Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Prospek Cerah Usaha Ternak Ayam Serama

Bagi Anda yang menyukai jenis ayam serama, mungkin Anda juga harus mengetahui bahwa ternyata peluang usaha ternak ayam serama prospek kedepannya cukup cerah. Bagi Anda para penggemar ayam, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis ayam yang satu ini. Ayam serama sendiri sudah sangat populer di masyarakat.

Ayam serama/kate. Img source: www.istorya.net

Hewan unggas berbentuk mungil dan suka berlenggok layaknya model di atas catwalk ini adalah salahs atu jenis hewan peliharaan yang juga cocok untuk diternakkan. Bukan hanya karena karakter ayamnya yang menarik saja, tetapi ternyata prospek keuntungannya juga cukup menjanjikan. Bahkan beberapa pengusaha peternakan ayam serama ini mampu menghasilkan keuntungan sekitar Rp 15 juta – Rp 20 juta setiap bulannya. Luar biasa, bukan? Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagi Anda yang berminat untuk melakukan budidaya ayam serama ini.

Tips Memulai Peluang Usaha Ternak Ayam Serama untuk Pemula


Perlu Anda perhatikan bahwa mungkin postur tubuh ayam serama ini memang mirip dengan ayam kate. Akan tetapi, Anda tidak boleh salah sangka atau salah pilih karena kedua jenis ayam ini jelas berbeda. Jika dilihat dari penampilan dan juga bentuk tubuhnya, Anda akan melihat beberapa perbedaan jika ayam serama dijejerkan dengan ayam kate. Ayam serama ini akan mulai kawin jika ayamnya sudah berumur lebih dari 4 – 5 bulan. Meskipun pada usia tersebut ayam sudah masuk ke dalam kategori dewasa, namun ayam serama yang sudah siap kawin dan berkembangbiak adalah yang umurnya sudah lebih dari 5 bulan.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan prospek cerah ini, Anda memang akan menemukan beberapa tantangan karena pada umumnya beternak ayam serama memang sedikit lebih sulit ketimbang beternak jenis ayam lainnya. Salah satu kesulitan yang bahkan juga dialami oleh ayam serama itu sendiri adalah ukuran kakinya yang cukup pendek. Hal tersebut bisa mengakibatkan ayam jantan agak mengalami kesulitan saat mengawini betina. Maka dari itu saat ingin mengawinkan pejantan dengan betina, biasanya peternak harus membantu memegangi ayam betinanya. Ayam serama sendiri akan mulai belajar kawin sejak usia 3 bulan, dan pada usia dewasa antara 4-5 bulan, ayam pejantan bahkan biasanya akan mengawini ayam betina sebanyak 6-8 kali dalam sehari.

Melatih Ayam Serama Agar Bisa Berdiri Tegak

Karena kakinya yang pendek seringkali ayam ini kesulitan untuk berdiri tegak, nah ada tips nih biar ayam serama bisa berdiri tegak, simak uraiannya berikut ini:

Langkah pemijatan ayam serama. Img source: pesonaserama.blogspot.com

Dengan cara pemijatan - gbr.1 Tentu saja tujuanya untuk melemaskan otot-otot agar tidak kaku, pertama silahkan masukka ibu jari dan telunjuk disela-sela pangkal sayap, tarik ke dalam dan tahan.
gbr.2 Jari tengah menopang dada ayam bagian bawah kemudian angkat.
gbr.3 Langkah berikutnya pemijatan pada bagian leher bawah belakang. Proses pemijatan ini sebaiknya dilakukan dengan posisi kepala ayam menghadap kedepan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya terkilir. Nah lakukan pemijatan ini 15 - 20 menit setiap harinya.
Lakukan juga pemijatan pada bagian dada, tujuanya agar si ayam dadanya bisa membusung

Sangkar kawat. Img source: pesonaserama.blogspot.com

Sangkar Kawat - Dengan sangkar ini diharapkan ayam serama untuk selalu berdiri tegak dengan mengkondisikan pakan ayam dan minumanya setinggi ayam pada saat berdiri tegak. Lakukan hal ini dari pagi hingga sore.

Dengan Tehnik Unthulan - Merupakan tehnik lawas tapi lumayan efektif, caranya adalah dengan menaruh ayam serama pada sangkar kawat kemudian taruhlah ayam serama lainnya diluar sangkar atau bisa juga diatas sangkar agar bisa memancing nalurinya untuk selalu berusaha berdiri.

Selain itu yang perlu Anda perhatikan juga adalah faktor kesehatan ayamnya yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan ayam. Ada beberapa faktor yang biasanya akan memengaruhi kesehatan ayam, yaitu suhu lingkungan dan juga makanan. Maka dari itu usahakan kandang ayamnya tetap berada dalam suhu yang tidak terlalu dingin karena bisa menurunkan tingkat kesuburannya. Ayam serama ini juga membutuhkan vitamin E sebagai tambahan makanan utamanya yaitu jangkrik dan juga tauge.

Kemudian dalam penetasan telur ayam serama, ada juga dua hal yang mesti Anda perhatikan, yaitu suhu dan juga kelembaban lingkungan. Suhu ideal untuk penetasannya adalah antara 37,5-38 derajat Celsius. Jika suhu sudah ideal, perhatikan juga kelembaban lingkungannya. Jika ruangan menjadi kering, maka cangkang telur akan semakin mengeras dan akan semakin sulit menetas. Hal ini bisa mengakibatkan anak ayam yang ada di dalam telur akan mati.

Bagaimana? Menarik dan cukup mudah kan untuk memulai peluang usaha ternak ayam serama? So, semoga Anda bisa mengikuti beberapa saran sederhana yang tadi kami berikan. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.