Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Memulai Usaha Ternak Entok di Belakang Rumah

Usaha Rumahan - Peluang ternak entok adalah salah satu peluang usaha terbaik yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri. Pasalnya jika Anda hanya ingin membuat ternak kecil-kecilan, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah Anda sebagai lahan ternak yang bisa menghasilkan untuk Anda.

Usaha ternak entok Menguntungkan. Img source: Kaskus.co.id

Ternak entok atau itik manila berbeda dengan ayam, namun mungkin dari segi pemeliharaannya mirip dengan bebek. Hewan unggas yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang lebih besar ketimbang bebek. Namun jika dilihat dari ukuran lehernya, leher entok berukuran lebih pendek. Nah, salah satu hal yang mungkin paling Anda ingat dari hewan berwarna hitam dan putih yang satu ini mungkin adalah cara berjalannya yang sangat khas. Lalu bagaimana prospek bisnis ternak entok?

Prospek Menarik Peluang Usaha Rumahan Ternak Entok


Hewan yang satu ini ternyata adalah salah satu unggas yang berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dan di Indonesia sendiri, hewan unggas yang satu ini biasanya akan dipelihara untuk mengisi waktu luang, diternakkan atau dibeli untuk langsung dipotong dan diambil dagingnya. Di masyarakat Indonesia usaha ternak entok ini memang tidak sebesar usaha jenis ternak unggas lainnya seperti bebek atau ayam. Akan tetapi di negara tetangga, Taiwan entok ternyata dibudidayakan secara besar-besaran sehingga peluang usaha dan penghasilan yang dipatkan sangatlah menjanjikan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, di Indonesia entok paling banyak dimanfaatkan untuk diambil dagingnya. Biasanya digunakan untuk memasang beberapa kuliner khas Indonesia. Namun selain itu ada juga hal lain yang bisa diambil dari entok, yaitu bulu entok. Loh, untuk apa? Mungkin Anda juga belum tahu bahwa bulu entok ini juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan springbed dan juga kok badminton. Selain itu jika dilihat dari sisi kerugiannya, kematian entok hanya berkisar di angka 10 persen saja.

Simak juga ulasan berikut mengenai Budidaya tanaman Hias

Selama ini mungki masyarakat masih kurang maksimal untuk melakukan budidaya atau ternak entok, karena biasanya peternak hanya membudidayakan entok dalam jumlah yang kecil. Akan tetapi jika Anda memiliki pengetahuan dan manajemen yang baik, bukan mustahil Anda bisa menjadi salah satu pengusaha ternak entok yang sukses.

Apalagi jika dilihat prospek kedepannya, persaingan ternak entok ini masih cukup minim dan tidak seketat bisnis ternak ayam ataupun bebek. Memasarkan hasil ternaknya pun Anda tidak perlu bingung, karena biasanya Anda bisa menjualnya ke para bandar entok atau ke para pedagang kuliner yang membutuhkan dagig entok.

Sampai hari ini, penjualan entok per kilogram dibandroll dengan harga sekitar RP 25.000,00. Namun harga tersebut masih bisa turun ataupun naik, apalagi menjelang hari raya Idul Fitri. Harga jual entok di hari-hari tertentu bahkan bisa mencapai Rp 40.000,00 per kilogramnya. Bagaimana? Cukup menguntungkan, bukan?

Ada lagi nih bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan dan masih punya lahan kosong yang cukup luas, maka Usaha budidaya Tomat juga sangat menjanjikan.

Keuntungan lain juga bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan pakan entok yang alami sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran. Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa peluang usaha entok ini cukup menjanjikan dan prospek kedepannya cukup cerah. Jadi bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berminat?

Pada dasarnya cara beternaknya tidak sulit, asalkan Anda memiliki kemauan dan gigih untuk menjalankan usaha Anda. Dan tak bisa dipungkiri bahwa jika Anda sukses menjalankan bisnis ternak entok ini, keuntungannya sangat luar biasa.

So, demikian artikel tentang peluang usaha ternak entok kali ini. Semoga bisa menginspirasi para pembaca, selamat mencoba dan semoga sukses.