Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Trik Menciptakan Repeat Order Supaya Anda Usaha Sukses

Ambar Gunawan

Memiliki produk yang bisa terjual dengan cepat memang sangat menyenangkan. Namun, untuk menciptakan pembelian berulang atau repeat order tidaklah mudah, dibutuhkan kreatifitas dan strategi yang jitu supaya tercipta repeat order pada produk bisnis anda. Kita tidak bisa memaksakan konsumen untuk membeli produk kita terus menerus. Namun, kita bisa mempengaruhi pikiran konsumen agar ia menyukai produk yang kita jual sehingga konsumen mau membeli produk kita terus menerus.

Selama ini, kita hanya berpikir hanyalah barang yang pokok saja seperti beras, sayuran, dan lainnya yang bisa menciptakan pembelian berulang atau repeat order. Padahal, produk lainnya seperti barang elektronik, baju, sepatu, dan lainnya juga dapat menciptakan pembelian yang berulang loh. Kali ini saya akan memberikan cara untuk menciptakan repeat order pada produk anda, berikut ini caranya :

Trik Menciptakan Repeat Order

1. Perhatikan Pelayanan After Sales
Tahap pertama yang harus diperhatikan yaitu memberikan pelayanan after sales dengan baik. Misalkan, produk anda berupa televisi, kemudian ada konsumen yang membelinya. Lalu 1 minggu setelahnya, anda bisa menghubungi konsumen anda untuk menanyakan kepuasan mereka terhadap produk anda, tanyakan juga apakah produk anda bermasalah atau tidak. Dengan layanan after sales seperti ini, konsumen akan merasa sangat diperhatikan oleh anda sebagai pemilik bisnis.

2. Memberikan Promo Menarik untuk Pelanggan Setia
Cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan membuat penawaran yang menarik untuk para pelanggan setia anda. Anda bisa membuat member card untuk produk anda, setiap pelanggan yang berbelanja menggunakan member card bisa mendapatkan promo menarik seperti hadiah gratis ataupun diskon besar untuk beberapa produk yang anda jual.

3. Sebarkan Promo Menarik Anda
Setelah membuat member card dan memberikan promo menarik pada pelanggan yang menggunakan member card, maka tahap berikutnya adalah menyebarkan promo menarik anda melalui berbagai media seperti internet, billboard, koran, radio dan televisi. Dengan menyebarkan promo menarik ini maka akan semakin banyak orang yang berminat untuk membeli produk anda.

4. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan
Jadikan konsumen anda bukan hanya sebagai pembeli tapi juga sebagai sahabat atau saudara anda. Bangunlah komunikasi yang baik dengan konsumen anda. Berikanlah kejutan yang menarik dihari spesial mereka seperti hari ulang tahun ataupun hari pernikahan mereka. Dengan hubungan yang baik maka para pelanggan tidak akan segan untuk membeli produk anda secara terus menerus.

5. Memberikan Informasi Menarik Tentang Produk Baru Anda
Kita semua tahu, bahwa tidak semua orang suka dengan hal yang berbau iklan ataupun promo. Maka dari itu, anda bisa memberikan informasi yang menarik dan berkaitan dengan produk baru anda. Misalkan, anda bergerak dibidang otomotif dan anda memiliki produk baru alat penghemat bbm, maka anda bisa memberikan informasi kepada mereka bahwa dengan menggunakan alat tersebut maka bbm kendaraan tidak akan boros dan pengeluaran akan menjadi lebih hemat. Dengan adanya informasi yang menarik maka konsumen pun akan terpikat karena mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dari alat yang telah anda informasikan sebelumnya.

Trik untuk menciptakan repeat order diatas sudah diterapkan oleh banyak pebisnis, dan ternyata mampu meningkatkan repeat order produk mereka secara drastis loh.