Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Bisnis Online: Beriklan di Internet Agar Tepat Sasaran

Ambar Gunawan

Bisnis Online - Internet merupakan media yang sedang booming sekarang ini. Ada banyak sekali hal yang bisa diakses melalui internet seperti media browsing, social media, Gnews, dan lainnya. Perkembangan internet di Indonesia memang sangat luar biasa, bahkan Indonesia menempati peringkat ke 4 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Hal inilah yang dimanfaatkan banyak pengusaha atau pemilik bisnis untuk memasarkan produknya melalui internet.

Image source: langkahbisnis.com

Namun, jangan asal dalam mengiklankan produk anda di internet, karena jika pengguna internet merasa terganggu dengan keberadaan iklan produk anda maka mereka tidak akan segan-segan untuk menutup langsung iklan produk anda. Bahkan,ada juga loh yang menjelek-jelekan suatu iklan produk karena terlalu mengganggu. Berikut ini beberapa tips untuk mengiklankan produk di internet agar lebih tepat sasaran, silakan disimak :

Beriklan di Internet agar Tepat Sasaran

1. Memanfaatkan Twitter untuk Beriklan
Twitter merupakan micro site yang juga termasuk salah satu social media terbesar saat ini. Selain itu, twitter juga sering dimanfaatkan untuk mengiklankan suatu produk. Nah… sebaiknya anda buat akun twitter yang sesuai dengan nama produk anda. Misalkan, anda menjual produk sepatu maka anda bisa membuat twitter dengan url _twitter.com/sepatumurah. Perbanyak follower anda dengan cara mempromosikan akun twitter anda di youtube, blog, website, dan media lainnya.

2. Beriklan Lewat Banner Web
Cara lainnya supaya iklan anda lebih tertarget yaitu dengan membeli slot banner. Sekarang ini, banyak sekali web ataupun blog yang memiliki pengunjung ribuan per hari menjual slot banner yang ada di website atau blognya. Anda bisa membeli slot banner tersebut untuk mengiklankan produk anda. Namun, pilihlah blog yang relevan dengan produk yang anda jual. Misalkan, anda menjual aksesoris handphone, maka anda bisa membeli slot banner di web atau blog dengan niche tekno atau gadget yang sudah jelas pengunjungnya memang mencari informasi mengenai gadget.

3. Beriklan di Facebook Ads
Sebelumnya saham Facebook dikabarkan sempat anjlok, kemudian meningkat kembali karena adanya peran facebook ads. Yupss…dengan adanya facebook ads, para pebisnis bisa mempromosikan produk mereka sesuai target pasar yang mereka incar. Misalkan anda memiliki produk baju wanita, maka anda bisa mengiklankan toko online atau website anda di facebook ads dengan target wanita berusia 17-35 tahun. Kemudian, di bagian country pilihlah “Indonesia,” pilihlah waktu iklan pada jam aktif atau jam kerja seperti jam 8 pagi atau jam pulang kerja yaitu jam 7 malam.

4. Memanfaatkan Forum Online
Ada banyak sekali forum online yang betebaran. Namun, karena tujuan kita adalah mengiklankan produk bisnis, maka dari itu sebaiknya pilihlah forum yang sesuai dengan produk bisnis anda. Misalkan, anda memiliki produk sparepart motor, maka anda bisa bergabung di forum otomotif. Biasanya di forum otomotif ada juga sub forum jual belinya, maka anda bisa mengiklankan produk anda di sub forum jual beli tersebut. Jalinlah komunikasi yang baik dengan seluruh anggota forum sehingga produk anda bisa diterima dengan baik oleh mereka.

Itulah beberapa cara bisnis online beriklan di internet agar tepat sasaran yang bisa anda lakukan. Semoga dengan adanya cara ini maka iklan yang anda pasang bisa tepat sasaran dan dana yang keluarkan untuk beriklan tidak sia-sia.