Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Menjajal Peruntungan dalam Peluang Usaha Budidaya Ayam Arab

Kali ini kami akan membagikan sedikit tips kepada Anda yang kiranya berminat untuk menjajal peruntungan peluang usaha budidaya ayam arab. Ayam arab? Ya, jenis ayam ini mungkin masih kurang familiar bagi Anda dan bahkan mungkin masih banyak orang yang belum tahu. Akan tetapi, hal tersebut justru bisa menjadi salah satu faktor pemicu mengapa Anda harus mencoba budidaya ayam arab ini. Ayam arab sendiri sangat sering dikait-kaitkan dengan ayam kampung. Di mana pertumbuhan ayam arab ini memang sedikit lambat, tubuhnya yang tidak terlalu besar, membutuhkan makanan dalam jumlah banyak, dan daging ayamnya berwarna hitam.

Budidaya ayam Arab Petelur. Img source: www.teropongbisnis.com

Nah, bagi Anda yang baru mengetahui ayam arab mungkin Anda akan langsung angkat tangan dan mundur dari dunia bisnis budidaya ayam arab ini, karena mungkin fakta-fakta yang tadi disebutkan cukup merugikan. Lalu sebenarnya apa saja keunggulan ayam arab?

Keunggulan Peluang Usaha Budidaya Ayam Arab yang Masih Jarang Diketahui


Citra ayam arab yang memang kurang baik di mata masyarakat memang membuat banyak peternak ayam arab mengeluh, bahkan bagi para pemula pun banyak yang memilih mundur. Akan tetapi di tengah ketatnya dunia bisnis di masyarakat, ternyata ayam arab ini memiliki peluang yang cukup baik ke depannya. Sesuai dengan namanya, ayam arab memang dianggap sebagai ayam yang berasal dari daerah arab. Meskipun sampai saat ini masih belum ada kepastian apakah ayam arab benar-benar berasal dari daerah timur tengah. Namun demikian, ada satu hal atau fakta yang menunjukkan bahwa jenis ayam yang satu ini memang memiliki kelebihan.

Beberapa sumber menyatakan bahwa jenis ayam ini bisa memproduksi telur dalam kapasitas yang ternyata lebih besar ketimbang ayam kampung biasa. Untuk satu ekor ayam saja, dalam setahun bisa memproduksi hingga 250 butir telur. Jika dilihat dari ukurannya dan warnanya, telur ayam arab memang sangat mirip dengan telur ayam kampung. Maka dari itu memang banyak yang sering terkecoh dalam membedakan telur ayam kampung dan ayam arab.

Masyarakat masih belum mengetahui secara luas tentang bagaimana prospek ke depan ayam arab ini. Dan seperti yang tadi sudah dibahas, salah satu keunggulan jenis ayam arab ini ternyata adalah produksi telurnya yang relatif lebih banyak ketimbang ayamkampung biasa. Informasi yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa harga telur jenis ayam ini di pasaran dihargai antara Rp 1.000,00 – Rp 1.500,00 per butirnya. Pemberian pakan untuk ayam ini pun sebenarnya tidak terlalu membutuhkan banyak pakan karena ukuran tubuh ayam arab relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam kampung.

Ada hal lain yang menjadi keunggulan dari usaha budidaya ayam arab ini, yaitu dalam proses pemeliharaannya yang ternyata relatif lebih mudah. Khusus untuk jenis ayam yang satu ini, biasanya jika ayam sudah mulai menginjak usia sekitar 4,5 bulan, ayam sudah mulai bisa memproduksi telur. Jika Anda penasaran dengan pakan ayam ini, sebenarnya pakannya pun cukup standar. Saat ayam masih dalam usia sekitar 1-2 bulan, Anda bisa menggunakan pakan starter BR1. Barulah setelah lebih dari 2 bulan Anda bia menyesuaikan pakannya seperti halnya dalam memberikan pakan pada ayam petelur ketika masa-masa bertelurya akan segera tiba.

So, kurang lebih seperti itulah bagaimana gambaran kemudahan dan keunggulan peluang usaha budidaya ayam arab, yang selama ini mungkin dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Sekian dan selamat mencoba.