Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Tips Usaha: Pentingnya Mengenali Calon Pembeli Anda

Ambar Gunawan

Tips Usaha ~ Pembeli adalah raja. Customer is the king, begitulah hokum dalam berbisnis. Jika seorang karyawan memiliki atasan bernama “bos’ “direktur” atau “pimpinan”, dalam bisnis, seorang pengusaha memiliki banyak atasan bernama pelanggan atau pembeli. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa nyawa bisnis anda ada pada kepuasan pelanggan.


Tips Memulai usaha bagi pemula

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa dalam bisnis, setidaknya memiliki tugas utama atau fungsi pokok yaitu memenuhi kebutuhan pembeli. Seorang pebisnis sejati selalu tahu bagaimana mememenuhi kebutuhan pembeli baik itu bersifat material maupun bersifat non material berupa pelayanan dan penghormatan kepada pelanggan.

Agar bisnis anda berjalan dengan lancar dan dapat semakin berkembang ada baiknya anda mulai mengenali pembeli anda. Dengan mengenali pembeli anda berarti anda berusaha untuk mengenali target  pasar yang sedang anda bidik. Jika anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang tekstil maka anda harus paham betul siapa yang anda bidik, apakah perusahaan pembuat baju, atau kah anda adalah seorang penjahit atau pemilik konveksi yang menargetkan pasar pada anak – anak dan remaja.

Ketika anda menargetkan pasar untuk anak anak anda harus tahu bagaimana kondisi anak – anak, misalnya anak anak suka dengan tokoh – tokoh kartun, maka anda harus sigap dalam mengenali tokoh kartun yang sedang menjadi trend anak masa kini. Berbeda dengan remaja, biasanya mereka meniru pola atau jenis pakaian yang sering di pakai oleh artis idolanya.

Berbeda dengan anak anak dan remaja, jika anda membidik pasar untuk ibu – ibu maka anda harus pahami bahwa keserasian warna, dan segi harga menjadi tolak ukur yang seringkali dijadikan acuan dalam memilih suatu barang. Untuk laki – laki dewasa biasanya melihat pada segi  kegagahan, dan bersifat resmi.

Mengenali calon pembeli juga dapat dilihat dari segi kemampuan ekonomi dan pendidikan masyarakatnya. Anda tentu tidak dibenarkan membuka diskotek di sebuah desa terpencil, pun sebaliknya anda akan sepi pembeli ketika anda menjual barang barang yang ‘ndeso’ ditempat elit yang didalamnya terdapat banyak kalangan elit atas.

Kemampuan mengenali dan membaca pembeli anda akan menuntun anda kepada bagaimana menentukan strategi promosi terbaik untuk bisnis anda, tak hanya itu, dengan mengenali pembeli anda, anda akan lebih bisa fokus kepada apa yang anda lakukan, sehingga business plan yang anda susun lebih tertata. Untuk itulah, ketika anda ingin memulai usaha, kenali dahulu pembeli mana yang ingin anda jadikan sebagai target pasar. Selain itu, anda juga harus selalu up to date atas perkembangan dunia saat ini terlebih yang berkaitan dengan dunia fashion.

Saya yakin, jika anda mampu mengenali pembeli anda maka bukan tidak mungkin jika usaha anda semakin berkibar dan maju. Semoga saja artikel singkat ini dapat membantu anda dalam mengembangkan bisnis anda, apapun bisnisnya harus selalu anda ingat bahwa kesuksesan bisnis terletak dari kepuasan pelanggan karena kepuasan pelanggan adalah harga mati bagi kesuksesan seorang pengusaha.