Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Menjanjikan

Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Menjanjikan - Belakangan ini muncul jenis burung yang unik dengan warna bulunya yang sangat canti, burung ini disebut lovebird. Dari namanya saja sudah terdengar sangat lucu, apalagi melihat bentuknya. Dinamakan lovebird karena burung ini merupakan jenis burung monogamy atau sangat setia pada pasangannya. Makanan lovebird tidak terlalu sulit untuk didapatkan yaitu berupa serangga dan juga buah ara. Selain itu, usia lovebird mencapai 10 hingga 15 tahun.

Burung Lovebird Lutino Mata Merah. Img source: jualburunglovebird.com


Sekarang ini, hampir disetiap penjual burung terdapat jenis burung lovebird dengan berbagai warna yang menarik. Hal ini membuktikan jika potensi usaha ternak lovebird sangatlah bagus. Harga jualnya pun relatif stabil, sehingga sangat cocok untuk berbagai kalangan. Lovebird memiliki sifat yang cenderung agresif, terkadang sering menggigit. Maka dari itu, sebaiknya biasakan untuk memberi sentuhan yang lembut pada lovebird yang anda miliki supaya mereka terbiasa nantinya.

Lovebird tidak bisa dikawinkan dengan paksa, jadi nantinya anda siapkan kandang berukuran besar dan lepaskan semua lovebird di dalam kandang tersebut. Setelah itu, biarkan lovebird mencari pasangannya sendiri. Setelah anda menemukan lovebird yang terlihat berpasangan, segera pindahkan ke kandang yang berbeda untuk proses perkawinan.

Contoh Kandang Burung LoveBird. Img source: jualbeliburung.com

Buatlah kandang berukuran panjang 150 cm dan lebar 100 cm. Dan di dalam kandang dilengkapi dengan papan untuk bertelur. Ukuran papan panjang (20-25 cm) x lebar (20-25 cm) x tinggi (15-20 cm). Buatlah sarang dari jerami agar terasa hangat untuk bertelur. Selama proses perkawinan berlangsung, letakkan kandang ditempat yang tenang.

Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Mata Merah


Burung lovebird akan siap kawin pada saat berusia 8 bulan. Biasanya, telur burung lovebird tidak menetas secara bersamaan. Telur-telur tersebut akan menetas satu per satu, jeda waktu penetasan telur yaitu selang 2 hari. Telur lovebird akan menetas pada hari ke 21 terhitung sejak hari pertama telur dierami oleh induknya.

Ketika telur sudah menetas dan anakan sudah berusia lebih dari 2 minggu sebaiknya segera disapih atau pisahkan dengan indukannya. 1 bulan setelah menyapih anakan, maka sang indukan sudah bisa dikawinkan lagi.

Sedangkan untuk pakannya berupa jagung dan milet. Dana yang harus anda keluarkan untuk 10 pasang lovebird yaitu sekitar Rp 200.000 per bulan untuk pembelian jagung dan miletnya ini. Bayi lovebird yang tadi sudah disapih, sebaiknya ditempatkan di dalam kandang berukuran panjang dan lebar 30 cm dan tingginya 40 cm. Supaya suhu kandang tetap hangat maka pasanglah lampu.

Sedangkan makanan untuk bayi lovebird yaitu milet merah 2 kg, milet putih 2 kg, kenari seed 1kg dan kuaci 1 ons. Cara membuatnya, haluskan semua bahan tersebut dengan cara diblender sampai halus. Encerkan bahan makanan tersebut dengan air agar mudah dicerna oleh bayi lovebird. Berilah makanan ini dengan takaran setiap 2 jam sekali dengan menggunakan sendok kecil. Ketika peranakan lovebird sudah berumur 1 bulan maka penyuapan hanya dilakukan 1 kali dalam sehari.

Jemur setiap pagi kisaran jam 07.00- 09.00 dimana matahari pagi bisa memberikan vitamin D yang baik untuk kesehatan burung. Kendala yang sering ditemui ketika melakukan ternak lovebird ini yaitu serangan tikus, binatang kecil yang mengganggu, dan juga anakan yang sering mati ketika masih berusia kurang dari 1 bulan. Maka dari itu, asupan makanannya harus sangat diperhatikan agar lovebird bisa tumbuh dengan sehat.

Nah..ketika berumur 40 hari maka lovebird sudah siap dijual. Harga lovebird per-ekornya kurang lebih Rp 350.000, jika dalam sebulan anda mampu menjual 10 ekor lovebird berarti omset yang anda dapatkan Rp 350.000 x 10 = Rp 3.500.000.

Peluang usaha ternak lovebird lutino ini sangat menjanjikan, semakin banyak lovebird yang anda ternakkan maka akan semakin banyak lovebird yang bisa dijual dan semakin besar pula keuntungan yang anda dapatkan.