Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Mengatasi Rasa Takut yang Sering Hinggap Saat Memulai Bisnis

Ambar Gunawan

Kini sudah saatnya kita melawan rasa takut dalam menjalankan bisnis, baik bisnis kecil ataupun bisnis besar. Pasalnya jika tidak ada keberanian di dalam diri kita, kita tidak akan pernah bisa menembus dunia persaingan bisnis yang semakin lama semakin ketat. Kalau tidak sekarang, kapan lagi Anda akan mencoba? Waktu akan terus berjalan dan tentu saja tidak mungkin Anda buang waktu Anda dengan rasa takut dan minder Anda untuk menjalankan bisnis. So, perasaa seperti itu memang wajar terjadi di masyarakat. Dan pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Takut terjun ke dalam sebuah bisnis? Say No..

Mari Melawan Rasa Takut dalam Menjalankan Bisis yang Sebenarnya


Banyak sekali orang yang hanya hebat membuat rancangan atau rencana bisnis saja. Akan tetapi selanjutnya orang tersebut justru minder dan takut untuk menjalankannya. Lalu apa gunanya otak yang cerdas kalau tidak diimbangi dengan mental juara? Nah, hal itulah yang harus kita miliki bersama supaya kita bisa berlari sampai ke gerbang kesuksesan kita. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan supaya tidak takut lagi berbisnis.

1.    Rencana yang Matang
Segela sesuatu yang sudah direncanakan secara matang pasti akan membuat Anda lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Mari kita ambil contoh yang sederhana saja. Misalnya Anda akan menghadapi Ujian Akhir Sekolah, Anda sudah merasa belajar dengan tekun dan bisa mengerjakan semua soal-soalnya. Dengan demikian pasti rasa percaya diri dan berani sudah tertanam di dalam diri Anda.
2.    Ajak Teman
Memasuki dunia bisnis layaknya Anda mengikuti acara uji nyali. Jika Anda tidak kuat, Anda bisa meyerah kapan saja. Akan tetapi saat Anda mengajak teman, mungkin Anda tidak akan setakut itu lagi. Jika Anda takut masih ada teman Anda, jika Anda terjatuh masih ada teman Anda yang akan menolong Anda.
3.    Berpikir Positif
Jika Anda merasa kurang percaya diri dengan bisnis yang Anda jalankan, cobalah untuk tetap berpikir positif. Pikirkan saja bahwa tidak ada yang peduli bisnis Anda tersebut adalah bisnis baru. Pikirkan bahwa orang-orang hanya akan berpendapat bahwa bisnis yang Anda lakukan punya kualitas dan pelayanan yang maksimal. Ada juga pepatah yang mengatakan, “Apa yang kamu pikirkan, itulah yang menjadi kenyataan.” Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif supaya Anda lebih berani untuk menjalankan bisnis Anda.
Dengan melakukan tiga hal tadi dan dengan dibalut keinginan yang kuat, Anda pasti tidak akan merasa takut lagi. Kemauan dan kerja keras akan bisa melawan rasa takut dalam menjalankan bisnis meskipun Anda hanyalah seorang pemula. So, mulai sekarang jangan lagi takut berbisnis. Lebih berani dan tataplah masa depan yang sukses.