Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Bisnis: Jeli Melihat Peluang Bisnis Yang ada di Sekitar Kita

Ambar Gunawan

Untuk menjadi pebisnis yang sukses, kita harus bisa melihat peluang bisnis di sekitar kita yang kelihatannya cukup potensial. Anda harus jeli mencari celah di mana Anda bisa masuk dan menjalankan bisnis yang cukup menjanjikan. Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis yang seolah berkeliaran di sekeliling Anda, akan tetapi mungkin Anda kurang waspada untuk mengambil setiap kesempatan yang terkadang hanya datang sekali saja. Namun demikian ada beberapa hal yang haru Anda perhatikan supaya Anda bisa lebih peka dan lebih jeli memperhatikan peluang bisnis yang ada di sekitar Anda.


Tips Melihat Peluang bisnis di Sekitar Kita dengan Mudah


Ada orang yang mengistilahkan bahwa sebagai orang Indonesia, dengan mata tertutup satu pun pasti bisa menjalankan sebuah bisnis. Namun sebagai catatan, yang penting bisnisnya halal, ya. Hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia ternyata memang memiliki banyak sekali peluang usaha yang sangat bervariasi untuk dilakukan. Nah, supaya Anda bisa mendapatkan ide bisnis dari lingkungan sekitar Anda, cobalah untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1.    Ketahui Kemampuan Anda
Sebelum Anda melihat ke luar, pastikan Anda tahu apa kemampuan Anda dan apa saja yang bisa Anda lakukan. Dengan demikian pasti Anda akan lebih mudah mendapatkan ide bisnis. Misalnya Anda memiliki kemampuan membuat kue, maka ide yang mungkin tercetus oleh Anda adalah menjadi pembuat kue, membuat toko kue, dan sebagainya.

2.    Melihat Potensi di Lingkungan Sekitar
Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah bisnis yang Anda rencanakan tersebut akan cukup berpotensi di lingkungan sekitar Anda. Misalnya Anda memiliki ide untuk membuat pengisian air mineral galon. Di sekitar Anda juga ternyata masih tidak ada sama sekali bisnis serupa, degan demikian peluang Anda memulai bisnis tersebut sangatlah terbuka lebar.

3.    Membuat Inovasi Baru
Jika ide yang Anda cetuskan ternyata sudah dijalankan oleh orang lain dan bisnis tersebut sudah dijalankan di sekitar Anda, mungkin Anda perlu untuk membuat inovasi baru. Misalnya Anda ingin menjual kue, akan tetapi sudah ada banyak penjual kue di sekitar Anda. Maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari ide untuk membuat inovasi baru. Misalnya Anda bisa membuat kue rainbow atau yang tema-tema yang sedang populer supaya orang tertari dengan produk Anda. Dengan demikian ide bisnis Anda tetap bisa terealisasikan.

Nah, jadi kurang lebih seperti itulah bagaimana cara atau tips untuk melihat peluang bisnis di sekitar kita. Jadi bukan hanya modal berupa uang dan kemauan saja yang harus Anda miliki. Akan tetapi Anda harus punya strategi dan ide yang jitu supaya bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat berbisnis.