Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Ampuh Memenangkan Persaingan Bisnis

Ambar Gunawan

Setiap bisnis pasti memiliki pesaing atau kompetitor, sehingga dibutuhkan strategi yang jitu supaya bisa menang melawan semua kompetitor bisnis anda. Namun, bukan berarti kita tidak bisa bekerja sama dengan kompetitor kita loh. Ada banyak loh perusahaan yang bekerjasama dengan kompetitornya, misalkan Daihatsu dan Toyota yang bekerjasama untuk membuat mobil dengan model dan bentuk yang sama dan kabarnya juga dibuat dalam satu pabrik loh, merek mobil yang dibuat yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.


Itulah bukti jika kompetitor bukanlah kawan tapi bisa menjadi kawan. Namun, jika kompetitor anda sulit untuk diajak kerjasama, maka anda harus menang dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor bisnis anda. Namun untuk memenagin persaingan bisnis, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mau tahu apa sajakah itu? Berikut ini informasinya :

Tips Ampuh Memenangkan Persaingan Bisnis


1. Terus Melakukan Inovasi
Inovasi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setap pengusaha yang ingin  bisnisnya terusa bertahan dan berkembang ditengah padatnya persaingan. Ciptakan inovasi tiada henti pada produk anda, sehingga para konsumen atau pelanggan anda tidak bosan dengan produk bisnis yang anda miliki. Selain itu, dengan terus melakukan inovasi juga dapat menciptakan pasar baru untuk produk bisnis anda loh. Misalkan anda menjual kaos kemudian anda buat lagi inovasi baru yaitu kaos dengan desain khusus makanan, sehingga nantinya kaos ini bisa menyangsa pasar pecinta kuliner.

2. Memanfaatkan Teknologi
Ada pepatah yang mengatakan “Bisnis pasti terus berjalan selama pemiliknya masih hidup, tetapi bisnis anda akan berlari dengan memanfaatkan teknologi,” dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini tentunya bukanlah hal yang sulit untuk menjangkau pasar di seluruh dunia sehingga anda bisa melibas semua kompetitor anda. Selain untuk menjangkau pasar, anda juga bisa memanfaatkan teknologi sebagai salah satu alat untuk komunikasi dengan tim bisnis anda.

3. Buatlah Akses untuk Memanjakan Konsumen
Jika konsumen merasa puas dan senang maka mereka tidak akan ragu untuk kembali lagi dan membeli produk anda. Maka dari itu, manjakanlah konsumen anda dengan kreatifitas yang anda miliki. Misalkan, anda memiliki usaha toko kelontongan, maka anda bisa membuat sistem bayar menggunakan kartu debit atau gesek kartu di toko kelontong anda, sehingga pembeli yang tidak membawa uang cash tetap bisa membayar belanjaannya.

4. Tetap Perhatikan Kualitas Produk
Hal yang palin penting untuk tetap diperhatikan yaitu kualitas produk anda. Jangan pernah sekalipun mengabaikan kualitas produk, karena kualitas produk juga sangat mempengaruhi kredibilitas bisnis anda loh. Jika diperlukan, siapkan tim khusus yang memantau kualitas produk anda sebelum dipasarkan atau yang biasa disbut tim quality control.

Dengan menerapkan tips ampuh memenangkan persaingan bisnis diatas dengan benar dan tepat, maka bisa dipastikan bisnis anda tidak akan terpengaruh dengan tingginya persaingan bisnis, bahkan bisnis anda pun bisa semakin berkembang dengan pesat.