Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Sukses Bisnis Distro

Ambar Gunawan

Sekarang ini, banyak sekali bisnis distro yang tersebar dimana-mana. Bahkan, di beberapa perkampungan juga ada distro loh. Distro merupakan bisnis yang mencakup berbagai macam item fashion dengan desain yang trendy sehingga diminati banyak orang. Namun, pada umumnya produk distro didominasi oleh kaos dan sepatu. Target pasar dari bisnis ini tidak lain adalah anak muda yang berusia 15- 35 tahun. Terkadang, ada juga loh orang tua yang suka membeli kaos di distro.


Persaingan bisnis distro saat ini memang sangat ketat. Hal ini dikarenakan sudah mulai banyak distro yang berkembang dengan konsep yang unik dan menarik. Sebagai pemilik distro, tentunya anda harus memiliki strategi yang ampuh dalam menghadapi persaingan bisnis distro saat ini. Banyak sekali bisnis distro yang akhirnya tutup karena tidak memiliki strategi dan sistem bisnis yang baik sehingga tidak mampu bertahan. Berikut ini beberapa tips sukses menjalankan bisnis distro, silakan disimak ya :

Tips Sukses Bisnis Distro



1. Menentukan Lokasi yang Strategis
Tahap awal yang sangat penting yaitu memilih lokasi yang strategis untuk tempat distro anda. Lokasi merupakan pilar utama agar distro anda bisa dikenal banyak orang dengan cepat. Pilih lokasi yang sering dilewati banyak orang seperti dipinggir jalan yang ramai, daerah kosan, perkantoran, dan lokasi strategis lainnya. Namun, cara yang paling ampuh untuk menentukan lokasi yang strategis yang paling ampuh yaitu dengan memilih lokasi di dekat indomaret atau alfamart. Karena kedua supermarket ini sebelum membuka toko selalu survey tempat terlebih dahulu. Jadi, anda tidak perlu susah-susah untuk survey tempat lagi.

2. Target Pasar yang Jelas
Setelah menentukan lokasi, tahap berikutnya adalah menentukan target pasar untuk distro anda. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, untuk bisnis distro target pasarnya yaitu pria dan wanita yang berusia 15 – 35 tahun. Bisa dibilang jika target pasaranya adalah kaula muda.

3. Sistem Pemasaran
Cara agar distro anda bisa ramai pembeli yaitu dengan membuat sistem pemasaran yang bagus. Misalkan, membuat brosur yang menarik dengan bentuk kaos dan didalamnya dituliskan promo distro anda, lalu sebarkan di berbagai sekolah, kampus, perkantoran, dan juga tempat nongkrong anak-anak muda. Cara lainnya yang bisa anda gunakan yaitu dengan mempromosikan distro anda di berbagai social media dan juga forum online. Namun, perhatikan juga etika anda dalam berpromosi di social media dan forum online, jangan sampai promosi anda malah menganggu para pengguna sosmed dan anggota forum tersebut.

4. Produk yang Berkualitas
Tahap terakhir yang jauh lebih penting dan wajib diperhatikan adalah kualitas produk. Pilihlah bahan yang lembut dan juga awet atau tidak mudah rusak. Sedangkan untuk sablonnya, sebaiknya gunakan sablon manual yang lebih meresap dan juga tidak mudah luntur.  Kualitas produk memiliki peran yang besar terhadap kepuasan konsumen loh.

Tips sukses bisnis distro diatas sebaiknya dilakukan oleh semua pemilik bisnis distro supaya dapat bertahan dan semakin berkembang. Distro merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan jika dijalani dengan serius, selama manusia masih membutuhkan pakaian maka bisnis distro akan tetap hidup.