Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

4 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Mudah

Ambar Gunawan

Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara melipatgandakan keuntungan bisnis. Salah satu cara yang ada pada pembahasan tersebut yaitu dengan meningkatkan konversi penjualan produk. Sayangnya masih banyak pebisnis yang belum mengetahui cara yang tepat untuk meningkatkan konversi sehingga mereka hanya mengeluarkan dana untuk beriklan tetapi mereka tidak mengetahui bahwa iklannya tersebut efektif atau tidak.


Konversi penjualan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keuntungan bisnis anda. Semakin meningkat konversi penjualannya, maka akan semakin bertambah juga omset yang anda dapatkan dan tentunya keuntungan anda pun akan semakin berlipat. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan konversi penjualan produk anda dengan mudah dan cepat :

Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Mudah

 

1. Meningkatkan Lead
Kunci utama untuk menginkatkan konversi penjualan adalah dengan memperbanyak lead anda. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lead merupakan daftar calon konsumen anda. Semakin banyak lead yang anda miliki maka akan semakin besar konversi penjualan yang akan anda dapatkan. Cara terbaik untuk meningkatkan lead adalah dengan perbanyak beriklan di berbagai media, baik itu media online ataupun media offline.

2. Mempromosikan Produk Sesuai Target Pasar
Saya Tanya kepada anda, jika anda menjual baju bola ke penggemar basket, apakah ada yang mau beli? Jawabannya pasti ada yang mau beli tetapi peluangnya sangatlah kecil. Maka dari itu, supaya konversi penjualan anda bisa terus meningkat, jual lah produk anda sesuai dengan target pasarnya. Misalkan, anda memiliki produk baju bola, maka anda bisa menjual ke komunitas sepak bola sehingga peluang terjadinya penjualan sangatlah besar.

3. Mencatat Data Calon Konsumen
Jika anda sudah mendapatkan calon konsumen, jangan lupa untuk mencatat data dirinya. Nah..dengan adanya data diri calon konsumen ini, anda bisa mengetahui alamat, nomor telpon, bahkan tanggal lahir mereka. Ketika calon konsumen anda berulang tahun, maka anda bisa mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun dan selipkan nama produk usaha anda.

Keuntungan lain dengan mencatat data diri konsumen yaitu anda bisa mempromosikan produk baru anda langsung ke email atau nomor hp mereka. Namun, jangan terlalu sering mempromosikan produk, karena nantinya calon konsumen anda merasa risih dan akhirnya enggan membeli produk anda.

4. Menciptakan Situasi yang Mendesak
Cara terakhir yang tidak kalah ampuh untuk meningkatkan konversi penjualan yaitu dengan menciptakan situasi yang mendesak. Misalkan, anda menjual makanan gratis minuman kemudian anda buat banner yang bertuliskan “Makan hari ini, gratis es teh manis.” Dengan begitu para pengunjung lebih memilih untuk makan hari ini supaya bisa mendapatkan es teh manis secara gratis. Contoh lainnya, misalkan anda menjual produk sepatu bola, “Khusus 10 pembeli perama, beli sepatu bola grartis Bola keren.” Silakan anda buat sendiri situasi yang mendesak dengan kreatifitas yang anda miliki.

Meningkatkan konversi penjualan sangatlah mudah dengan menerapkan semua cara diatas. Namun, lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda.