Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Rumahan Ternak Jangkrik Sukses

Ternak Jangkrik - Mungkin anda sering merasa terganggu ketika mendengar suara jangkrik pada malam hari di Bekasi maupun Cikarang. Binatang yang sering melompat ini memang sering mengeluarkan bunyi yang nyaring apalagi ketika ada yang mengganggunya. Namun, jangkrik ini juga sering diburu oleh para pecinta burung loh, karena jangkrik merupakan salah satu makanan untuk burung. Tidak sedkit peternak dan juga pecinta burung yang membutuhkan jangkrik untuk mencukupi kebutuhan makanan burung mereka.

Img Source: page-r.blogspot.com

Melihat kebutuhan ini, bisa dipastikan jika usaha ternak jangkrik masih sangat menjanjikan, apalagi peternak burung semakin bertambah banyak jumlahnya. Selain itu, untuk menjalankan usaha ternak jangkrik tidak membutuhkan tempat yang luas, karena ukuran tubuh jangkrik sangat kecil, jadi dengan lahan yang terbatas pun anda sudah bisa menjalankan usaha ternak jangkrik. Jangkrik yang dijadikan pakan ikan dan burung biasanya berusia 2-3 bulan.

Jangkrik betina memiliki siklus hidup yang lebih panjang yaitu sekitar 3 bulan, sedangkan jangkrik pejantan hanya bisa bertahan hidup kurang dari 3 bulan. Jangkrik betina mampu menghasilkan lebih dari 400 butir telur selama hidupnya. Jika anda memiliki lebih dari 100 ekor jangkrik betina, maka anda bisa memiliki lebih dari 4000 telur jangkrik setiap 3 bulan. Namun, anda juga harus tahun bahwa jangkrik memiliki 1000 jenis varietas yang berbeda. Jangkrik yang digunakan untuk pakan ikan dan burung ini berasal dari varietas Gryllus Mitratus dan Gryllus Testaclus seperti dikutip dari Wikipedia.

Selain untuk ikan dan burung, ternyata jangkrik juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh loh. Hal ini dikarenakan jangkrik memiliki kandungan protein dan juga omega 3 yang sangat baik untuk daya tahan tubuh dan juga pertumbuhan tulang dan gigi. Bukan itu saja, jangkrik juga dikonsumsi untuk meningkatkan vitalitas tubuh pria dewasa. Jangkrik juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Peluang Usaha Ternak Jangkrik Mudah dan Sukses

Ternyata banyak sekali ya manfaat yang bisa diambil dari jangkrik ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk beternak jangkrik :

Menentukan Lokasi Ternak Jangkrik
Walaupun tidak membutuhkan lahan yang luas, namun dalam menentukan lokasi sebaiknya anda pilih lokasi yang tidak ramai, adem, dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, pilih juga lokasi yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Anda bisa menggunakan lokasi di bagian belakang halaman rumah yang biasanya terhindar dari keramaian seperti suara bising kendaraan bermotor.

Pembuatan Kandang
Anda bisa membuat kandang berbentuk persgi panjang dari kayu bekas. Tinggi kandang kurang lebih 30-50 cm, lebarnya 60-100 cm dan panjangnya 120-200 cmKemudian pasangkan kawat khusus kandang atau bisa juga menggunakan kawat nyamuk yang tebal untuk bagian dindingnya. Anda bisa melumuri bagian dindingnya dengan lumpur sawah, dan juga letakkan beberapa helai daun agar suasana kandang seperti habitat asilnya si jangkrik.

Gambar kandang jangkrik dari kardus. Img Source: page-r.blogspot.com


Memilih Bibit Jangkrik
Dalam beternak jangkrik, proses pemilihan bibit harus dilakukan dengan benar. Pilihlah jangkrik dengan kondisi fisik yang sehat, tidak cacat, dan juga lincah. Pilih jangkrik yang usianya 10-20 hari sehingga sudah mulai bisa diternak. Sekarang ini sudah banyak yang menjual indukan jangkrik dengan kualitas yang bagus di toko ternak. Atau anda juga bisa mencari indukannya di sawah,tentunya anda juga harus memiliki pengetahuan menentukan mana indukan yang jantan dan mana indukan yang betina.

Indukan yang betina memiliki bagian sayap yang halus serta ovipositor pada bagian bawah ekornya untuk mengeluarkan telur. Sedangkan indukan yang jantan memiliki bagian sayap yang bergelombang tapi tidak memiliki ovipositor.

Proses Peneluran
Setiap indukan jangkrik memiliki potensi penetasan telur yang baik jika diberikan asupan gizi yang bagus. Anda bisa memberikan makanan berupa kuning telur bebek, ketan hitam, ataupun tepung ikan. Siapkan media pasir dalam satu wadah untuk tempat bertelur si jangkrik. Jika selesai bertelur, segera pisahkan telur dari induknya dan letakkan dalam satu kandang yang sudah dilapisi dengan pasir. Diamkan hingga telur jangkrik menetas.

Peluang usaha ternak jangkrik ini sangat potensial dan bisa dijalankan oleh semua kalangan. Modal yang dikeluarkan juga sangat terjangkau, bahkan bisa juga tanpa modal jika anda mencari jangkrik di sawah. Demikian ulasan mengenai usaha jangkrik, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.