingin sukses berbisnis mulai dari nol, jangan pernah mudah menyerah dan jangan berhenti sebelum Anda sukses. Ingatlah, bahwa akhir selalu bahagia, jadi kalau masih sulit dan susah berarti itu bukanlah akhir.